Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Kalimat “Cara Mendapatkan Uang Dari Internet” adalah satu kalimat sakti yang banyak dimasukkan orang ke kolom pencarian Google. Hal itu menunjukkan bahwa tidak terhitung banyaknya orang yang melihat dunia maya sebagai sebuah tempat yang sangat potensial untuk bisa menghasilkan uang.

Dan, memang begitulah adanya.

Kenyataannya dengan pertumbuhan internet yang begitu pesat dan semakin hari semakin merasuk dalam kehidupan masyarakat di zaman sekarang, memang menghadirkan pula berbagai kesempatan untuk menjadikannya sebagai mesin penghasil uang.

Tentunya, tidak bagi semua orang, tetapi bagi mereka yang kreatif, jeli melihat peluang, dan mau bekerja keras. Tanpa kesemua hal itu meskipun internet tersedia, tetap saja tidak akan bisa diubah menjadi gepokan uang.

Pencarian cara menghasilkan uang dari internet sendiri menunjukkan bahwa masih banyak yang belum menemukan “peluang” itu atau bisa juga mereka masih merasa ragu.

Sebenarnya orang yang mereka harus tanyakan adalah diri sendiri. Internet hanyalah sebuah alat saja untuk mengembangkan minat dan bakat yang ada dalam diri sendiri. Seperti misalkan, seorang yang memiliki kemampuan untuk membuat kerajinan tangan, ia bisa memanfaatkan internet sebagai media untuk promosi atau menjual barangnya. Inti dasarnya adalah tetap pada diri sendiri.

Meskipun demikian, di bawah ini ada beberapa beberapa cara menghasilkan uang dari internet yang sudah banyak dilakukan orang.

1) Menjadi Penulis Artikel/Copy Writing/Content Writing

Banyak sekali orang yang mempunyai website sendiri, tetapi tidak punya cukup waktu untuk membuat tulisan atau artikel. Padahal, website mereka sulit berkembang tanpa adanya konten-konten baru.

Nah, kalau Anda memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk membuat tulisan, Anda bisa menyediakan jasa penulisan artikel. Dan, tentunya dengan tarif tertentu.

Itu adalah cara menghasilkan uang dari internet yang paling sederhana karena hanya bermodalkan internet dan skill menulis saja.

2) Dropshiper

Cara menghasilkan uang dari internet yang kedua, dan masih tetap tidak membutuhkan modal terlalu banyak adalah dengan menjadi dropshiper.

Intinya Anda hanya menjadi penghubung antara “pemilik produk” dengan “pembeli”.  Untuk itu Anda perlu memiliki website, baik berupa blog atau toko online.

Untuk itu Anda harus mampu bernegosiasi agar bisa mendapatkan harga yang murah dari pemilik barang dan menjual dengan harga yang tinggi kepada pembeli. Selisih antara harga beli dan jual itulah yang menjadi profit Anda.

Setelah negosiasi selesai dan harga disetujui dengan pembeli, serta tentunya pembayaran diterima, barulah kemudian Anda membayar kepada pemilik barang dan memintanya mengirimkan kepada pembeli.

Bisa dikata Anda tidak menyentuh barang yang ditransaksikan.

3. Periklanan

Cara mencari uang dari internet yang ini memerlukan usaha lebih banyak dan kesabaran karena berarti Anda harus membangun sebuah website atau blog dan kemudian mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung.

Setelah itu Anda bisa menjual “space” di website Anda bagi perusahaan yang berminat untuk mengiklankan produknya disana.

Bisa juga memanfaatkan jasa periklanan seperti Google Adsense untuk mendapatkan iklan, seperti yang saya lakukan dengan berbagai website yang saya miliki.

Ada banyak jenisnya, mulai dari CPC-Cost per Klik, yang berarti dibayar kalau ada pengunjung yang mengklik iklan atau CPM (Cost per Mile) atau dibayar per 1000 kali tayangan iklan, bisa juga affiliate yang berarti mendapatkan komisi kalau ada pembelian yang dilakukan lewat blog atau website Anda.

Masih banyak lagi kesempatan di bidang periklanan.

4) Membuat Marketplace

Pada dasarnya marketplace adalah pasar juga, dimana pembeli dan penjual bertemu. Tidak beda konsepnya dengan konsep pasar di dunia nyata. Bedanya hanyalah pertemuan itu terjadi di dunia maya.

Uang dari menyediakan marketplace, atau pasar dunia maya ini bisa berasal dari keanggotaan atau komisi dari penjualan yang terjadi. Yang manapun bisa dilakukan terserah apa yang Anda mau.

5) Menjual Jasa

Anda memiliki keahlian tertentu, seperti misalkan bahasa asing, mengapa tidak membuka kelas di dunia maya? Sudah banyak sekali orang yang menyediakan kursus bahasa asing via internet.

Caranya, dengan memanfaatkan website untuk meletakkan materi pelajaran yang hanya bisa diakses kalau seseorang sudah menjadi anggota, dan tentunya untuk menjadi member ia harus membayar sejumlah uang.

Kursus bisa dilakukan juga secara tatap muka dengan menggunakan video call yang banyak disediakan, seperti lewat Skype atau Hangout.

Banyak jasa yang sekarang ini sudah dipasarkan secara online, bahkan bukankah sudah ada jasa pijat lewat aplikasi smartphone kan?

Masih ada banyak lagi cara menghasilkan uang via internet dan bisa dikata hampir tidak ada batasnya. Yang menjadi batas hanyalah kreatifitas manusianya saja. Yang kreatif akan selalu bisa menemukan cara memanfaatkan internet untuk memproduksi uang bagi dirinya.

Mungkin, jika Anda ingin melihat lebih banyak peluang di bidang internet, silakan lihat di Usaha Rumahan dan 70++ Ide Peluang Usaha Rumahan.

Selamat menemukan cara menghasilkan uang dari internet yang sesuai dan cocok dengan diri Anda!

Sharing is caring!