Peluang Usaha Bagi Yang Hobi Mancing

Peluang Usaha Bagi Yang Hobi Mancing

Hobi mancing? Yah, memang kata orang sih menyenangkan. Katanya ada sensasi tersendiri ketika setelah lama menunggu kemudian ada ikan yang nyantol di kail. Juga, rasa excited saat berusaha memenangkan “pertarungan” dengan sang ikan ketika menarik tali kail dan memungut hasilnya.

Begitulah kata mereka yang menggemari kegiatan yang satu ini.

Cuma,  sebenarnya memancing itu bisa dibuat lebih dari sekedar hobi menjadi sebuah peluang usaha yang jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan uang.

Coba saja bayangkan penggemar mancing itu luar biasa banyak sehingga salah satu stasiun TV Indonesia merasa perlu membuat acar berjudul “Mancing Mania”. Yang seperti ini merupakan pertanda adanya sebuah segmen pasar yang sangat potensial untuk digarap.

Memang tidak akan mudah dan serta merta menjadi besar. Sama dengan berbagai bisnis lainnya, usaha yang berbasiskan pada hobi memancing pun harus dikelola secara serius dan profesional supaya bisa menjadi ladang uang. Tetapi, segmen pasar penghobi memancing itu sangat besar, hampir pasti disana juga ada potensi untuk mendapatkan keuntungan.

Iya kan?

Kalau masalah jenis usaha apa yang bisa dikembangkan dalam dunia para pemancing, bisa disebutkan di bawah ini :

1) Toko Peralatan Memancing

Yang namanya memancing mau tidak mau harus punya alat, namanya alat pancing yang berupa joran, kail, lure, dan masih banyak lagi kebutuhannya. Belum lagi kebutuhan lainnya yang tidak secara langsung untuk menangkap ikan, seperti kursi lipat dan topi supaya tidak kepanasan.

Jangan salah juga. Setiap jenis alatnya bisa memiliki beragam variasi sehingga kebutuhan para pemancing itu bisa sangat banyak.

Pasarnya, tersedia di setiap kota karena penghobi mancing itu ada dimana saja. Tidak terikat kota besar atau kota kecil, bahkan desa sekalipun, akan selalu ada orang yang gemar menunggu ikan menyambar umpan.

Lalu, kenapa tidak mendirikan toko alat pancing dan kawan-kawannya?

2) Membuat Lure *Umpan Buatan

Dulu, ikan mudah dipancing dengan umpan cacing saja. Perkembangan zaman rupanya juga berpengaruh terhadap ikan-ikan di masa kini. Banyak pemancing yang mengeluh karena ikan-ikan tidak mau nyantol di kailnya.

Oleh karena itu banyak sekali cara dan resep untuk membaut umpan yang “katanya” bisa memikat ikan datang dan mau ditangkap.

Salah seorang penghobi memancing, Andri dari Musi Banyuasin dan Ebet dari Banjarmasin menangkapnya sebagai sebuah peluang. Keresahan para pemancing tentang “karakter” ikan yang sudah berubah mengilhami mereka untuk membuat lure atau umpan buatan.

Bentuknya macam-macam dan diberi nama yang unik juga. Andri memproduksi Sky Lure dan Ebet memproduksi Mukidi Handmade Soft Froggy Lure.

Keduanya berhasil menangguk jutaan rupiah dari penjualan produk umpan buatannya.

Menarik ?

3) Paket Tour / Wisata Memancing

Katanya memancing itu sangat menegangkan dan bisa memacu adrenalin. Apalagi kalau dilakukan di laut lepas.

Banyak orang yang ingin merasakan sensasi menarik kail, yang kalau dalam acara Mancing Mania terlihat berat dan menegangkan.

Bukankah terbuka peluang usaha untuk menyediakan paket tour dan wisata memancing?

Koordinasikan dengan pemilik perahu atau kapal. Kerjasama dengan tempat tujuan wisata pantai. Kemudian tawarkan paket wisata memancing, terutama di tempat-tempat yang eksotis dan menantang.

Apalagi jika Anda sendiri memang seorang penggemar mancing, akan terasa dobel untungnya. Uang datang, kesenangan didapat juga.

4) Membuat Kolam Pemancingan

Kalau memang punya modal atau memiliki tanah kosong tak terpakai, kenapa tidak dibuat kolam pemancingan saja.

Di kota-kota , terutama kota besar, lokasi untuk memancing semakin sulit ditemukan. Sungai-sungai sudah tercemar sehingga ikan saja sulit bertahan hidup. Belum lagi banyak wilayah perairan yang berubah fungsi menjadi perumahan.

Sesuatu yang tentunya menyulitkan penghobi memancing untuk menemukan lokasi.

Memiliki sebuah kolam pemancingan akan bisa memenuhi “kebutuhan” itu.

5) Kursus Memancing

Kata orang memancing itu mudah. Saya sendiri bilang tidak semudah yang dibayangkan.

Memilih umpan yang tepat. Cara melemparkan kail agar berada di posisi yang diinginkan dan tidak nyangkut di muka pemancing lain. Cara menarik tali pancing agar tidak menegang dan putus.

Semua perlu pengetahuan dan pelatihan.

Apalagi kalau memancingnya di laut. Butuh banyak pengetahuan tambahan, seperti mengarahkan ikan agar tidak melewati bawah perahu sendiri.

Membuka kursus atau workshop tentang cara memancing yang baik bisa mendatangkan uang (kalau pesertanya dipungut biaya).

6) Membuat Blog Tentang Memancing

Sebagai penghobi memancing, Anda tentu akan memiliki banyak pengalaman berkelana berburu ikan. Tahu letak dimana lokasi pemancingan yang banyak ikannya. Tahu cara memasang umpan di kail.

Tahu tips dan trik dunia memancing.

Lalu, bukankah lebih baik dibagi lewat sebuah blog?

Salah satu blog terkenal di Indonesia bernama Om Kicau. Blog ini khusus membahas burung saja. Dan, sang pemiliknya Duto Cahyono meraup puluhan juta dari blog ini.

Cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan uang dari blog itu banyak sekali. Iklan atau menjual produk sendiri bisa menjadi pilihan untuk memonetisasi. Silakan pilih yang mana.

Jika “burung” saja bisa menjadi sumber yang menghasilkan, lalu kenapa “ikan” tidak. Penggemar mancing dan burung bisa dikata seimbang.

—–

Jadi, kenapa tidak?

Hobi memang sangat menyenangkan untuk dilakukan, itu karena kita menyukainya. Tetapi, percayalah kalau ditambah dengan semakin gemuknya rekening, rasanya akan lebih terasa maknyus.

Yang dibutuhkan adalah kemauan, kreativitas, usaha dan kerja keras, dan tentunya modal.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Rate this article!
Tags:
author

Author: