4 Alasan Bisnis Yang Dimulai Dari Hobi Menguntungkan

Alasan Bisnis Yang Dimulai Dari Hobi Menguntungkan

Hobi adalah sebuah kata yang selalu dihubungkan dengan cara manusia mengisi waktu luang di tengah kesibukan mereka. Bagaimanapun manusia butuh waktu untuk mengistirahatkan diri dengan cara melakukan hal-hal yang mereka sukai dan tanpa tekanan.

Bentuk hobi bisa bermacam-macam.  Ada yang menyukai memancing, membaca, atau bahkan mengutak-atik kendaraan bermotor.

Semua dasarnya adalah mencari kesenangan. Dan, jarang yang berpikir untuk melakukan hobi untuk mendapatkan penghasilan.

Padahal, banyak hobi yang sebenarnya dengan sedikit persiapan bisa dijadikan lahan menjadi sumber pendapatan. Bahkan, sebenarnya ada banyak alasan bisnis yang dimulai dari hobi bisa menjadi sangat menguntungkan dan sangat layak untuk diperhitungkan bagi siapapun yang hendak terjun ke dunia usaha.

Mau tahu alasannya ?

1) Passion

Seorang melakukan hobi karena ia menyukai apa yang dikerjakannya. Tidak jarang demi hobi, seseorang mau melakukan apa saja dan bekerja keras untuk itu.

Tanyakan kepada seorang pendaki gunung, yang sangat menyukai kegiatannya, apa yang didapatnya dengan bersusah payah mendaki gunung yang tinggi. Jawabnya, karena ia menyukai dan merasa bergairah untuk itu (passion).

Dengan passion itu, ia tidak peduli seberapapun berat tantangan dan hambatan yang dihadapinya, ia akan terus berusaha untuk mencapai tujuannya, yaitu puncak gunung.

Bisa bayangkan jika hal itu bisa diterapkan saat mengelola usaha ?

Kerja keras, pantang menyerah, dan menyukai apa yang dikerjakannya akan sangat membantu dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi dalam bisnis yang ditekuninya. Ia bisa melakukannya sambil tetap tidak merasa terbebani karena pada dasarnya hal itu memang hobinya dan dia menikmati semua yang terjadi.

2) Pengetahuan

Sudah merupakan sebuah hal yang umum, jika seorang penghobi apapun, akan terus berusaha mencari tahu tentang hobi yang digelutinya.

Seorang penggemar ikan hias akan membaca berbagai literatur terkait ikan yang dipeliharanya. Ia juga akan memiliki pengetahuan dimana harus membeli perlengkapan akuarium serta aksesori lainnya. Mau tidak mau ia juga akan memiliki pengetahuan tentang cara memelihara ikan hias yang baik.

Pengetahuan, sesuatu yang banyak orang rela membayar mahal untuk mendapatkannya. Terutama, jika ia memang berniat terjun ke bisnis.

Seorang penghobi ikan hias, yang kemudian memutuskan menjadikan hobinya sebagai bisnis, tidak perlu harus belajar banyak lagi. Pelajaran dan pengetahuan dasarnya sudah didapatnya dalam berbagai bentuk selama ia menekuni hobinya.

3) Pasar

Bisnis selalu membutuhkan pasar untuk menjual produknya. Dan, bagi seorang penghobi, rasanya tidak akan sulit menemukan pasar.

Mau tidak mau, seorang penghobi akan tahu dimana harus mencari barang dan biasanya dimana orang akan membeli barang tersebut.

Seorang yang hobi sepeda motor jelas tahu dimana harus membeli onderdil dan berbagai aksesori lainnya. Disana ia akan berinteraksi dengan sesama orang yang memiliki hobi yang sama.

Belum lagi kalau ia bergabung dalam sebuah komunitas berbasiskan hobi yang sama. Ia berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kebutuhan yang sama dengan dirinya.

Bukanlah sebuah hal yang sulit mencari pasar bagi seorang pebisnis yang memulainya dari hobi.

4) Cara berkomunikasi

Seorang pecinta burung akan bisa berbicara panjang lebar dengan sesama pecinta burung.

Jika kemudian ia mendirikan sebuah toko penjual burung dan makanan burung, ia akan bisa dengan mudah menjelaskan makanan mana yang cocok untuk burung A . Apa yang tidak baik bagi burung B? Bagaimana merawat burung C, dan seterusnya.

Pembeli dan penjual berbicara dalam “satu bahasa” yang sama akan mempermudah proses negosiasi dalam bisnis apapun. Penjual akan memiliki keunggulan karena ia menguasai cara berbicara yang menarik hati, karena ia memiliki hobi yang sama.

Belum lagi kedekatan karena sama-sama merasa berminat pada hal yang sama.

Memang, masih tetap butuh tambahan pengetahuan lain, seperti manajemen, pengaturan keuangan, dan tentu saja butuh modal. Tetapi, banyak hal yang sudah dimiliki oleh seorang penghobi kalau ia kemudian terjun dalam bisnis dengan mendirikan usaha yang berkaitan dengan hobinya.

Jangan bisnis yang berbeda dari hobinya, karena keuntungan yang sudah ada bisa tidak berlaku.

Beberapa contoh bisnis yang dimulai dari hobi bisa seperti di bawah ini :

  • Seorang penghobi mancing mendirikan toko alat-alat pancing
  • Seorang penghobi burung hias membangun usaha peternakan burung atau jual beli burung
  • Seorang yang gemar memasak, mendirikan sebuah rumah makan
  • Seorang yang menyukai tanaman hias mendirikan usaha pembibitan tanaman hias atau jual beli tanaman hias
  • dan masih banyak lagi contoh lainnya karena hobi itu banyak sekali jenisnya

Saya sendiri sedang menjalankan bisnis yang dimulai dari hobi. Hobi saya adalah membaca dan menulis. Bisnis kecil-kecilan yang sedang saya jalankan adalah dengan menjadi blogger dimana saya mendapatkan penghasilan tambahan dari pemasangan iklan di blog saya dan juga content placement.

Tidak besar, dan masih kecil-kecilan saja saat ini, tetapi setidaknya saya sudah menghasilkan materi dari hobi ini. Lumayan juga untuk menambah uang jajan dan bisa dipergunakan untuk mentraktir anak istri.

Selain tentunya, kesenangan dan kegembiraan yang didapat dari menulis setiap artikel di berbagai blog yang saya kelola, termasuk blog ini.

Mau mencoba?

 

 

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Tags:
author

Author: