Pengertian Usaha Rumahan dan 70++ Ide Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan Jalan Menuju Sejahtera

Usaha Rumahan

Capek dan bosan menjadi anggota BP7 (Berangkat Pagi-Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas-pasan? Atau, merasa penghasilan kurang? Mengapa tidak coba melirik usaha rumahan saja? Banyak loh peluang usaha rumahan yang tersedia dan semuanya mungkin digarap untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Yang penting selama mau bekerja keras dan konsisten dalam mengelola usaha rumahan, bukan tidak mungkin hasilnya akan melebihi pendapatan yang didapat dari gaji bulanan sebagai karyawan dan buruh.

Jenis peluang usaha rumahan pun sangat tidak terbatas dan bisa dipilih sesuai dengan kemampuan modal dan keahlian yang dimiliki.

Pengertian Usaha Rumahan

Bisnis rumahan atau usaha rumahan adalah jenis kegiatan untuk menghasilkan keuntungan atau profit bagi pengelolanya yang memanfaatkan rumah (tinggal) sebagai basis operasinya. dan pelakunya adalah orang-orang yang tinggal di rumah tersebut.

Usaha rumahan biasanya memiliki ciri sebagai berikut

  • Berbasis rumah (baik milik sendiri, kontrakan, atau rumah mertua)
  • Bermodal kecil (walau ada juga yang bermodal besar)
  • Pengelolanya anggota keluarga (suami/istri/anak atau saudara)
  • Memanfaatkan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki
  • Ruang operasinya terbatas meski dengan perkembangan internet membuatnya menjadi tidak terbatas
  • Sering dijalankan secara part time walau banyak juga yang dilakukan secara full time

Alasan Menjalankan Usaha Rumahan

Uang pasti tujuan utamanya.

Tetapi salah satu alasan yang paling sering dikemukakan oleh para pengelola usaha rumahan adalah awal mulanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kebutuhan hidup yang terus menerus meningkat setiap tahunnya sering tidak terkejar oleh kenaikan pendapatan rutin dari gaji sebagai karyawan atau buruh. Dan, untuk mengatasinya banyak orang mulai berpikir dan melirik peluang usaha rumahan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan hidup terpenuhi.

Mengapa?

Dengan menjalankan sebuah bisnis yang dilakukan dari rumah, maka si pelaku bisa mendapatkan pemasukan dengan memanfaatkan waktu luang, modal yang ada, dan tentunya tanpa terlalu mengganggu pemasukan tetap dari gaji.

Secara teori ekonomi hal ini sesuatu yang logis karena berarti tidak ada “idle capacity” atau kapasitas yang nganggur dan semua bisa terpakai untuk memproduksi uang.

Biasanya, apabila usaha rumahan yang tadinya bersifat tambahan ini berkembang dan menguntungkan, kerap pelaku usahanya akan berpikir ulang dan bisa saja meninggalkan pekerjaan tetap untuk menekuni usaha yang tadinya hanya sampingan ini.

Kelebihan Menjalankan Usaha Rumahan

Kecil memang, tetapi karena ukuran dan cara pengelolaannya itu bisnis yang digerakkan secara swadaya ini memiliki keuntungan tersendiri, seperti

#1 Modal Kecil : memang modal kecil biasanya sulit menghasilkan keuntungan besar, tetapi dari sisi positifnya, siapapun yang berniat terjun ke dalamnya tidak perlu bertandang ke bank untuk mendapatkan pinjaman. Cukup dengan memanfaatkan tabungan atau aset apapun yang tersedia, sehingga resikonya juga tidak besar.

#2 Fleksibel : organisasi yang menjalankannya biasanya anggota keluarga, jadi tidak ada struktur organisasi yang ruwet untuk mengarahkan kemana bisnis ini akan dijalankan. Pengambilan keputusan menjadi lebih mudah

#3 Tidak memerlukan biaya operasi tingg : paling tidak dengan memanfaatkan rumah sebagai kantornya, maka tidak akan ada sewa ruangan yang harus dibayar. Dalam hal ini tentunya menguntungkan dari segi biaya operasinya yang jelas tidak tinggi

#4 Sudah memiliki pasar : sebuah bisnis rumahan yang bagus biasanya akan melihat kebutuhan apa yang ada di sekitar mereka. Hal itu memberi keuntungan tersendiri yaitu pasar yang akan membeli atau menggunakan jasa sudah tersedia di sekitar. Hal ini akan membantu agar sebuah usaha yang baru berdiri bisa berjalan sebelum kemudian berkembang

#5 Tidak mengganggu kestabilan : dalam hal ini di bidang keuangan dan waktu. Karena usahanya di rumah, maka waktu bersama keluarga tetap bisa dilakukan karena kegiatan operasi bisnis berkisar kebanyakan di rumah sendiri. Dalam segi keuangan pun, tidak akan banyak pengaruh terhadap anggaran pendapatan dan belanja keluarga, jika dikelola dengan teliti dan benar

# Berdasarkan pengetahuan dan kemampuan : salah satu unsur penting dalam memilih jenis bisnis adalah berdasarkan pengetahuan. Hal itu juga merupakan inti dari bisnis apapun. Dan, biasanya usaha jenis ini akan berbasis pada pengetahuan dan keahlian yang dimiliki seseorang/keluarga, jadi pelakunya biasanya tidak perlu belajar lagi dan kegiatan usahanya bisa segera dijalankan.

Kekurangan Menjalankan Usaha Rumahan

Tidak ada gading yang tak retak. Tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Pepatah itu pun berlaku dalam hal bisnis, semua peluang, tindakan, dan apapun akan memiliki kedua sisi tersebut. Tidak ada yang tidak memiliki kelemahan.

Kelemahan-kelemahan inilah yang harus diperhatikan saat menekuni sebuah usaha rumahan. Perlu kejelian dan kreatifitas agar bisa berjalan dengan lancar dan meminimalkan resiko.

#1 Keuangan yang sering tercampur :

Keuangan usaha yang dijalankan dan keuangan rumahtangga berada di tempat yang sama, dan kemungkinan besar dipegang oleh orang yang sama juga.

Kemungkinan campur aduknya keuangan keduanya adalah masalah paling umum yang ditemukan dalam sebuah bisnis keluarga seperti ini. Sering terjadi, uang hasil penjualan terpakai untuk membeli lauk makan siang atau malam. Begitupun sebaliknya, uang belanja dipakai untuk membeli barang-barang yang akan dijual.

Hasilnya perhitungan untung rugi dan pencatatan cash flow usaha sering tidak rapi dan menyebabkan kerancuan.

#2 Ruang yang terbatas :

Tidak mungkin seluruh bagian rumah dipakai untuk memproduksi barang, sebagian besar harus tetap bisa dipakai tidur atau menyimpan barang-barang rumah tangga. Belum lagi, setiap anggota keluarga pasti membutuhkan ruang untuk belajar, bekerja, atau sekedar bersantai.

Masalah ini kerap ditemukan pada usaha rumahan yang menjual atau memproduksi barang.

Keterbatasan ini pada akhirnya menimbulkan gangguan tersendiri bagi sebuah keluarga secara keseluruhan.

Apalagi jika kemudian, penjualan barang juga dilakukan di tempat yang sama. Pembeli bisa melihat aktifitas keluarga dan mengurangi privasi dari keluarga tersebut.

#3 Kapasitas terbatas :

Bisnis kue, yang banyak dilakukan para ibu rumahtangga menunjukkan bahwa kapasitas produksinya sangat terbatas. Kompor yang dipakai harus juga dipakai untuk memasak sarapan atau makan siang.

Pada akhirnya, dengan kapasitas yang kecil seperti ini, sulit sekali untuk menjangkau dan mengembangkan pasar. Tidak jarang pembeli yang berminat terpaksa harus menunggu lama, atau bahkan tidak bisa mendapatkan barang karena pesanan sudah terlalu banyak.

Hal seperti ini tentunya sangat tidak menguntungkan karena juga bisa memberi nama buruk pada kita sebagai penjual.

#4 Konsistensi :

Setiap bisnis perlu yang namanya konsistensi dan kontinuitas. Ketersediaan barang, kualitas, pelayanan adalah kunci utama dalam sebuah usaha.

Hal itu sangat sulit diterapkan secara konsisten dalam bisnis dimana bagian produksi, penjualan, dan pelayanan adalah orang yang sama.

Belum lagi kalau ditambahkan kepentingan keluarga yang harus dipenuhi, seperti kondangan, sakit, atau berbagai keperluan lainnya yang bisa menghentikan produksi

#5 Pemasaran :

Klasik.

Tetapi, pelaku usaha rumahan kerap terlalu terfokus pada menjual jasa dan barang kepada tetangga dan orang-orang yang berada di sekitarnya saja. Seringnya mereka menganggap bahwa otomatis para tetangga akan mau membelinya.

Padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

Tentu saja, ada kecenderungan kalau seseorang akan pergi ke penjual barang atau jasa terdekat, tetapi jumlahnya tidak banyak dan hasilnya terkadang membuat kapasitas produksi tidak terpenuhi atau barang menumpuk tidak terjual.

Pemasaran adalah masalah umum yang kerap dilupakan, atau diabaikan oleh mereka yang berbisnis dari rumah.

#6 Menimbulkan gangguan pada lingkungan :

Pelanggan datang dan memarkir kendaraan mereka di depan rumah yang dijadikan tempat usaha. Kalau sedikit tidak masalah, tetapi kalau banyak sangat bisa jadi akan memakan jalan umum yang ada di depan lokaso.

Hal seperti ini tentunya akan menimbulkan gangguan terhadap warga lain yang tinggal di lingkungan yang sama.

Belum lagi, suara ramai yang bisa disebabkan oleh mesin atau alat yang dipergunakan dalam proses produksi akan menimbulkan polusi suara yang bisa membuat gerah para tetangga.

Keluhan warga terhadap sebuah bisnis yang dilakukan di rumah hunian sering terjadi karena kejadian-kejadian seperti ini.

Mungkinkah Sebuah Usaha Rumahan Berkembang Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan?

Kelemahannya ternyata banyak yah? Pasti akan hadir rasa ragu di hati. Apakah usaha kecil yang akan dijalankan dengan rumah sebagai basisnya akan bisa berkembang, atau setidaknya menghasilkan pendapatan seperti yang diharapkan?

Wajar saja kalau keraguan itu hadir.

Bagaimana kalau kita melihat contoh nyata saja, dan ini hanya sebagian kecil dari kisah sukses sebuah bisnis yang bermula dari rumah.

Pernah dengar yang namanya Roti Unyil Venus dari Bogor? Tidak afdol rasanya kalau pergi bermain ke kota hujan tanpa membawa oleh-oleh berupa roti-roti mini berbagai rasa dan sekarang merupakan salah satu ikon kuliner kota itu.

Atau…

Lapis Talas Sangkuriang atau Lapis Talas Bogor? Cake atau bolu yang terbuat dari tepung talas. Pasti lah sudah dengar namanya karena sekarang pun pembeliannya bisa dilakukan secara online/daring. Dan, sekarang justru berkembang dengan menjual berbagai oleh-oleh khas Bogor.

Pernah kan?

Nah, kedua nama yang disebutkan di atas awal mulanya adalah sebuah usaha rumahan saja. Apa yang dijual diproduksi di rumah sendiri. Bahkan, roti unyil sebenarnya tidak pernah dibangun untuk menjadi sebuah bisnis besar. Niatannya hanya untuk mencari nafkah yang dilakukan beberapa anak yang kehilangan orangtuanya.

Bukan dengan niatan murni mencari keuntungan.

Bila mau diambilkan contoh yang lebih besar atau dari luar negeri, ada satu nama yang seharusnya menjadi inspirasi. Kata itu terdiri dari 5 huruf saja, APPLE.

Bukan penghasil buah-buahan yah, tetapi tentunya Anda tidak asing dengan yang namanya iPhone atau iPad, gadget canggih dan berharga senilai 3-4 kali UMR (Upah Minimum Regional) propinsi DKI Jakarta.

Tahukah Anda dimana pertama kali bisnisnya bermua?

Sebuah garasi.

Yah, benar sebuah garasi di rumah seorang pemuda bernama Steve Wozniak. Ia bersama dengan partnernya, yang namanya lebih terkenal Steve Jobs, menelurkan ide tentang komputer APPLE dan membangunnya di garasi rumah saja.

Bukan di toko atau lokasi bisnis.

Tetapi, tentunya Anda tahu sendiri hasilnya sekarang. Ribuan orang rela mengantri dan bahkan kemping di depan outlet Apple hanya untuk mendapatkan edisi pertama gadget keluarannya. Nilai usahanya sendiri pada saat mencapai US$ 162 atau _- 2 juta rupiah, per lembar.

Bisa dibayangkan betapa besarnya?

Dan, itupun berasal sebuah bisnis rumahan saja.

Hebat kan.

Jadi, pertanyaan itu sudah terjawab kan? Bahwa bisnis apapun dan dimanapun dimulainya, tetap akan bisa berkembang dan menghasilkan kesuksesan selama pengelolanya mau BEKERJA KERAS, BEKERJA CERDAS, dan, KONSISTEN/PANTANG MENYERAH.

Jangan pernah khawatir selama hal itu dilakukan potensi yang ada akan tergali dan bisnis akan berkembang.

Layaknya sebuah bisnis, maka yang harus dilakukan adalah memanfaatkan kelebihan semaksimal mungkin dan pada saat bersamaan mencoba mengurangi resiko yang timbul akibat sisi kelemahan bisnis yang dijalankan.

Butuh kejelian, kepekaan, dan kemauan keras untuk itu.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu agar sebuah usaha rumahan bisa maju dan berkembang.

Tips Menjalankan Bisnis Rumahan

a) Pastikan persyaratan dan izin usaha sudah dilengkapi, rumah hunian memang diperkenankan dijadikan sebuah tambahan usaha, tetapi ada berbagai syarat yang harus dipenuhi dan sebagai penguat bahwa semua syarat ini sudah terpenuhi adalah pada dokumen-dokumen perizinan itu

b) Lakukan pendekatan kepada warga sekitar dengan berbagai cara agar mereka tidak mengajukan keluhan yang bisa menjadi hambatan bagi bisnis yang dijalankan. Caranya bisa bermacam-macam, termasuk memberikan harga spesial jika mereka membeli atau menyumbang untuk pembangunan lingkungan. Jangan lupa untuk hadir di setiap acara yang diadakan oleh pengurus lingkungan setempat

c) Pisahkan keuangan rumah tangga dan bisnis. Jangan sampai dipegang oleh orang yang sama agar tidak kacau dan campur aduk

d) Jika menjual barang atau produk, siapkan satu ruang khusus untuk menyimpannya. Tindakan ini untuk memastikan, bukan saja agar rumah tidak berantakan dan tetap nyaman, tetapi juga agar barang tidak rusak dan mudah ditemukan ketika pembeli datang

e) Beli / buat persediaan barang jangan terlalu banyak karena akan memakan tempat dan justru bisa menghambat aktifitas rumahtangga.

f) Lakukan pemasaran dengan cara apapun via Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter atau via website pribadi. Jangan lupakan juga bahwa tetangga adalah pembeli potensial, jadi lakukan promosi dari mulut ke mulut juga

g) Jangan mudah terpengaruh pada tren bisnis yang sedang ngehit, fokus dan konsisten dengan rencana awal yang sudah dibuat
h) Buat LOGO agar memberi kesan profesional yang tentunya akan sangat membantu membuat branding

i) Pekerjakan tenaga tambahan, bagaimanapun suatu waktu kita akan sakit dan perlu istirahat. Hal ini untuk memastikan bahwa penjualan atau pelayanan tetap berjalan di kala pemilik usahanya sakit atau berhalangan

j) Ketika ada keuntungan, sisihkan 15-25% untuk pengembangan usaha, jangan habiskan semua untuk memenuhi kebutuhan rumahtangga atau bersenang-senang

k) Jangan ragu untuk “keluar” dari rumah ketika ruang kosong di rumah sudah tidak lagi memadai. Ini pertanda bisnis berjalan dengan baik dan sudah saatnya lepas dari label bisnis rumahan

l) Pembayaran tunai sangat diutamakan karena dengan modal yang terbatas, memberikan hutang akan menghadirkan kesulitan untuk membeli barang modal

m) Buat sebuah organisasi sederhana agar terlihat siapa yang harus bertanggungjawab terhadap ini dan itu. Meskipun kecil dan sederhana, hal seperti itu akan membantu memperjelas tugas dan fungsi dari masing-masing yang terlibat (kecuali Anda bekerja seorang diri)

n) Pertimbangkan matang-matang saat mempekerjakan orang, saudara atau tetangga mungkin yang terbaik dimana selain sudah kenal, juga bisa membantu mereka. Tetapi, ada resiko dimana rahasia atau masalah dalam usaha yang dijalankan bisa tersebar luas dan di luar kontrol. Juga, kalau ada perselisihan, hal itu bisa merembet kemana-mana dan pada akhirnya membahayakan bisnis

o) Jangan menyepelekan keluhan yang disampaikan oleh tetangga yang membeli atau menggunakan jasa. Tangani, layani, dan pecahkan masalahnya. Ada resiko kesan buruk yang bisa menyebar luas dari mulut ke mulut dan memberi nama jelek pada usaha yang dijalankan

70++Ide Peluang Usaha Rumahan Yang Bisa Terpikir

Setelah membaca penjelasan di atas secara panjang lebar, tentunya Anda sudah mengenal lebih jauh tentang apa itu usaha rumahan beserta kelebihan, kekurangan, dan juga solusinya.

Berarti, Anda sudah siap untuk merubah peluang usaha rumahan menjadi sebuah bisnis yang benar-benar menghasilkan uang?

Siap kan?

Atau, belum?

Oh ya. Masih ada satu masalah yang klasik, alias sering dihadapi saat hendak menjadi seorang wiraswasta. Masalah ini sepertinya menjadi wabah yang entah kenapa sulit dipecahkan.

Masalah itu terangkum dalam sebuah pertanyaan ” Peluang usaha apa yang bagus dan cocok bagi saya? Silakan klik saja link berwarna biru itu jika ingin mengetahui beberapa tips tentang caranya.

Pertanyaan itu sebenarnya sangat sulit dijawab karena setiap masing-masing individu akan berbeda-beda. Jadi, tidak ada jawaban yang pasti.

Peluang bisnis bukan disediakan tetapi harus dicari dan ditemukan. Prinsip yang berlaku dan harus dipegang adalah “Semua hal bisa dijadikan bisnis atau uang, kalau kita mau berkreasi, berpikir, dan berusaha”. Jadi, batasannya bisa dikata tak terhingga.

Siapa menyangka bahwa kaleng bekas minuman bisa dijadikan kerajinan tangan dan dijual? Iya kan? Ini salah satu contoh bahwa apapun bisa diduitin (apapun bisa ditukar dengan uang), jika kita tahu caranya.

Tambahkan dengan kehadiran internet dimana-mana, hasilnya peluang usaha rumahan itu menjadi semakin tak terbatas dan lebih luas dari sebelumnya.

Mungkin, beberapa prinsip dasar bisnis di bawah ini bisa menjadi patokan dalam hal penentuan jenis usaha yang akan dijalani, yaitu :

  • Passion/Gairah : apa yang membuat apa bersemangat
  • Pengetahuan : pengetahuan apa yang bisa dimanfaatkan dan diubah menjadi uang
  • Lokasi : adakah orang-orang yang akan menjadi pembeli pertama dari apa yang akan saya jual
  • Keluarga : keluarga harus untung dalam hal ini, tidak boleh terlalu merepotkan atau membebani, dan mereka setuju ikut serta di dalamnya

Ketiga hal itu bukan hanya penting bagi bisnis kecil saja, tetapi semua jenis bisnis pasti akan memperhatikan hal-hal dasar seperti tersebut di atas.

Sudah punya gambaran?

Rasanya sudah walau agak samar.

Di bawah ini akan ada 200++ ide peluang usaha rumahan yang mungkin bisa dijalankan. Daftar ini, dan sedikit penjelasan mudah-mudahan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas dan kongkrit. Siapa tahu ada dari ide yang termasuk di dalamnya bisa mengilhami berdirinya sebuah bisnis baru?

Catatan :  yang saya berikan adalah, apa yang tertulis di bawah ini bukan berarti semua pernah dilakukan saya sebagai penulis. Parah banget saya kalau sudah mencoba semua karena berarti sampai saat ini belum menemukan sesuatu yang cocok untuk dijalani.

Tidak demikian.

Semua yang ada di bawah ini merupakan hasil pemikiran, pengamatan dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya ada juga yang sudah pernah dijalani sendiri oleh penulis. Salah satu atau duanya sudah terpilih untuk ditekuni lebih lanjut dan sedang dalam proses pengembangan, dan yang pasti sudah menghasilkan uang bagi penulis.

Daftar ini akan dibagi dalam beberapa kategori untuk mempermudah memilah dan menemukan mana yang kira-kira sesuai dengan kemampuan pembaca.

Jadi, silakan dipikir dan dipilih. (Kayak di pasar saja yah!)

A) Peluang Usaha Rumahan Berbasis Internet/Media Sosial

Internet, sejak ketersediaannya yang melimpah dan mudah diakses dimana-mana, telah merubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk di antaranya dalam hal berjual-beli atau bertransaksi. Banyak bisnis yang semula butuh organisasi dengan jumlah orang yang banyak, sekarang bisa dijalankan dengan sangat mudah oleh satu atau dua orang saja.

Tempatnya tidak lagi terikat dengan kantor atau tempat khusus lainnya. Banyak bisnis via internet yang bisa dijalankan bahkan dari ruang tidur di rumah dan pelaku usahanya bahkan tidak perlu pergi meninggalkan kenyamanan rumahnya.

Perubahan yang diakibatkan internet ini menghadirkan tidak terhingga peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh siapapun yang kreatif dan memiliki semangat baja untuk mencapai kesuksesan di bidang materi.

Beberapa ide peluang usaha rumahan tersebut bisa dilihat di bawah ini. Ada yang sudah banyak dijalankan orang, tetapi ada juga yang bahkan belum disadari sebagai sebuah peluang bisnis.

 

#001 Ngeblog

Pengertian Usaha Rumahan dan 200++ Ide Peluang Usaha Rumahan

Blog atau jurnal harian internet adalah sebuah media untuk seseorang menuliskan pengalaman, pengetahuan, ide, pemikiran, atau sekedar curhatan saja. Kegiatannya disebut ngeblog atau blogging. Orangnya disebut dengan blogger.

Banyak yang berpandangan bahwa kegiatan ini hanyalah bagi orang iseng dan hanya buang-buang waktu saja. Tidak banyak guna dan tentunya tidak menghasilkan uang sama sekali.

Dan, pandangan itu salah besar. Sesuai dengan prinsip dasar dalam menemukan bisnis, yang sudah disebutkan di paragraf atas, “Apapun”, sekali lagi apapun bisa diduitin atau dijadikan bisnis.

Hal itu sudah terbukti oleh banyak orang, dan termasuk saya sendiri kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Nilainya bahkan bisa berpuluh juta rupiah perbulan dan melebihi pendapatan dari sekedar gaji atau upah PNS.

Saya, meskipun belum sedahsyat itu, sudah merasakan sendiri manisnya pendapatan yang diberikan dari hobi menulis di blog ini.

Semua bisa terjadi karena blog saat ini sudah dipandang sebagai media alternatif yang namanya bisa menyaingi media massa resmi seperti koran, majalah, atau media online.

Kondisi ini menarik banyak agen periklanan untuk menggunakannya sebagai tempat mengiklankan produk apapun. Salah satu perusahaan yang sering memanfaatkan blog untuk meletakkan iklan-iklan itu adalah Google, si perusahaan raksasa mesin pencari. Divisi periklanannya Adsense membayar untuk iklan yang tayang di blog-blog.

Belum ditambah dengan berbagai perusahaan yang memasang iklan mandiri dengan menghubungi langsung sang blogger. Ataupun, mereka akan meminta si blogger untuk menuliskan sebuah review tentang sebuah produk dan tentunya dibayar.

Peluang usaha rumahan ini, belum banyak orang yang menekuninya karena masih terbelenggu oleh pemikiran yang seperti ini hanyalah sebuah kegiatan orang kurang kerjaan saja.

  • Pasar : Besar dan semakin besar di masa depan mengingat kecenderungan pemakaian internet yang semakin meluas di Indonesia dan dunia
  • Biaya : Biasa (untuk membeli komputer, membayar internet, kopi untuk teman menulis)
  • Lokasi dan Ruang : Tidak butuh ruang khusus dan bisa dimana saja
  • Personil : Satu orang pun cukup

#002 : Menjadi Vlogger atau Youtuber

jenis peluang usaha rumahan yang bisa dikelola
Narsisme bisa dijual. Lihat saja Awkarin, yang karena berani heboh dan menimbulkan kehebohan, videonya ditonton jutaan orang. Cibiran, makian, dan ketidaksukaan terarah banyak pada tingkah lakunya, tetapi hal seperti itu tidak menafikan bahwa ia populer. Ribuan bibir menggosipkannya setiap harinya.

Hasilnya adalah video-videonya sangat laku dan menghasilkan uang. Ia pun bisa mendapatkan pemasukan dari meng-endorse produk atau hal-hal lainnya.

Anda pun bisa melakukan hal yang.

Jual kenarsisan Anda. Buatlah video tentang perjalanan wisata, pakaian apa yang sedang dikenakan, atau apapun yang Anda anggap menarik, rekam dan kemudian upload ke berbagai visual social media, seperti Youtube, Vimeo, dan banyak lagi lainnya.

Jangan lupa promosikan dan tetap gigih untuk mendapatkan penonton sebanyak mungkin.

Jika memang tidak suka mempertontonkan hal-hal berbau narsis seperti itu, buat saja video singkat tentang bagaimana membuat kue tar, kue bolu, atau sekedar mengajarkan bagaimana membersihkan busi motor yang kotor.

Semua bisa dijual dan ada pasarnya.

Pada dasarnya sama dengan ngeblog. Ceritakan kepada dunia tentang apa yang Anda suka, lakukan atau pengetahuan dan ide apa yang Anda punya. Bedanya hanya terletak pada yang satu, blog dalam bentuk tulisan, sedangkan Vlogger atau Youtuber dalam bentuk visual, berupa film-film singkat.

Vlogger sendiri merupakan singkatan dari Video-Logger. V-log adalah jurnal dalam bentuk video dan pelakunya disebut Vlogger. Youtuber sendiri tidak berbeda, hanya namanya diambil dari situs media sosial visual milik Google, yaitu Youtube.

  • Pasar : Sangat luas via internet
  • Biaya : Biasa untuk membeli kamera, komputer, dan internet. Terkadang harus ditambah dengan ongkos ke tempat-tempat menarik
  • Lokasi dan ruang kantor : bisa dimana saja tetapi untuk pengeditan film basaianya dilakukan di rumah
  • Personil : 1-2 orang

#003 asa Penulisan Artikel Online

peluang usaha yang bisa menguntungkan
Jumlah blog dan blogger di Indonesia lumayan banyak. Kalau menurut data, walau sulit dibuktikan kesahihannya, mencapai 6-8 juta blog dengan 2,5-3 juta blogger, yang belum tentu semuanya aktif.

Nah, dari sekian banyak blogger, semakin banyak yang juga mengejar uang. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk menulis artikel karena kebanyakan juga memiliki pekerjaan tetap.

Meski begitu mereka harus tetap rutin mengupdate blognya dengan artikel-artikel baru untuk memastikan pembaca tetap datang ke blog mereka.

Keterbatasan waktu ini melahirkan demand atau permintaan untuk artikel dalam jumlah yang banyak. Biasanya para blog yang berorientasi uang tidak akan segan membelanjakan uang untuk membelinya dari jasa penulisan artikel, dan biasanya dilakukan via internet.

Kalau Anda memang hobi menulis dan membaca, dan sudah terbiasa melakukan itu, mengapa tidak menyediakan jasa penulisan artikel itu. Nilainya lumayan. Apalagi kalau bisa berbahasa asing, terutama Inggris karena harga pasaran artikel berbahasa Inggris lebih tinggi dari yang berbahasa Indonesia.

Semakin terkenal Anda sebagai penulis, harganya pun bisa lebih tinggi dan orderan pun akan terus bertambah.

  • Pasar : lumayan besar dan akan terus berkembang
  • Biaya : sama dengan ngeblog, komputer, internet, dan kopi yang banyak karena akan dibutuhkan untuk membaca referensi dan sebagai teman mengetik
  • Lokasi : jelas di rumah, bahkan di kamar tidur saja juga bisa
  • Personil : 1 orang minimum dan bisa ditambah menyesuaikan dengan jumlah order tulisan yang diterima

 #004 Membuka Toko Online

Toko Online sangatr menguntungkan
Mau berjualan tetapi rumah tidak punya lahan kosong untuk mendirikan bangunan warung/toko.  Juga tidak mau terlalu repot menunggu toko setiap harinya karena tetap harus pergi ke kantor.

Apa pemecahannya?

Yah, kenapa tidak membuka toko online saja? Sama saja sebenarnya bentuknya berupa toko atau warung, cuma tempatnya bukan di dunia nyata melainkan di dunia maya.

Membuatnya pun tidak susah karena sama halnya dengan membuat blog. Cukup bermodal komputer, jaringan internet, dan kamera. Template untuk toko online bisa dibeli via internet dan tinggal memasangnya saja. Lalu cukup masukkan nama, nomor kontak, alamat, dan belajar tentang bagaimana mengepak dan mengirimkan barang.

O ya satu lagi, belajar cara memotret produk yang hendak dijual agar terlihat menarik.

Kalaupun memang tidak mau repot untuk urusan teknis membuat toko online, sudah banyak jasa membuat website/blog/toko online. Cukup angkat telpon dan minta mereka untuk membangunnya saja. Atau, kalau sudah punya blog, mengapa tidak jadikan saja blog itu sebagai toko online? Sama saja kok, hanya beda tampilan saja.

Masalah tempat dan waktu bisa terpecahkan. Pasar yang bisa dijangkau pun sangat luas dan bukan lagi tetangga-tetangga sekitar, tetapi sudah menjangkau ke seluruh Indonesia (atau bahkan dunia).

Apalagi, bisnis online secara total masih kecil sekali di Indonesia dan potensi untuk berkembangnya masih teramat sangat besar. Peluang usaha rumahan yang satu ini terlihat rumit padahal sebenarnya tidak dan kalau dikelola dengan baik, hasilnya bisa membuat orang lebih betah di rumah dan meninggalkan pekerjaan rutinnya.

  • Potensi : teramat sangat besar dan sedang berkembang
  • Biaya : Sedikit lebih dari “biasa”, selain komputer, internet, kamera, dan cemilan, harus membeli/memproduksi barang yang akan dijual dan membangun toko onlinenya.
  • Lokasi : ruang kecil yang biasa dipakai saat menggunakan komputer + penyimpanan produk yang akan dijual
  • Personil : 1 bisa tetapi 2 lebih baik karena yang 1 untuk menangani masalah menampilkan produk di website dan 1 untuk mengepak dan mengirimkan barang

#005 Menjual Produk di Marketplace

Tetapi, kadang memang agak rumit kalau menangani urusan web sendiri dan banyak yang enggan untuk melakukannya. Kalau saya sih terus terang senang karena dapat pengetahuan baru. Atau bisa juga tidak tahu bagaimana membuat atau dimana adanya jasa pembuatan toko online.

Tidak masalah.

Sejak bisnis via daring mewabah, sudah banyak yang menyediakan jasa marketplace. Tahukan artinya? Belum? Tapi pasti sudah pernah mendengar nama Lazada, Tokopedia, atau OLX?

Nah, itu adalah marketplace. Kalau dalam bahasa Indonesia namanya Pasar Online, alias pasar di dunia maya. Setiap orang boleh berdagang, menjual atau membeli disana sesuai ketentuan pemilik pasar. Konsepnya tidak berbeda dengan pasar secara umum di dunia nyata. Bedanya hanya berada di dunia internet.

Bedanya dengan toko online adalah kalau toko online, Anda pemiliknya sedangkan di marketplace, Anda hanya numpang berjualan disana saja. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Memang tidak repot karena hanya cukup mengupload foto barang, memberikan deskripsi tentang produk yang dijual, harga, dan berbagai hal lain terkait siapa penjual, selesai.

Tidak perlu biaya tinggi. Barang yang dijual pun bisa hasil produk sendiri atau dibeli dari supplier. Tambahan kemampuan untuk membuat foto produk akan sangat bermanfaat di dalam hal ini, dan juga sedikit kemampuan SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin pencari) akan bisa membantu mengembangkan toko di “pasar online” ini.

  • Potensi : sangat besar dan masih terus berkembang karena masyarakat Indonesia makin gemar belanja online
  • Modal : Sedikit di atas “biasa” selain untuk komputer, internet, masih harus ada modal yang keluar untuk membeli / membuat produk yang akan dijual
  • Lokasi : di kamar tidur bisa, di kamar mandi juga bisa kalau mau dan disediakan meja, walau berbahaya bagi sang komputer
  • Personil : 1 orang cukup, 2 orang lebih baik. Satu mengurus masalah promosi dan internet, satu bagian pengepakkan dan pengiriman

#006 Jasa pembuatan website/blog

pengertian usaha rumahan dan peluang usaha rumahan b
Semakin hari, semakin banyak perusahaan dan personal yang menyadari bahwa memiliki sebuah website, dalam berbagai bentuk termasuk blog, sangat menguntungkan. Bukan hanya untuk keperluan menunjukkan eksistensi, tetapi juga bisa dipakai untuk promosi, memperkenalkan produk baru, atau juga branding (pencitraan).

Semakin banyak dan akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia dan pengguna internet.

Masalahnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuatnya, atau terlalu malas untuk belajar.

Situasi semacam ini membuka peluang tersendiri dan merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang bisa menghasilkan uang. Apalagi, pembuatan website sekarang tidak lagi memerlukan kemampuan coding yang terlalu rumit.

Beberapa CMS (Content Management System) seperti WordPress membuat semuanya menjadi mudah. Hanya perlu mengikuti berbagai arahan yang sudah banyak ditulis di internet untuk bisa menghasilkan sebuah website baru. Jauh dari rumit.

Saya sendiri membuat beberapa blog sendiri saja dan belajar secara otodidak dari internet. Tidak ada kesulitan berarti untuk itu.

Harganya pun lumayan, tergantung jenisnya dan pembelinya, jasa pembuatan website bisa memasang tarif Rp. 500,000 – 5,000,000.- untuk satu kali pengerjaan.

Apalagi kalau Anda menguasai bahasa pemrograman, seperti HTML atau PHP, hal itu tentu akan lebih menguntungkan lagi.

Dan, enaknya, tidak perlu kantor. Semua bisa dilakukan bahkan tanpa keluar rumah sama sekali.

  • Potensi : Lumayan dan terus tumbuh
  • Biaya : Biasa, komputer, internet, kopi dan cemilan untuk menemani saat pembuatan
  • Lokasi dan ruang : Terserah mau dimana, bahkan dapur dan kamar mandi pun kalau mau bisa dipergunakan
  • Personil : 1 orang cukup
  • Skill : kemampuan bahasa pemrograman akan merupakan nilai tambah, walau kalau tidak pun tetap bisa dilakukan

#007 Menjual foto online

Peluang usaha rumahan - menjual foto secara online 2

Fotografi, selama beberapa dasawarsa lebih dianggap sebagai hobi, dan mahal. Tidak semua orang bisa menekuninya karena perlengkapannya pada waktu itu sulit terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.

Tetapi, tidak di zaman sekarang. Semua orang paling tidak akan membawa setidaknya satu kamera kemana-mana, yang berada pada smartphone mereka. Belum lagi kamera digital harganya juga semakin terjangkau.

Fotografi semakin menjadi hobi yang digemari banyak kalangan.

Sayangnya, selama ini fotografi belum banyak dipandang sebagai lahan penghasilan. Mayoritas orang berpikir bahwa untuk menghasilkan uang dari fotografi haruslah memiliki studio atau memotret model saja. Padahal, sebenarnya tidak demikian.

Siapapun bisa menghasilkan uang dari kegiatan memotret ini.

Caranya? Sudah banyak bertebaran di dunia maya situs-situs internet yang mengkhususkan diri untuk “menjual” foto kepada yang memerlukan. Semua orang darimanapun boleh bergabung dan mencoba memasarkan hasil jepretannya.

Tidak ada batasan bahwa fotonya harus merupakan jepretan dari kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau Mirrorless saja. Bahkan, sebuah foto yang dihasilkan kamera smartphone sekalipun bisa dijual via situs-situs ini, selama hasilnya bagus dan menarik untuk dipergunakan.

Biasanya pemakainya adalah redaksi-redaksi majalah, atau perusahaan yang membutuhkan foto untuk memasarkan foto. Harganya biasanya tidak besar, tetapi dengan keterampilan fotografi yang baik dan hasil fotonya bagus, seorang fotografer bisa mendapatkan banyak.

Beberapa situs internet yang bisa dijadikan tempat untuk memasarkan foto, sebut saja Shutterstock, Fotolia, Etsy, Bluemelon, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, kalau memang Anda mau, dan bisa membuat website, foto-foto Anda juga bisa dipasarkan lewat website atau blog sendiri.

Bukankah itu sebuah peluang usaha rumahan yang bagus? Maukah Anda mempertimbangkan?

  • Potensi  : Besar dan tak terbatas karena bisa dijual melalui internet sehingga pasarnya menjadi sangat besar
  • Modal : Sebuah kamera smartphone dengan kamera 10-24 Megapixel cukup, tetapi sebuah kamera DSLR kelas pemula seperti Canon 1300 D atau Nikon D5300 seharga 5 jutaan akan lebih baik
  • Personil : 1 orang
  • Skill : Kemampuan untuk memotret dengan baik dan kreatif

#008 Membuat dan Menjual Template Website/Blog

peluang usaha rumahan - membuat dan menjual template website atau blog A

Peluang usaha rumahan yang satu ini memang untuk kalangan terbatas karena untuk menjalankannya perlu pengetahuan khusus dalam hal melakukan programming atau coding setidaknya HTML, CSS, atau PHP.

Tiga istilah yang terakhir itu adalah tentang bahasa pemrograman untuk internet.

Jadi, yah memang sangat terbatas sekali orang yang menguasainya.

Nah, yang dimaksud template itu adalah tampilan yang akan ditayangkan di komputer setiap website atau blog dibuka. Nah, tidak semua blogger atau webmaster bisa membuat tampilannya sendiri. Banyak dari mereka yang terfokus pada menulis saja, tetapi kurang mengerti cara mengutak-atik atau membuat templatenya.

Disanalah bisnis ini bisa berjalan.

Kalau Anda menguasai bahasa pemrograman tadi, Anda bisa menyediakan template siap pakai sehingga para webmaster atau blogger hanya perlu menginstallnya saja.

Tentunya dengan cara membelinya dari Anda.

Peluang bisnis ini sangat bagus karena pasarnya tidak terbatas di Indonesia saja, tetapi juga bisa menjangkau pemakai di luar negeri. Harganya pun sangat bagus dan bisa bikin ngiler banyak orang. karena sebuah template yang baik bisa dijual seharga US$ 49-75 untuk satu website / blog saja. Bayangkan kalau yang membeli sebanyak 1000 orang.

Pengerjaannya pun bisa dimana saja. Mau di kamar tidur, dapur, atau bahkan sambil nongkrong di kamar mandi sekalipun kalau mau bisa dilakukan. Sama sekali tidak perlu keluar rumah sama sekali.

Penjualannya pun bisa dilakukan secara online dan banyak situs yang khusus untuk menjual template semacam ini, seperti Envato Market.

Sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan akan semakin berkembang mengingat pertambahan jumlah blog di dunia yang terus tumbuh. (Pernah tahu bahwa blogger di Indonesia saja ada 3 juta orang dengan sekitar 8 juta website?)

  • Potensi : Besar dan akan terus membesar karena menjangkau seluruh dunia
  • Modal : Internet, komputer, dan kopi saat membuat template
  • Lokasi : Terserah mau dimana saja
  • Personil : 1 orang
  • Skill : Menguasai bahasa pemrograman komputer adalah wajib hukumnya

#009 Jasa Penerjemahan Online

peluang jasa rumahan - jasa penerjemahan online A

Tiga puluh lima ribu rupiah perlembar dan Rp. 175.000.-/lembar. Itu harga yang ditawarkan untuk jasa penerjemahan yang ditawarkan salah satu usaha penerjemahan di internet. Yang pertama untuk penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan yang kedua tarif untuk bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia.

Perlembar. Bukan untuk satu kali penerjemahan, tetapi perlembar.

Bayangkan kalau sehari order yang datang 100 lembar. Bisa berapa hasilnya?

Dan, tentunya dengan order sebanyak itu rasanya tidak akan sempat keluar rumah sama sekali. Duduk diam sambil mengunyak kue-kue dan membiarkan otak berpikir sudah cukup.

Ordernya datang lewat internet juga, begitupun hasil penerjemahan bisa dikirim via email saja. Tidak butuh sama sekali keluar rumah kan?

Itulah mengapa usaha jasa penerjemahan online patut diperhitungkan jika Anda sedang mencari peluang usaha rumahan yang mengunungkan.

Pasarnya sangat besar dewasa ini dan dengan globalisasi dimana perdagangan sudah menjadi lintas batas akan membesar. Dengan semakin banyaknya perdagangan lintas negara, semakin banyak pula dokumen yang harus diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Belum lagi orderan dari penerbit buku yang sering butuh jasa penerjemah.

Orderan pun bisa dicari di banyak marketplace khusus penerjemahan di seluruh dunia, dan tanpa harus berkeringat keluar rumah.

Mau memperhitungkan usaha ini? Yah, pasti tetapi Anda harus menguasai satu atau dua bahasa asing untuk melakukannya karena itu adalah inti dari jenis usaha rumahan yang satu ini.

  • Potensi : besar dan tidak terbatas karena bisa menjangkau seluruh dunia
  • Modal : internet, komputer, kopi, dan cemilan serta tentunya kemauan untuk mempromosikan diri
  • Lokasi : sudut rumah yang mana saja pun bisa dipergunakan
  • Personil : 1 cukup tapi bisa juga mengajak sanak saudara yang juga bisa berbahasa asing
  • Skill : Kemampuan berbahasa asing

#010 : Menjual e-book online

Menjadi penulis buku cetakan itu susah. Banyak jenjang yang harus dijalani, seperti penerbit yang tentunya berorientasi bisnis. Mereka jelas tidak akan mau menerbitkan sebuah buku yang hanya berisi cerita mengenai pengalaman traveling ke berbagai kota. Kecuali, kalau kita sudah seperti Mbak Trinityatau Raditya Dhika, blogger yang sudah memiliki penggemar sendiri, dan lumayan banyak. Barulah mereka mau untuk menerbitkan beberapa seri bukunya.

Belum lagi kalau topiknya juga tidak tren dan tidak mengundang minat untuk dibaca, seperti blogging atau ngeblog. Jaranglah para penerbit mau mengeluarkan modal untuk mencetak dan kemudian menjualnya.

Tambahkan juga dengan gaya bahasa yang tentunya akan menjadi formal dan kurang sesuai dengan gaya yang kita kehendaki.

Rumit. Dan, panjang urusannya.

Tetapi, kalau Anda memang gemar menulis, sudah punya penggemar sendiri (via blog atau media sosial), mengapa tidak membuat e-book sendiri. Hanya bermodalkan MS Word saja, Anda sudah bisa menghasilkan buku digital sendiri.

Menerbitkannya juga tidak susah. Kalau punya blog, pajang saja cuplikan buku itu di blog dan beri review singkat (semacam spoiler atau trailer film tetapi untuk buku). Kemudian, berikan informasi harganya dan untuk yang berminat membeli, beritahukan nomor rekening untuk ditransfer. Setelah pembayaran diterima, berikan link untuk mendownload e-book atau buku elektronik Anda.

Anda tidak perlu melewati jalur panjang birokrasi di perusahaan penerbit. Anda sudah menjadi penerbit itu sendiri.

Penjualan e-book atau buku digital bukanlah hal baru di luar negeri. Banyak sekali blogger, penulis, dan sastrawan di luar negeri Indonesia yang menggunakan cara ini. Mereka membuat dan kemudian menjual hasil karyanya sendiri lewat internet dan tidak mengeluarkan versi cetaknya.

Perkembangan dunia memang memungkinkan dan di masa depan sistem penjualan hasil karya berupa buku digital akan semakin membesar. Pasarnya terus tumbuh seiring dengan semakin umumnya smartphone di seluruh dunia.

Itulah yang sempat menjadi cara yang dipilih Tere Liye, salah seorang penulis buku Indonesia yang memutuskan untuk menjual karyanya secara online karena kecewa dengan pajak yang ditetapkan pemerintah untuk seorang penulis. Meskipun pada akhirnya ia berencana kembali menerbitkan buku yang dicetak, tetapi langkah yang sempat diambilnya menunjukkan bahwa ia menyadari potensi pasar pembeli e-book.

Bukankah merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang bagus?

Anda tidak perlu bersusah payah datang ke penerbit dan mengemis agar naskah buku yang sudah dikerjakan dengan susah payah diterima dan diterbitkan. Cukup bekerja di rumah yang nyaman, kemudian mengubahnya menjadi file PDF, dan mempromosikannya sendiri secara daring.

Syaratnya Anda harus mampu menulis sesuatu yang menarik minat banyak orang atau sudah punya komunitas penggemar yang rela membayar untuk membaca hasil karya Anda. Dan, tentunya di zaman sekarang hal itu sangat dimungkinkan.

Iya kan?

  • Potensi : Besar dan akan terus membesar di masa yang akan datang
  • Modal : komputer dan internet, serta kopi dan cemilan sebagai teman menulis
  • Lokasi : lebih enak di kamar tidur sambil leyeh-leyeh mendengarkan musik
  • Personil : Anda sendiri sudah cukup
  • Skill : kemampuan menulis dan memasarkan karena akan butuh itu untuk menjual

#011 Menjadi Dropshiper

Tahukan apa itu dropshiper? Peluang usaha rumahan yang potensial sekali loh! Dan, sedang berkembang pesat dimana-mana.

Intinya sama dengan berjualan secara online, tetapi kita sama sekali tidak melakukan pengiriman barang ke pembeli, yang melakukannya adalah pihak lain yang memiliki fisik barangnya.

Cara kerjanya sederhana. Misalkan, Anda via toko online milik sendiri atau marketplace memasarkan sepasang sepatu seharga Rp. 250.000.- rupiah sepasang (nggak mungkin cuma sebelah kan?). Nah, sebenarnya Anda tidak punya sepatu itu dan hanya memotret fotonya dari sebuah suplier sepatu kenalan Anda yang menawarkan harga Rp 150.000.-.

Kemudian ada pembeli, dan setelah uang Anda terima, lalu Anda mengeluarkan instruksi agar si suplier sepatu itu mengirimkan barang itu ke alamat pembeli sepatu. Dan, Anda kemudian membayar Rp. 150.000.- + ongkos kirim via Tiki.

Itu yang disebut metode droshiping dan pelakunya disebut dropshiper. Anda tidak benar-benar membeli fisik sepatu dan pada saat menjual Anda tidak punya barang itu di tangan. Bahkan, sampai barang itu diterima pembeli, bisa jadi Anda tidak pernah menyentuhnya secara fisik.

Mirip dengan agen, tetapi Anda mendapatkan keuntungan dan bukan sekedar komisi saja.

Sebuah peluang usaha rumahan yang potensial bukan? Modalnya adalah komputer, internet, dan alat komunikasi lainnya, seperti WA, BBM, atau Line dan sebagainya. Kemudian, tentunya channel atau jaringan suplier yang mau bekerja sama dengan sistem ini.

Dilakukannya bisa dari rumah saja, atau dimanapun Anda berada. Bisa jadi bahkan, saat Anda nongkrong di toko suplier itu, transaksi bisa terjadi.

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa di beberapa marketplace atau pasar daring besar seperti Lazada atau Tokopedia, sistem dropship ini sering dilakukan banyak penjualnya.

  • Potensi : besar dan akan bertambah besar di masa depan
  • Modal : perangkat komunikasi, smartphone, komputer, dan tentu saja internet. Yang pasti, kenalan dengan suplier barang yang dijual akan sangat menguntungkan
  • Lokasi : Terserah mau dimana saja, tetapi lebih enak di rumah
  • Personil : 1 orang cukup
  • Skill : Negosiasi, memotret produk, dan memasarkan

B) Peluang Usaha Rumahan Konvensional (Umum)

Banyak jenis usaha yang tidak dilirik lagi karena dianggap sudah terlalu umum dan sudah terlalu banyak dijalani oleh orang lain.

Memang betul sesuatu yang sudah biasa dan umum dilakukan tidak akan memberikan keunikan yang bisa mengundang perhatian orang. Tetapi, dari sisi lain, sesuatu yang dilakukan oleh banyak orang biasanya menandakan adanya pasar yang besar. Dan, pasar yang besar itu mencerminkan salah satu poin utama yang harus diperhatikan saat berbisnis karena tanpa pasar pembeli, bisnis sebagus apapun dan modal sebesar apapun akan sia-sia karena tidak ada pembeli.

Menekuni sebuah usaha konvensional juga memberikan kelebihan dimana siapapun bisa meniru dari pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu terjun. Mereka bisa mempelajari kesalahan-kesalahan dan kemudian memperbaikinya.

Butuh juga kreatifitas yang tinggi dan tidak henti untuk bisa memenangkan persaingan dalam hal ini mengingat begitu banyaknya kompetitor.

Beberapa peluang usaha rumahan konvensional ini bukan hanya sekedar ide. Kebanyakan berasal dari pengamatan dalam kehidupan keseharian dan banyak fakta yang menunjukkan bahwa meskipun bukan sesuatu yang istimewa, apa yang dilakukan mampu memberikan pemasukan yang bisa menghidupi sebuah keluarga.

Daftar Ide Peluang Usaha Rumahan Konvensional (Umum)

12. Warung Sayur
13. Warung Sembako/Kelontong
14. Warung Bakso
15. Warung Tegal
16. Angkringan
17. Warung Kopi

#012 Membuka Warung Sayur

peluang usaha rumahan - membuka warung sayur

Sejak kecil kita selalu diajarkan empat sehat lima sempurna dalam hal makanan. Dan, salah satu unsur yang paling ditekankan, bahkan hingga saat ini adalah betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran dalam makanan setiap hari.

Sayuran itu akan memberikan tambahan serat bagi tubuh dan sangat membantu pencernaan dan pembuangan.

Oleh karena itu, dimanapun, ibu-ibu akan selalu memasukkan “sayur” dalam makanan yang dihidangkan untuk keluarga mereka.

Masalahnya, pergi ke supermarket terkadang menyebalkan karena berarti harus menembus kemacetan. Padahal, biasanya jumlah sayur yang dibeli tidak seberapa banyak. Pergi ke pasar, juga belum tentu nyaman dan panas.

Itulah alasan mengapa para ibu lebih suka menunggu tukang sayur keliling atau pergi ke warung sayur terdekat. Jarak tidak jauh, dan harga bisa tawar menawar.
>
Bukankah hal itu menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan juga?

Sediakan saja beberapa rak atau meja di halaman depan rumah dan kemudian isi dengan berbagai sayuran yang biasa dikonsumsi, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, dan wortel. Boleh juga ditambahkan dengan tomat, cabe, atau jenis sayur dan buah apapun yang dipakai untuk memasak.

Hampir pasti, para tetangga yang berada di sekitar warung itu akan datang.

Kunci utama sukses peluang usaha rumahan yang satu ini ada pada kesegaran barang dagangan. Kangkung yang sudah layu sulit laku, tidak beda dengan tomat yang sudah agak lembek. Untuk itulah pemilik warung sayur seperti ini harus mau bangun pagi untuk berbelanja langsung ke pasar induk sayuran terdekat sebelum warung dibuka.

Begitu juga dengan keluwesan dalam bernegosiasi dengan pembeli. Sangat diperlukan mengingat biasanya yang membeli adalah kaum ibu, yang hobi sekali menawar. Penjual jutek sangat tidak diharapkan oleh mereka.

Dan, kalau dikelola dengan baik, peluang usaha rumahan sederhana ini bisa membuat yang punya membeli rumah dan toko. Itulah yang terjadi di kompleks dimana saya tinggal, Bukit Cimanggu City Bogor. Salah satu warung sayur, setelah beberapa tahun membuat pemiliknya bisa membeli rumah dan membangun toko, selain membeli mobil juga. Padahal, dimulai dengan sebuah warung kecil saja.

  • Potensi : tidak besar karena sifatnya lokal, tetapi akan tetap ada mengingat merupakan salah satu makanan pokok
  • Modal : terserah, alias bisa dimulai dengan modal besar atau modal seadanya
  • Lokasi : halaman rumah
  • Skill : kemampuan bernegoasiasi dan memilih sayuran yang segar

#013 Membuka Warung Sembako/Kelontong

peluang usaha rumahan - warung sembako dan kelontong

Dunia persaingannya tinggi karena memang bisa dilakukan oleh semua orang. Semua melihat sebagai salah satu peluang usaha rumahan yang paling bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan tempat tinggal sebagai lahan usahanya.

Tetapi, memang begitulah kenyataannya. Usaha warung berbagai jenis memang jenis bisnis rumahan yang tidak memerlukan terlalu banyak kemampuan khusus selain ketekunan dan kreatifitas sedikit untuk memastikan usaha tersebut tetap hidup.

Persaingannya juga sangat ketat karena dimanapun sudah akan berdiri warung sejenis, baik di dalam kompleks perumahan elit ataupun kampung sekalipun.

Meskipun demikian, usaha warung sembalo atau kelontong tetaplah menarik untuk digeluti karena pasar pembelinya sangat besar.

Sifat bisnisnya sendiri yang tergantung pada jarak membuat setiap warung akan tetap memiliki pelanggan. Apalagi dengan “kemalasan” berjalan orang Indonesia, keberadaan sebuah warung di dekat rumahnya akan membuat warga di sekitar berpaling dari warung yang dulu menjadi langganannya. Kalau ada yang dekat, kenapa harus pergi ke tempat yang jauh.

Yang terpenting adalah memilih berbagai jenis barang yang akan dibeli secara berulang, seperti beras, sabun, sikat gigi, pasta gigi, gula, kopi dan sejenisnya. Bisa dimulai dari kecil saja dan menyediakan barang-barang sederhana dan kemudian dikembangkan dengan berbagai barang lain yang bukan merupakan kebutuhan pokok.

Cukup ubah bagian depan rumah hingga menjadi sebuah toko kecil dengan berbagai rak dan etalase untuk memajang barang dagangan. Mak Anda punya sebuah usaha rumahan sendiri yang bisa memberikan hasil lumayan.

Yang terpenting adalah memastikan bahwa keuangan warung tidak tercampur dengan keuangan rumah tangga. Jangan sampai modal usaha tergerus karena dipakai untuk kebutuhan rumah tangga.

  • Potensi : tergantung pada besar tidaknya sebuah lingkungan, semakin banyak penduduk di wilayah tersebut, semakin besar pangsa pasarnya
  • Modal : Cukup besar untuk mendirikan bangunan, membeli barang dagangan, dan pembuatan rak atau etalase. Tergantung pada berapa banyak yang dijual, stok barang pun membutuhkan dana yang lumayan
  • Lokasi : halaman depan rumah atau bagian rumah yang dirubah
  • Personil : anggota keluarga bisa menjalankannya
  • Skill : tidak ada yang khusus

#014 Membuka Warung Bakso

Peluang Usaha Rumahan Warung Bakso

Pesaingnya banyak. Harganya harus bersaing. Rasanya harus enak supaya diingat. Begitulah ciri khas kompetisi dunia perbaksoan.

Tetapi, karakter pasarnya unik dan sangat besar pastinya. Entah apa sih keistimewaan dari bakso sehingga makanan yang satu ini akan terus diburu oleh banyak orang. Meskipun seseorang sudah mempunyai bakso favorit, ia tidak akan segan untuk terus mencari bakso-bakso lain yang lebih “enak” dan “unik”.

Dari sanalah lahir berbagai jenis bakso baru, seperti Bakso Beranak atau Bakso Boedjangan. Sama-sama tetap bundar dan bulat, tetapi dengan berbagai macam variasi isi dan rasa saja.

Karakter pasarnya yang seperti ini seharusnya bisa menjadi sebuah peluang usaha rumahan yang bila dikelola, memiliki ciri unik, dan rasanya enak akan dicari oleh banyak orang, bahkan dari luar kota.

Tidak peduli apakah tempatnya mewah atau cuma di pinggir got sekalipun, para penggemar bakso akan tetap dengan senang hati melahapnya.

Lalu, mengapa kesempatan ini tidak dimanfaatkan?

Rumah halaman depan atau garasi rumah sedikit. Letakkan beberapa meja dan kursi dari kayu panjang (atau kursi plastik pun jadi). Siapkan konter kecil untuk meracik bakso karena tidak afdol rasanya bagi pembeli untuk tidak melihat saat pesanan mereka diracik.

Sediakan juga minuman karena pasti dibutuhkan setelah menyantap bakso yang dihidangkan.

Pembeli akan selalu ada, baik dari warga yang tinggal di sekitar rumah atau dari luar sekalipun.

Berikan nama yang unik dan juga rasa yang berbeda dan tidak biasa. Bahkan, dengan bakso biasa sekalipun pembeli akan tetap datang, apalagi kemudian kalau diiming-imingi dengan nama unik dan rasa yang juga berbeda.

Sebuah peluang usaha rumahan yang bisa menjadi sebuah bisnis besar. Sudah banyak terbukti di kota Bogor, dimana warung bakso biasanya berawal dari usaha rumahan saja, sebelum kemudian mendirikan cabang dimana-mana. Usaha kecil yang kemudian menjadi bisnis besar.

  • Potensi : Besar, sama besarnya dengan tingkat persaingan
  • Modal : Tidak besar pada awalnya untuk membangun warung dan berbagai perlengkapan standar, seperti meja, kursi, sendok, mangkok, dan kompor
  • Personil : 2-3 orang (untuk memasak dan melayani)
  • Lokasi : Halaman rumah/Garasi
  • Skill : Membuat bakso (jangan membeli yang sudah jadi agar ada cita rasa unik) dan meracik kuah bakso yang segar

#015 Membuka Warteg (Warung Tegal)

Peluang Usaha rumahan - Membuka warung tegal atau warteg

Setiap orang butuh makan. Pasti itu karena kalau tidak, ya mati. Atau setidaknya dimarahi bos karena lemas, terlihat loyo dan tidak bersemangat dalam bekerja.

Itulah alasan mengapa para karyawan biasanya akan segera berduyun-duyun mencari makanan pada saat jam istirahat. Mereka butuh makanan untuk mengisi kembali energi yang terkuras saat jam kerja.

Masalahnya adalah mereka tidak bisa pulang ke rumah dulu untuk makan siang. Mereka harus mencari tempat makan yang terjangkau di sekitar tempat mereka bekerja. Kebanyakan tidak peduli masalah apakah tempatnya nyaman atau tidak, yang terpenting ada nasi dan lauk pauk untuk mengisi perut.

Dan, kebutuhan mereka ini menghadirkan peluang usaha rumahan, yang bisa memberikan penghasilan lumayan, yaitu warteg, atau warung Tegal.

Sebuah usaha menjual makanan yang diidentikkan dengan nama salah satu daerah di Jawa Tengah, Tegal. Dulunya, memang ada sebuah tradisi dari masyarakat disana untuk merantau dan berusaha di bidang makanan. Mereka bekerja sama dengan sesama keluarga atau kenalan untuk bergiliran mengelola warung makanan itu.

Itu dulu.

Sekarang istilah warteg lebih nasional dan diidentikkan dengan warung makanan yang menyediakan pengisi perut untuk kalangan menengah ke bawah. Biasanya harga makanan dan minuman yang dijual disini akan terjangkau oleh semua kalangan.

Makanan yang dijual pun sangat umum, dan mirip sekali dengan makanan yang dimasak di rumah. Oleh karena itulah, masakan seperti sayur asem, sayur lodeh, ikan goreng, dan sejenisnya merupakan salah satu menu utama warteg. Kopi, teh manis, adalah jenis minuman yang selalu ada disana.

Membuka usaha warteg tidak membutuhkan biaya terlalu besar, tetapi kuncinya ada pada masalah pemilihan lokasi. Lokasi yang berada di tempat ramai, seperti perkantoran atau pasar akan memberikan pasar pembeli yang luas. Karena orang-orang yang ada disana memang membutuhkan kehadirannya.

Berbeda bila lokasi berada di tengan perumahan, meskipun memang banyak rumahtangga yang sibuk dan tidak memasak, tetapi potensinya kalah dibandingkan dengan di perkantoran.

Meskipun demikian, usaha warteg dapat dijadikan pilihan karena cukup dengan mendirikan bangunan sederhana, kursi kayu panjang, etalase untuk memajang makanan, piring, gelas, dan tentunya kemampuan memasak , usaha ini bisa dijalankan.

Pemasukan perharinya pun bisa besar.

Hanya, tingkat persaingan pun sangat tinggi, karena banyak sekali orang yang berpikiran sama. Harga, rasa makanan, dan bahkan cantik atau tidaknya yang melayani bisa menjadi pembeda.

Tetapi, kalau ditekuni dengan sungguh-sungguh, peluang usaha rumahan yang satu ini bisa menjadi penghasilan tetap.

  • Potensi : Besar karena setiap orang butuh makan dan pasarnya sangat beragam dan luas
  • Modal : Lumayan besar. Menyewa tempat di lokasi yang ramai dan mendirikan bangunan warung menyita bagian terbesar modal. Selebihnya adalah untuk membeli bahan-bahan yang akan dimasak dan dijual
  • Lokasi : Butuh tempat yang ramai. Wilayah perkantoran atau pasar adalah yang terbaik
  • Personil : 3-4 orang, untuk memasak dan melayani
  • Skill : Memasak

#016 Angkringan

peluang usaha rumahan - angkringan 3

Kredit Foto : bisniswisata.co.id

Setiap orang butuh relaksasi , me time (alias waktu santai), dan jauh dari rutinitas keseharian.Siapapun butuh itu untuk bisa kembali segar untuk menjalani aktifitas di hari biasa.

Kongkow bersama teman atau keluarga sambil menikmati udara malam, minuman hangat, dan cemilan adalah salah satu cara yang umum dilakukan. Murah meriah. Yang penting kegembiraan dan menghirup udara luar menjadi inti dari apa yang ingin mereka lakukan.

Kebutuhan seperti ini menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan baru yang bisa dilakukan dengan modal tidak seberapa besar. Bisa dilakukan di rumah atau juga di lokasi-lokasi umum yang ramai dikunjungi orang.

Bentuknya adalah angkringan.

Model usaha yang satu ini tidak mengandalkan pada kemewahan dan nuansa modern. Justru, sebaliknya nuansa tradisional nan sederhana, dengan gaya seenaknya dan santai menjadi pemikat bagi pencari suasana.

Sulap saja halaman depan rumah dan sediakan beberapa kursi plastik atau tikar yang digelar. Kemudian, sediakan meja kayu untuk memajang makanan ringan/berat tradisional, minuman hangat seperti wedang jahe atau sesuatu yang unik dan berbau tradisional.

Iringi dengan musik tradisional nan lembut.

Lalu, biarkan para pengunjung menikmati segarnya udara malam sambil bercengkerama dengan keluarga atau teman berbincang ngalor ngidul.

Modal untuk usaha ini lumayan besar, tidak berbeda jauh dengan memiliki warung kopi atau warung tegal. Penggunaan peralatan sama dengan yang ada di dapur juga memungkinkan tanpa perlu menambah apapun.

Yang terpenting adalah penciptaan suasana dan sedikit daya tarik khas, seperti gerobak makanan yang unik akan membantu menciptakan nuansa tersendiri.

  • Potensi : Besar terutama di hari libur
  • Modal : Besar kecilnya tergantung pada apa yang mau disajikan dan nuansa yang ingin dihadirkan
  • Lokasi : rumah bisa, tetapi akan lebih baik kalau berada di tempat yang ramai di malam hari
  • Personil : 2-3 orang
  • Skill : Memasak dan melayani pelanggan

#017 Membuka Warung Kopi

peluang usaha rumahan - membuka warung kopi

Ngantuk di siang bolong saat sedang bekerja, kenapa tidak ngopi saja. Entah kandungan apa yang ada di dalamnya, tetapi bahkan sekedar kopi sachetan seharga 1000-1500 rupiah saja bisa merubah suasana dari loyo menjadi “agak” segar dan bertenaga.

Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Mungkin kafein di dalamnya yang memberikan efek kepada jantung dan memacunya sedikit lebih keras membantu memperlancar aliran darah dan menimbulkan efek semangat pada yang meminumnya.

Bukankah sebuah peluang yang bagus untuk dijadikan usaha rumahan? Apalagi kalau lokasi rumah berada di lingkungan padat, dekat sekolah, atau perkantoran.

Pasti banyak sekali orang yang membutuhkan kopi, baik di pagi hari sebelum bekerja atau di siang hari ketika kantuk mulai menyerang.

Tidak perlu kopi mahal, justru malah tidak terjangkau banyak orang. Cukup kopi-kopi murah dalam sachetan atau kopi tubruk yang bisa dijual dengan harga 2000-2500 rupiah per gelas saja. Tambah sedikit dengan makanan kecil seperti gorengan, singkong rebus, atau serabi.

Jadilah warung kopi.

Bukankah peluang usaha rumahan yang bagus? Pembelinya banyak dan dari berbagai kalangan. Modalnya pun tidak besar, cukup beberapa bangku panjang dari kayu dan meja. Tentunya, dengan peralatan makan dan minum seperti gelas, piring, dan sendok tentunya.

Bisnis kecil seperti ini menghasilkan uang, meski tidak raksasa, tetapi jika bisa menjual kopi sebanyak 100 gelas perhari saja, maka bisa didapatkan keuntungan sebesar 100,000 rupiah. Kalau dikalikan 30 hari saja, bisa menyamai Upah Minimum Regional di Jakarta.

Kenapa tidak dicoba? Iya kan.

  • Potensi : Lumayan dan besar ketika berada di lokasi yang dekat dengan perkantoran
  • Modal : Tidak besar. Satu hingga 3 juta rupiah saja sudah cukup untuk mendirikan warung kopi lengkap dengan peralatannya
  • Personil : 1 orang cukup, tetapi 2 lebih baik
  • Lokasi : dimanapun bisa, tetapi memiliki lokasi dekat dengan keramaian, seperti perkantoran bisa sangat menguntungkan bagi bisnis
  • Skill : Tidak ada kemampuan khusus yang diperlukan selain bisa menyeduh kopi

C) Peluang Usaha Rumahan Berbentuk Jasa

Menawarkan jasa sebenarnya adalah sebuah bisnis yang paling mendekati bentuk ideal dari sebuah usaha rumahan. Mayoritas peluang usaha rumahan di bidang ini, tidak memerlukan terlalu banyak modal materi dan sifatnya sangat fleksibel.

Bidang jasa tidak membutuhkan bangunan atau peralatan khusus dan lebih menekankan pada pengetahuan atau kemahiran yang dimiliki seseorang.

Dalam hal penentuan harga sekalipun, karena sifatnya relatif, penjual jasa bisa lebih luwes dalam mengambil marjin profit yang diinginkan. Tidak ada patokan pasti di dalamnya.

Tentang pasar jasa sekalipun, dengan kehadiran internet, bisa dikata hampir tidak terbatas. Jadi, potensinya akan selalu besar dan terus berkembang.

Peluang usaha rumahan bidang jasa tidak terbatas jenisnya, tergantung pada kreativitas individu, semua hal bisa dijadikan bisnis.

Untuk memberikan gambaran tentang berbagai peluang usaha rumahan yang bersifat jasa, silakan lihat daftarnya yang lumayan panjang di bawah ini.

#018 Jasa Cuci Mobil

Peluang Jasa Rumahan - Jasa Cuci Mobil

Tidak terbayangkan bahwa menyediakan jasa cuci mobil sebagai salah satu peluang usaha rumahan yang bisa dikelola? Tidak heran karena kebanyakan orang memandang untuk menjalankan bisnis yang satu ini akan butuh biaya yang sangat besar.

Maklum saja karena yang terbayang di benak adalah jasa cuci mobil steam dengan peralatan yang modern dan ruang tunggu yang nyaman. Dan, kalau memang itu yang terbayang, memang benar sekali bahwa jasa cuci mobil itu akan membutuhkan modal yang besar, selain untuk alat, bangunan, dan peralatan, juga untuk lahan.

Padahal, sebenarnya tidak juga. Usaha jasa cuci mobil tidak perlu selamanya sedemikian mahal. Apalagi, sekarang sudah banyak dijual alat penyemprot air portabel, atau bisa dibawa kesana kemari. Harganya hanya berkisar 1-5 jutaan, tergantung pada ukuran kekuatan semprotnya.

Jadi, tidak besar sebenarnya.

Dengan membeli satu saja, kemudian memanfaatkan lahan di depan rumah, baik rumah sendiri atau rumah si empunya mobil, peluang usaha rumahan ini bisa dijalankan.

Setelah membeli alat itu, promosikan kepada para tetangga bahwa Anda membuka usaha pencucian mobil, dan berikan servis bahwa pencucian bisa dilakukan di rumah sendiri. Sesuatu yang tentu menguntungkan karena si empunya mobil tidak perlu pergi kemana-mana, sesuatu yang kerap membuat malas karena kemacetan dimana-mana. Lalu, berikan harga spesial di bawah harga pasaran jasa pencucian mobil umum.

Iya kan.

Lalu, kenapa tidak bisa dilakukan?

  • Potensi : banyak dan terus membesar karena mobil adalah alat transportasi umum dan dengan alat cuci portabel yang ada, jangkauan pasar bisa diperluas keluar lingkungan tempat tinggal
  • Modal :  Tidak terlalu besar untuk pembelian alat pencuci, perlengkapan mencuci, seperti sabun, semir ban, dan sebagainya
  • Personil : 1-2 orang
  • Skill : tidak butuh keahlian khusus, selain kemauan untuk menjadi basah, yang akan sulit terhindarkan.

#019 Jasa Penyewaan/Rental Mobil

Peluang jasa rumahan - jasa rental mobil

Peluang jasa rumahan yang satu ini tidak sesuai dengan kebanyakan bisnis rumahan lainnya yang bermodal kecil. Jasa rental mobil sangat padat modal karena memang akan butuh jumlah uang yang besar untuk dinvestasikan.

Tentu akan butuh modal besar karena harga mobil tidak murah. Bahkan untuk kelas mobil bekas sekalipun puluhan juta rupiah harus dikeluarkan sebagai modal awal, apalagi kalau baru, angkanya bisa membengkak sampai mencapai ratusan juta rupiah.

Tetapi, jika Anda memiliki tabungan cukup untuk itu, kenapa tidak.

Tidak semua orang memiliki kendaraan roda empat ini, padahal terkadang ada keperluan untuk pergi berwisata atau ke kondangan bersama, dan mobil sangat dibutuhkan untuk mengangkut semua orang. Belum lagi kalau masalah status, dimana banyak orang memandang bahwa mobil akan memberikan kesan tentang keberhasilan seseorang, dan mungkin sangat bermanfaat dalam dunia bisnis.

Intinya, kebutuhan akan mobil yang bisa disewa itu banyak dan tentunya bisa dijadikan sebagai sebuah lahan bisnis untuk mendapatkan uang, baik sebagai tambahan atau sebagai penghasilan utama.

Beli 1 atau 2 mobil tambahan, kemudian beritahukan pada warga sekitar, atau via internet bahwa Anda menyediakan jasa rental mobil. Selesai, Anda tinggal menunggu sambil merawat mobil yang akan disewakan.

Masalahnya akan ada pada masalah penyimpanan karena berarti butuh garasi, juga perawatan, pembayaran pajak, dan tentunya resiko terkena kejahatan seperti perampasan mobil. Hal ini harus dihadapi kalau ingin suskes merubah peluang usaha rumahan yang satu ini menjadi bisnis yang menguntungkan.

  • Potensi : besar karena kebutuhan akan terus bertumbuh setiap tahunnya
  • Modal : sangat besar untuk pembelian mobil dan perawatan mobil
  • Personil : 1 orang cukup untuk mendata dan menerima uang pembayaran
  • Skill : tidak ada yang khusus selain bernegosiasi dan menilai karakter calon penyewa

#020 Jasa pijat

peluang jasa rumahan - jasa pijat dan urut A

Punya jempol kuat? Punya pengetahuan untuk menelusuri urat-urat yang tegang? Stamina kuat? Tahu titik-titik syaraf?

Kenapa tidak menyediakan jasa pijat saja?

Pasar untuk peluang usaha rumahan ini besar sekali. Bukan hanya berada di lingkungan rumah saja, tetapi bahkan bisa ke seluruh kota dimana Anda tinggal, kalau pijatan Anda sudah terkenal enak.

Apalagi sekarang ada aplikasi GO-MASSAGE untuk memanggil pemijat dari rumah ke rumah.

Bayarannya pun termasuk lumayan besar antara Rp. 50 ribu – 150 ribu, tergantung pada negosiasi dan harga pasaran yang berlaku. Itu belum ditambah tip yang biasa diberikan konsumen yang puas.

Dalam sehari rata-rata seorang pemijat bisa menangani 4-5 orang yang berarti pemasukan bisa mencapai 250-500 ribu. Sebuah angka yang tentunya akan membuat banyak buruh iri. Pekerjaannya pun tidak full time karena rata-rata pijatan dilakukan selama 45 menit – 1 setengah jam saja.

Tidak butuh modal besar karena tidak butuh tempat dan peralatan, selain minyak untuk memijat dan ongkos ke tempat yang mau dipijat saja. Peluang usaha rumahan yang satu ini benar-benar mengandalkan keahlian saja.

Bisa juga membuka jasa pijat di rumah sendiri untuk menampung konsumen yang berada di lingkungan sendiri.

  • Potensi : Besar dan terus berulang. Orang yang merasa pegal karena capek bekerja akan selalu ada setiap harinya
  • Modal : Tipis alias minim
  • Lokasi : Dimana saja, termasuk di rumah
  • Skill : Bisa memijat/mengurut dan tahu bagaimana melemaskan otot yang tegang

#021 Laundry

peluang usaha rumahan - laundry A

Sibuk adalah kata utama yang mencerminkan kehidupan masyarakat di zaman now seperti sekarang. Suami sibuk bekerja mencari nafkah di kantor. Istri, sibuk juga pergi ke kantor juga atau bersosialisasi bersama sosialita lainnya. Anak-anak sibuk berorganisasi di sekolah atau bermain bersama teman.

Sibuk adalah tema yang menjadi ciri banyak keluarga di zaman modern ini.

Sibuk juga yang menghasilkan tumpukan pakaian kotor yang belum dicuci di salah satu sudut ruangan rumah. Bagaimana tidak, semua sibuk dan tidak punya waktu, lalu siapa yang harus mencuci pakaian. Walaupun Rinso di iklannya digambarkan bisa mencuci sendiri, tetapi sebenarnya tidak demikian. Itu hanya hiperbola dan penggambaran saja. Tidak benar-benar mencuci pakaian apapun.

Tetap saja butuh seseorang untuk mencucinya supaya bisa kembali bersih dan dipakai.

Jadi siapa yang harus mencucinya kalau semua di rumah sibuk?

Mudah saja. Suruh orang lain saja yang mengerjakan, entah si mbok asisten rumahtangga, atau kirim saja ke laundry saja. Lebih baik begitu dan biarkan si mbok memasak makanan saja.

Paling tidak begitulah pemikiran banyak orang di masa sekarang. Sebuah pemikiran yang membuat bisnis jasa laundry, pencucian dan setrika menjadi semakin populer.

Sebuah ruangan di bagian belakang rumah bisa menjadi tempat meletakkan beberapa mesin cuci dan pengering baju. Dan, kemudian ruang tengah bisa diubah menjadir ruang setrika. Bagian depan rumah bisa diubah menjadi ruang penerimaan dengan meletakkan sebuah meja.

Prospeknya sangat besar melihat kecenderungan dan karakter masyarakat di masa sekarang ini yang tidak mau repot dan capek untuk urusan-urusan kecil seperti ini. Terutama, jika rumah Anda berlokasi di kawasan perumahan menengah ke atas yang penghuninya kadang terlalu takut kukunya patah saat mencuci. Peluang usaha rumahan ini akan memiliki prospek yang sangat bagus.

Yang diperlukan adalah promosi yang gencar ke seluruh perumahan agar Anda lebih dikenal. Penyediaan jasa antar pakaian yang sudah selesai akan merupakan nilai plus.

Modalnya sendiri, agak lumayan karena pembelian mesin cuci dan alat setrika uap untuk bisnis landry tidak terlalu murah. Tetapi, volume bisnis ini sangat besar dan menjanjikan keuntungan, meski pada tahap awalnya akan terasa berat.

  • Potensi : besar dan terus membesar karena perubahan kebiasaan dan kehidupan masyarakat
  • Modal : Besar untuk pembelian peralatan pencucian dan setrika, ditambah dengan biaya listrik dan air setiap harinya
  • Personil : 4-5 orang untuk mencuci dan menyetrika, dan/ atau mengirimkan hasil laundry ke pelanggan
  • Lokasi : rumah saja.. meski sebagian besar ruangan sudah pasti akan terpakai untuk menyediakan jasa, tetapi bisa menghemat uang sewa
  • Skill : kemampuan menyetrika yang baik akan menjadi kunci karena sedikit kusut saja bisa menyebabkan pelanggan merasa tidak puas. Sedang untuk pencucian karena menggunakan mesin tidak butuh terlalu banyak skill

#022 Jasa Penyewaan Pakaian Tradisional

Pakaian tradisional pun bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan

Tahu susahnya mencari beskap, blangkon, kemben, atau pakaian tradisional lain? Sebagai orangtua dari seorang anak ABG, saya sangat tahu betapa sulitnya menemukan tempat yang menyewakan pakaian adat seperti itu.

Kalau membeli, sangat tidak efisien, karena biasanya hanya dipakai 1-2 kali saja, terutama di saat ada acara-acara khusus, seperti Hari Kartini atau pernikahan. Tidak pernah sering.

Rasanya sayang sekali kalau harus mengeluarkan uang hanya untuk sesuatu yang tidak sering dipergunakan.

Untungnya, ternyata ada tempat yang menyediakannya, itu pun sisanya tidak banyak karena yang berpikiran sama juga banyak dan mereka sudah lebih dulu datang.

Dan, tempat penyewaannya pun hanya sebuah rumah saja bukan tempat khusus atau toko. Sebuah rumah biasa di wilayah perkampungan.

Sebuah peluang usaha rumahan bukan?

Memang, sepertinya tidak banyak yang membutuhkan, tetapi sebenarnya tidak. Semakin sedikit orang yang mau menyimpan pakaian adat tradisional di rumah dan mereka lebih suka menyewa saja jika butuh. Pasarnya lumayan besar karena banyak sekali acara adat yang membutuhkan baju atau kain tradisional setiap tahunnya.

Dan, tentunya tidak membutuhkan tempat khusus. Rumah pun bisa tempat bisnis dijalankan. Yang terpenting adalah dengan melakukan promosi, baik lewat internet atau dari mulut ke mulut. Penyewa akan datang sendiri.

Maukah Anda menjalankannya?

  • Potensi : Lumayan besar karena akan dibutuhkan oleh banyak orang dan minim saingan
  • Modal : Lumayan untuk membeli atau membuat pakaian tradisional yang harganya di atas rata-rata harga pakaian umum
  • Personil : satu saja cukup, bisa dijalankan oleh istri jika ia tidak bekerja
  • Skill : tidak diperlukan keahlian khusus, tetapi pengetahuan tentang tata cara pemakaiannya akan sangat bermanfaat

#023 Jasa Penyewaan Baju Pengantin

peluang usaha rumahan - jasa penyewaan baju pengantin A

Pernikahan itu adalah acara spesial, sangat spesial bahkan. Semua orang ingin tampil sempurna dalam semua hal, termasuk dalam pakaiannya.

Jarang sekali ada orang yang mau tampil apa adanya saat hari istimewa tersebut. Mereka selalu ingin jadi raja dan ratu dalam sehari. Para pengantin dan keluarganya pun ingin tampil istimewa dalam balutan pakaian yang juga istimewa.

Keinginan itulah yang melahirkan sebuah peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan, dalam bentuk penyewaan jasa baju pengantin.

Sewa? Ya. Karena biasanya baju pengantin diharapkan hanya akan dipakai sekali seumur hidup. Oleh karena itu, jarang sekali yang mau membeli atau membuatnya secara khusus. Untuk apa, biayanya lebih besar. Kecuali, orang itu kaya sekali, baju pengantin biasanya merupakan baju sewaan saja.

Dan, Anda pun bisa menjadi penyedia jasa tersebut.

Tidak perlu membuka toko, cukup dengan memasukkan beberapa rak atau lemari penyimpanan untuk berbagai baju pengantin yang akan disewakan. Sediakan beberapa jenis baju pengantin sesuai adat yang dipakai, seperti Sunda, Jawa, atau Modern. Masing-masing akan memiliki pasarnya sendiri.

Sediakan pula seragam-seragam bagi para pengiring pengantin dan keluarga karena biasanya mereka ingin dibedakan dari para tamu. Pada hari itu, mereka butuh sesuatu yang spesial karena merekalah keluarga dari “raja dan ratu” yang sedang berbahagia.

Modalnya tidak murah juga karena sepasang baju pengantin, pria dan wanita bisa mencapai harga jutaan. Tetapi, karena bisa dipergunakan berulangkali, pada akhirnya ongkos pembuatan akan kembali juga.

Biasanya penyedia jasa pakaian pengantin akan bekerja sama dengan penata rias, wedding organizer, sehingga para calon pengantin akan diarahkan kepada penyedia jasa yang ada dalam daftar.

Pasarnya sendiri banyak dan luas karena setiap orang akan menikah suatu hari. Semakin membesar ketika kebiasaan membuat foto prewedding lahir. Penyedia jasa sewa pakaian pengantin bisa menyediakan juga pakaian untuk pemotretan.

  • Potensi : besar karena setiap orang akan menikah setiap tahunnya
  • Modal : besar untuk membuat koleksi pakaian pengantin, karena semakin lengkap koleksinya, maka semakin besar pula kemungkinan jasa mereka dipergunakan
  • Personil : 2-43orang anggota keluarga
  • Lokasi : rumah saja bisa, bahkan tanpa merubah tata letak dan bentuk
  • Skill : pengetahuan tentang tata cara dan adat istiadat pernikahan akan sangat dibutuhkan

#024 Jasa Service Komputer

Peluang usaha rumahan - Jasa Service Komputer

Sama seperti manusia, komputer juga harus dirawat. Sayangnya kebanyakan orang hanya tahu memakainya tetapi tidak tahu cara merawatnya. Tidak jarang ditemukan bekas makanan terselip di antara huruf-huruf di keyboard. Sering juga kipas di dalam komputer atau notebook tertutup dengan debu.

Hasilnya, banyak sekali kejadian komputer tidak berfungsi karena kotor. Belum ditambah dengan berbagai kerusakan lainnya.

Bagi yang gemar bongkar pasang komputer tentunya hal ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk bisa menghasilkan uang. Siapapun selama mengerti tentang cara memperbaiki komputer akan bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha rumahan.

Ia bisa menerima jasa service komputer di rumahnya.

Pengerjaannya tidak membutuhkan ruang yang banyak. Bahkan, banyak ahli reparasi komputer melakukannya di ruang tamu rumah atau di dalam kamar.

Tidak banyak juga peralatan yang diperlukan selain obeng (dalam berbagai jenis), pembersih, testpen, dan beberapa peralatan kecil lainnya. Modalnya tidak besar untuk membelinya.

Kalaupun nanti ada bagian yang rusak, ia cukup memberitahukan kepada pengguna jasa bahwa bagian itu harus diganti dan memberitahukan harganya.

Biaya perawatan pun lumayan memberikan untung. Tergantung kerusakannya, biaya rata-rata jasa perbaikan komputer (tanpa mengganti spare part) antara Rp. 75.000-250.000. Sebuah angka yang lumayan sekali.

Dalam sehari, terkadang bisa 3-4 komputer yang harus diservice atau diperbaiki. Bisa bayangkan pendapatannya kalau usaha rumahan ini berjalan dengan baik?

Pasar pengguna jasa? Sekarang sudah zamannya komputer dan hampir setiap rumahtangga paling tidak memiliki satu unit komputer. Jadi, pengguna jasa hampir bisa dipastikan selalu ada. Apalagi kalau sudah punya nama, pengguna jasa bisa datang darimana saja.

Bisa juga menerima panggilan untuk perbaikan komputer di tempat pengguna jasa, yang tentunya harganya akan berbeda pula.

Berani mencoba yang satu ini?

  • Potensi : Besar dan rutin
  • Modal : Tidak besar karena hanya untuk membeli berbagai peralatan untuk melakukan perbaikan
  • Lokasi : Bisa di rumah sendiri atau menerima panggilan
  • Personil : 1 orang saja cukup
  • Skill : Pengetahuan tentang komputer, seperti menginstall software, atau memperbaiki hardware adalah keharusan

#025 Jasa Bengkel Motor

Peluang usaha rumahan - bengkel motor A

Tahukah Anda bahwa jumlah sepeda motor di Indonesia mendekati angka 100 juta unit dan setiap tahunnya bertambah kurang lebih 6 juta? Dan, itu adalah jumlah yang aktif.

Berapa kira-kira sepeda motor yang ada di lingkungan Anda?

Bukankah mereka butuh dirawat dan diservice juga supaya bisa tetap beroperasi dengan baik? Dan, itulah mengapa semua outlet service resmin baik Honda, Yamaha, dan Suzuki, meskipun jumlahnya sudah banyak, tetap akan menghadapi antrian panjang. Jumlah yang diservice dengan tenaga yang tersedia tidak seimbang.

Dan, hal itu membuat timbul sebuah peluang usaha rumahan, yaitu bengkel service motor.

Memang, bukan sebuah jenis usaha rumahan yang disukai tetangga karena seperti layaknya bengkel-benglek lain, pasti agak berisik. Tetapi, pada kenyataannya, banyak juga yang bisa menerima kehadiran bengkel seperti ini ada di lingkungan.

Syaratnya, Anda harus mengerti tentang seluk beluk sepeda motor dan bisa memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak. Paham tentang gejala kerusakan yang ada dan bisa menemukan sumbernya.

Modal yang diperlukan tidak terlalu besar pada awalnya karena hanya untuk membeli perlengkapan mekanik yang diperlukan untuk mengutak-atik. Spare part sendiri tidak perlu disediakan, kalau memang belum ada dana, dan bisa dibeli berdasarkan kebutuhan di toko onderdil terdekat saat diperlukan.

Ruang kerja, bisa dilakukan di halaman depan rumah saja dan untuk menghindari kebisingan, saat mengetes motor setelah diperbaiki, bisa dilakukan di luar lingkungan.

Harga jasanya pun lumayan, karena setiap jenis kerusahan akan memiliki harga yang berbeda. Pengguna jasanya pun banyak karena banyak sekali yang malas pergi ke bengkel resmi.

  • Modal : 1-5 juta untuk membeli perlengkapan mekanik
  • Potensi : Besar, apalagi jika lokasi rumah berada di pinggir jalan raya yang sibuk
  • Lokasi : berada di pinggir jalan raya akan sangat menguntungkan
  • Skill : pengetahuan tentang sepeda motor, gejala kerusakan, dan cara menggantinya adalah mutlak diperlukan
  • Personil : 1-2 orang

#026 Jasa Bengkel Mobil

peluang usaha rumahan - bengkel mobil A

Pasarnya tidak sebanyak sepeda motor dimanapun. Tetapi, harga jasanya jelas lebih tinggi karena kerumitan dalam melakukannya lebih tinggi, dan bagian yang harus ditangani lebih banyak.

Peluang usaha rumahan yang satu ini juga sangat besar karena jumlah mobil yan terus bertambah setiap tahunnya. Bukan hanya yang ada di lingkungan sekitar saja yang menjadi calon pengguna jasa, tetapi bila keahlian kita sudah dikenal baik, tidak sedikit orang yang rela datang untuk memperbaiki kendaraannya.

Perlengkapan mekanik adalah dasarnya dan pengetahuan tentang bagian-bagian dari sebuah mobil mutlak diperlukan. Lokasi pengerjaan tidak terlalu kaku dan bisa dilakukan di halaman depan atau di garasi.

Kalau ditambah dengan menyediakan jasa panggilan, alias pengerjaan perbaikan di rumah empunya mobil, jangkauan bengkel service mobil Anda bisa memperluas pasarnya.

Masalah spare part tidak berbeda dengan bengkel sepeda motor, dimana suku cadang itu bisa dibeli setelah melihat kerusakan yang ada ke toko onderdil terdekat.

  • Modal : per;engkapan mekanik yang tidak berbeda jauh dengan yang dipakai bengkel sepeda motor
  • Potensi : tidak banyak, tetapi harga jasa lebih tinggi
  • Lokasi : bisa di rumah atau di tempat pengguna jasa yang membutuhkan
  • Skill : mengerti tentang mesin mobil dan segala seluk beluknya serta mampu memperbaikinya
  • Personil : 1-2 orang

#027 Tukang Cukur

peluang usaha rumahan - tukang cukur A

Rambut itu bagian tubuh manusia yang akan bertambah panjang setiap harinya. Tentunya kalau dibiarkan bisa mengganggu dan membuat penampilan tidak terlalu enak untuk dilihat.

Dan, ada beberapa bagian tubuh manusia yang berambut, tetapi paling tidak yang berada di bagian kepala manusia adalah yang paling penting untuk dirawat, dipotong, dan dirapihkan, yaitu rambut, kumis, dan jenggot.

Biasanya, kalau kumis perawatan bisa dilakukan sendiri, tetapi rambut dan jenggot akan memerlukan bantuan orang lain. Sulit melakukannya sendiri.

Itulah mengapa peluang usaha rumahan yang ini berkaitan dengan rambut manusia, yaitu tukang cukur.

Secara potensi pasar, bisa dikata tidak terbatas dan rutin sekali. Paling tidak setiap bulan, seorang lelaki biasanya harus sudah merapikan rambutnya yang mulai gondrong. Semua laki-laki akan memerlukannya, baik masih kecil sekalipun atau sudah tua, mereka akan pergi ke tukang cukur rambut secara berkala.

Jadi, tidak ada masalah ketersediaan pasar.

Tempat pun seharusnya bukan masalah karena biasanya para pria tidak peduli dengan terlalu banyak hal. Yang terpenting adalah rambut mereka rapi lagi dan istri atau boss tidak akan bawel melihatnya. Sebuah ruang kecil di dalam rumah bisa disulap menjadi area pemotongan rambut.

Sebuah kursi untuk duduk bagi yang mau dicukur, tambahkan cermin, dan pekerjaan ini bisa langsung dijalani.

Tentu saja, untuk bisa mengerjakannya, keahlian untuk memotong rambut dan jenggot diperlukan. Sebaiknya ikut pelatihan tata rambut.

Biaya pemotongan pun tidak terlalu rendah dan biasanya berkisar antara Rp. 15.000 – 25.000 per orang. Dalam sehari tentunya seorang tukang cukur rambut bisa memangkas paling tidak 5-10 orang dan berarti pemasukan akan lumayan. Pada akhir pekan, jumlah biasanya akan meningkat.

Pasar pertama pun tidak ada masalah karena lingkungan di sekitar rumah sudah pasti akan ada kaum prianya. Dan, mereka pasti akan butuh tukang cukur rambut untuk merapikan rambut mereka.

Jadi, kenapa tidak?

  • Potensi : Rutin dan selalu ada. Banyak tidaknya tergantung lingkungan sekitar
  • Modal : Tidak besar untuk membeli kursi potong, cermin, dan peralatan mencukur
  • Lokasi : satu ruangan di rumah bisa diubah menjadi ruang pencukuran
  • Personil : 1 orang cukup
  • Skill : Harus bisa memotong rambut

#028 Bengkel Tambal Ban

Peluang usaha rumahan - bengkel tambal ban

Tidak akan banyak yang berminat untuk menekuni peluang usaha rumahan yang ini. Kotor dan tidak elit, bagi banyak orang. Tetapi, tanpa kehadirannya  banyak orang harus berkeringat mendorong sepeda motor atau mobil dengan ban kempes.

Bengkel tambal ban namanya.

Sebuah kompresor untuk memompa angin ke dalam ban dan keahlian untuk membongkar pasang ban motor dan mobil adalah keharusan dalam usaha ini.

Pemasukannya sendiri memang tergantung “nasib” apakah ada yang kempes bannya atau tidak, tetapi tidak bisa disepelekan mengingat begitu banyaknya kendaraan yang lalu lalang setiap harinya.

Jika untuk memompa ban saja, yang tidak memakan waktu lebih dari 5 menit, uang yang diterima antara 1000-2000 rupiah saja, bayangkan kalau yang memerlukan jasanya mencapai 50-100 orang perhari. Biayanya tentu berbeda kalau untuk menambal ban yang bocor.

Pemasukan bisa bertambah jika ada ban alam yang perlu diganti, dimana si pemilik bengkel bisa menambahkan keuntungan yang diinginkan.

  • Potensi : Lumayan karena jumlah kendaraan yang begitu banyak
  • Modal : Lumayan besar untuk membeli peralatan, terutama kompresor angin
  • Lokasi : Berada di jalur lalu lintas yang ramai bisa dikata keharusan karena sifat kebutuhannya insidentil
  • Skill : membongkar pasang ban motor dan mobil merupakan keharusan

#029 Menyediakan Bimbingan Belajar Privat

peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan hanya butuh modal kecil saja B

Kata siapa guru selalu bergaji kecil dan tidak dihargai? Kalau guru honorer memang demikian, karena statusnya tidak tetap dan dibayar sesuai dengan budget yang tersedia.

Tetapi tidak demikian dengan guru privat, terutama yang membantu anak untuk belajar beberapa mata pelajaran yang memusingkan, seperti Fisika, Matematika, Kimia dan Bahasa Inggris, tidak jarang bergelimang uang. Bayarannya besar dan sering dihitung perjam.

Semakin dipercaya, maka semakin besar tarifnya. Bisa mencapai Rp. 250-500 ribu per jam mengajarnya.

Kakak saya sendiri adalah seorang guru yang menyediakan bimbingan belajar privat. Dan, penghasilannya bisa 2-3 kali lipat gaji bulanan saya.

Apalagi, pasarnya akan selalu ada mengingat semakin kerasnya kompetisi di dunia pendidikan membuat para orangtua merasa belajar di sekolah saja tidak cukup untuk sang anak. Oleh karenanya mereka tidak segan menggelontorkan lagi dana besar untuk memastikan sang buah hati mendapat yang terbaik dalam hal pendidikan.

Dan, itu semua terjadi di semua level pendidikan, mulai dari SD,SMP, dan SMA. Bisa bayangkan berapa banyak potensinya.

Jadi, kenapa tidak menjadi guru bimbingan belajar privat saja? Pelajaran yang biasanya diajarkan dalam hal ini biasanya juga sudah kita dapatkan di SMA atau bangku kuliah, atau bisa juga kita pelajari kembali. Jadi, dengan sedikit ketekunan, peluang usaha rumahan yang satu ini bisa dijalankan oleh semua orang.

  • Potensi : Susah menghitungnya karena ada jutaan siswa SD/SMP/dan SMA , besar sekali
  • Modal : Kecil karena mengandalkan kemauan dan pengetahuan, tetapi kalau ada modal untuk membeli sepeda motor lebih bagus karena bisa mengurangi ongkos
  • Lokasi : mau di rumah sendiri bisa , tidak masalah. Cukup siapkan satu ruang khusus untuk mengajar. Bisa juga di rumah si anak didik dan kita hanya menunggu  panggilan saja
  • Personil : 1 orang cukup tapi kalau sudah berkembang bisa merekrut lebih banyak orang lagi
  • Skill : pengetahuan tentang pelajaran yang diajarkan

#030 Membuka Kelas Bimbingan Belajar

Ubah sebuah ruang di rumah, masukkan whiteboard, sediakan beberapa kursi, atau gelar karpet, dan kemudian Anda menjadi gurunya. Lalu bujuk dan beritahukan kepada para tetangga bahwa Anda bersedia memberi bimbingan belajar kepada anak-anak mereka.

Dan, Anda sudah punya sebuah bimbingan belajar.

Kenapa tidak? Peluang usaha rumahan yang satu ini mungkin dipandang kurang menguntungkan, tetapi semakin hari semakin banyak orangtua yang harus bekerja mencari nafkah. Hasilnya mereka kerap kesulitan dalam hal waktu untuk membantu dan menemani anak-anak mereka belajar.

Lalu, mengapa tidak Anda sediakan itu? Anda bisa menggantikan sebagian peran mereka untuk menemani dan membimbing anak-anak itu untuk menjadi lebih berprestasi di sekolah.

Tentunya dalam konteks tidak gratis. Berikan saja harga khusus bagi mereka.

Bila ternyata anak-anak itu kemudian mendapatkan peringkat bagus di sekolah, maka para orangtua itu tentu tidak akan segan merekomendasikan kepada kenalan mereka agar menitipkan juga anak di bimbingan belajar Anda.

Dan, bisnis rumahan ini bisa berubah menjadi besar kalau ditangani secara serius.

  • Potensi : lumayan dan bisa menjadi besar tergantung pada hasil bimbingan yang Anda berikan
  • Modal : Lumayan karena butuh biaya awal untuk merubah ruang di rumah menjadi kelas, belanja beberapa peralatan kelas lainnya. Mulai dengan Anda sebagai guru saja dengan begitu tidak perlu mengupah orang lain
  • Lokasi : di rumah saja
  • Personil : satu orang sebagai guru dan 1 orang sebagai administrasi
  • Skill : pengetahuan tentang pelajaran di sekolah

#031 Mengajar Bahasa Asing Secara Privat

Peluang Jasa Rumahan - Mengajar Bahasa Asing Secara Privat

Globalisasi adalah kata yang mewakili prediksi tentang masa depan dunia. Saat itu batas-batas negara yang ada saat ini perlahan akan menghilang dan dunia menjadi satu kesatuan yang besar dan terdiri dari berbagai macam bangsa dan bahasa.

Di masa depan pula, diprediksi bahwa persaingan ketat dalam memperebutkan pekerjaan menjadi salah satu hal yang akan terjadi. Orang Indonesia dan orang Malaysia bisa saja berebut sebuah pekerjaan yang sama. Siapa yang memiliki kemampuan terbaik, merekalah yang akan berhasil.

Berdasarkan pemikiran seperti itulah, sejak beberapa tahun belakangan ini, di Indonesia belajar bahasa asing menjadi tren. Mau tidak mau, mampu berbicara dalam bahasa asing akan menjadi satu kelebihan yang akan selalu dipertimbangkan untuk mempekerjakan seseorang. Seorang calon karyawan yang bisa berbahasa Inggris akan mendapatkan penilaian tambahan dibandingkan yang tidak.

Tren ini dipandang akan terus tumbuh di masa depan.

Sesuatu yang membuka peluang bagi siapa saja yang mampu berbahasa asing untuk mendapatkan penghasilan. Tanpa perlu memiliki tempat khusus sekalipun ia bisa menggunakan kemampuannya berbahasa asing untuk ditukar dengan uang, dengan jalan mengajarkannya kepada mereka yang berminat dan membutuhkan.

Bayarannya tidak main-main. Seorang yang benar-benar mahir berbahasa asing dan bisa mengajar secara privat bisa mendapatkan Rp. 250-500 ribu setiap jamnya. Sebuah angka yang sangat besar dan jelas lebih tinggi dari UMR di Jakarta.

Tempatnya pengajarannya sendiri bisa dipilih, mau di rumah yang diajar, atau di rumah pengajar. Tidak perlu banyak peralatan dan bisa dengan sekedar menyediakan whiteboard dan spidol saja karena kuncinya ada pada kemampuan berbahasa asingnya itu. Bukan pada fasilitas.

Bahkan, kalau sudah dikenal sebagai guru privat bahasa asing yang sudah punya nama, tidak peduli berantakannya rumah yang Anda miliki, murid atau yang minta diajar akan tetap datang.

  • Potensi : Besar dan Luas karena semakin banyak orang yang ingin bisa berbahasa asing
  • Modal : Kemampuan berbahasa asing, secara materi, tidak perlu ada modal lain bahkan untuk membeli perlengkapan mengajarpun sering tidak perlu
  • Personil : 1 orang
  • Skill : Harus mampu dan mahir dalam berbahasa asing dan bisa mengajar

#032 Membuka Kursus Bahasa Asing

peluang usaha rumahan - membuka kursus bahasa asing

Kebutuhan akan kemampuan berbahasa asing di zaman sekarang meningkat drastis seiring dengan globalisasi yang perlahan tetapi pasti mulai mewarnai kehidupan di dunia. Interaksi antar orang berlainan bangsa semakin intens dan sering terjadi.

Perjalanan ke luar negeri juga semakin sering dilakukan orang Indonesia, baik untuk berwisata atau untuk urusan dinas. Mau tidak mau penggunaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris akan diperlukan untuk memastikan kelancarannya.

Situasi yang seperti ini akan sangat menguntungkan sekali bagi mereka yang bisa berbahasa asing. Satu saja bahasa asing yang dikuasai akan memberikan kesempatan untuk bisa meraup uang dengan menjual kemampuannya berbahasa asing tersebut.

Caranya sederhana. Dengan merubah salah satu ruangan di rumah menjadi ruang kelas dan diisi dengan kursi dan whiteboard saja, maka mereka sudah bisa memiliki kursus bahasa asing sendiri.

Pangsa pasarnya pun luas. Pada awalnya mungkin hanya berkisar pada orang-orang yang tinggal di lingkungan yang sama, tetapi secara perlahan ketika sudah berkembang dan punya nama, kursus itu bisa menarik minat orang-orang yang bahkan berada di luar lingkungan tersebut.

Bayarannya pun lumayan mahal karena tingkat persaingannya bisa dikata tidak terlalu besar dibandingkan dengan peminatnya.

Harga yang bersaing akan menjadi penarik minat, tetapi titik kuncinya terletak pada pengajaran yang dilakukan. Pembuatan modul pengajaran pun akan dibutuhkan.

  • Potensi : Besar dan terus berkembang
  • Modal : Lumayan besar untuk merubah ruang di rumah menjadi kelas dengan perlengkapannya.
  • Personil : 1 saja sudah cukup
  • Skill : kemampuan menguasai salah satu bahasa asing dan bisa mengajar

#033 Membuka Kursus Komputer

Mampu mengoperasikan komputer adalah salah satu kemampuan yang selalu diharapkan dari pelamar kerja dimanapun. Mau tidak mau perkembangan zaman dewasa ini memang menuntut para karyawannya untuk mampu memakai berbagai program utama sebuah komputer, seperti Excel, Word, atau E-mail.

Kebutuhan yang selalu dibutuhkan pasar tenaga kerja ini menghadirkan peluang usaha rumahan yang cukup lumayan karena di Indonesia puluhan juta orang masih buta komputer.

Cukup dengan mengubah ruang tamu di rumah dan kemudian beli beberapa desktop computer, atau komputer meja, dan siapkan sebuah whiteboard untuk menjelaskan teori pengoperasian komputer.

Jadilah, Anda punya sebuah kursus komputer mini.

Jangan pernah takut bahwa tidak akan ada murid yang mendaftar. Pengalaman selama ini, terutama saat membuka kelas blog di lingkungan sekitar, ternyata mereka yang bahkan terlihat modern sekalipun ternyata banyak sekali yang masih gaptek (gagap teknologi) dan terlihat bingung saat memakai komputer.

Belum ditambah anak-anak yang tentunya bisa dijadikan pasar bagi jasa pendidikan komputer seperti ini. Bila diimbangi dengan hasil yang bagus, bukan tidak mungkin peluang usaha rumahan yang satu ini bisa berkembang dan menjadi kursus komputer terkenal dimanapun.

Kalau ditambah Anda membuatkan sedikit modul spesial, seperti mengoperasikan Autocad dan lainnya, sebuah kursus komputer kecil bisa menjadi sumber nafkah bagi keluarga.

Potensi : besar karena banyaknya orang di sekitar kita yang ternyata belum bisa mengoperasikan komputer

  • Modal : Agak besar untuk membeli perangkat komputer dan untuk biaya pengoperasiannya (listrik)
  • Lokasi : ruang tamu bisa dijadikan kelas pengajaran
  • Personil : satu cukup, 2 lebih baik
  • Skill : Menguasai beberapa program dasar / umum komputer dan bisa menjelaskan dengan baik

#034 membuka Warnet (Warung Internet) + Game Online

Bisnis Warnet mati karena sejak hadirnya smartphone? Kata siapa? Berkurang iya, tetapi mati belum. Jauh dari itu. Apalagi jika pengelolanya bisa menggabungkannya dengan mengadakan Game Online, hasilnya justru berkebalikan dari apa yang dikatakan banyak orang.

Memang, sejak hadirnya smartphone dan tersedianya mobile internet, bisnis ini meredup. Peran komputer untuk browsing (berselancar) internet sudah tergantikan oleh perangkat yang lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Tetapi, tidak semua perannya bisa digantikan smartphone.

Smartphone belum bisa lansung mengeprint hasil pencarian di internet dan seringnya di Indonesia tetap membutuhkan koneksi ke komputer untuk bisa dicetak. Dan, banyak anak sekolah yang karena di rumah belum tersedia komputer mau tidak mau harus mencari tempat dimana ia bisa melakukannya, dan itu bisa disediakan di warnet. Mereka bisa mencari di internet dan kemudian mencetaknya.

Kemudian, besarkan kapasitas internet yang ada di warnet sehingga memungkinkan untuk penggunanya terjun dalam dunia Game Online. Pastilah warnet itu akan penuh sesak karena bagaimanapun smartphone belum cukup kuat untuk mengoperasikan game seperti Point Blank, atau game first time shooter lainnya.

Bahkan, internet rumah pun belum tentu cukup kuat untuk melakukan hal itu.

Jadi, tetap saja warnet akan memiliki pasar tersendiri yang akan membutuhkannya. Bisa juga settingan dirubah mengikuti konsep kafe dan di kota-kota besar, kafe internet adalah salah satu tempat yang ramai dikunjungi orang. Bukan hanya di Indonesia tetapi di luar negeri juga tetap ramai.

Di kompleks perumahan dimana saya tinggal saja, yang katanya perumahan kelas menengan atas dan banyak orang sudah memiliki komputer saja, warnet tetap laku dan tidak pernah sepi.

Mau coba?

  • Potensi : lumayan karena ada ceruk pasar pengguna yang masih besar mengingat tidak semua keluarga sudah mempunya komputer dan koneksi internet di Indonesia
  • Modal : Lumayan karena untuk bisa menghasilkan pemasukan yang cukup, setidaknya butuh 10 komputer dan butuh jaringan internet yang besar agar bisa menjalankan game online
  • Lokasi : kalau rumah cukup besar, ruang tamu bisa diubah menjadi warnet atau halaman depan dibangun sebuah tempat khusus
  • Personil : 2-3 orang untuk bergantian menjaga warnet dan mengatasi masalah yang ada dengan komputer dan jaringan internet
  • Skill : paham tentang masalah komputer dan jaringan internet

#035 Jasa Penitipan Anak

Bapak bekerja. Ibu bekerja. Hal itu adalah hal yang biasa ditemukan pada masa sekarang. Mau tidak mau karena kebutuhan hidup meningkat butuh tambahan tangan untuk mencari pendapatan supaya keluarga bisa hidup layak dan nyaman. Belum lagi, emansipasi wanita juga mendorong banyak wanita merasakan kebebasan bergerak dan berkarir atau juga orangtua tunggal yang mau tidak mau harus mencari nafkah.

Lalu, anak siapa yang mengurus? Asisten rumah tangga biasanya yang menghandel, tetapi bagaimana kalau mereka sedang cuti atau berhenti mendadak. Cuti mendadak bisa membuat boss manyun tidak karuan.

Dan, bagaimana pemecahannya?

Anda bisa menjadi pemberi solusi dengan menyediakan jasa penitipan anak. Peluang usaha rumahan yang satu ini tidak memerlukan banyak peralatan khusus atau keahlian khusus, yang diperlukan adalah ketelatenan dan kesabaran dalam menghadapi anak-anak.

Tentunya, kalau ada ruang bermain akan membantu anak-anak itu lupa pada orangtua mereka untuk sementara.

Jasa penitipan anak ini sudah banyak disediakan di luar negeri untuk ibu yang bekerja. Mereka punya aturan dan batas, dan tentunya harga.

Lalu, kenapa Anda tidak mencoba? Berada di lingkungan perumahan yang modern dan penduduknya sibuk akan sangat menguntungkan karena biasanya para orangtua sibuk dengan urusan masing-masing dan memerlukan tenaga bantuan yang bisa dipercaya untuk menitipkan anak mereka.

Iya nggak?

  • Potensi : Belum besar tetapi akan membesar seiring semakin banyaknya ibu yang bekerja
  • Modal : Tidak besar dan hanya perlu untuk menjadikan satu ruang sebagai ruang bermain dan istirahat beserta perlengkapan permainannya
  • Lokasi : Di rumah saja
  • Personil : 2 orang
  • Skill : kesabaran dan ketelatenan menghadapi anak-anak mutlak diperlukan

#036 Salon dan Perawatan Kecantikan

Peluang usaha rumahan - Buka Salon Rambut dan Perawatan Kecantikan

Setiap wanita ingin tampil cantik. Itu kodrat dan naluri setiap wanita. Jarang, dan bahkan hampir tidak ada wanita yang tidak ingin terlihat cantik, setidaknya bagi suaminya.

Dan, untuk menjadi cantik itu, butuh banyak sekali hal yang harus dilakukan. Rambut harus di-creambath dan bukan sekedar keramas di rumah. Kuku harus dirapikan dengan manicure dan pedicure. Kulit wajah harus dibersihkan agar jerawat tidak sering nongol dan tetap terlihat mulus dan bersinar, alis mata harus dibuat melengkung agar sesuai tren, dan masih banyak hal lainnya yang diperlukan agar seorang wanita merasa cantik.

Sayangnya, kebanyakan wanita kurang tahu caranya dan mereka lebih percaya diri jika mereka dirawat oleh orang-orang yang mengerti cara untuk mengerjakannya.

Dan, cobalah lihat ada berapa banyak wanita di Indonesia? Paling tidak setengah penduduk Indonesia adalah kaum perempuan, yang berarti jumlahnya mencapai 125 juta jiwa lebih.

Itulah mengapa salon rambut dan perawatan kecantikan selalu penuh dengan para wanita. Bukan hanya yang sudah terkenal, tetapi juga salon-salon yang dimanapun akan tetap memiliki pengunjung setia.

Peluang usaha rumahan yang satu ini tidak akan pernah kehabisan pasar. Selama masih ada wanita, maka salon akan tetap ada dan dibutuhkan.

Jadi, kenapa tidak membuka salon saja di rumah?

Biayanya sendiri tidak seberapa besar. Kebanyakan akan dibutuhkan untuk membeli beberapa peralatan untuk menggunting dan mencuci rambut, kursi untuk tempat duduk, dan perlengkapan lain yang terkait dengan perawatan kecantikan.

Sebuah ruang di rumah bisa disulap menjadi salon, dan hal ini sudah banyak dilakukan di berbagai tempat. Yang paling mahal mungkin adalah biaya untuk belajar bagaimana memotong rambut atau melakukan perawatan kecantikan lainnya. Tetapi, selain itu tidak ada biaya besar yang harus keluar.

Pengerjaannya bisa dilakukan oleh istri atau adik saja, jadi tidak perlu membayar gaji pegawai. Walau kalau memang keuangan mampu, menyewa satu dua orang yang memang ahli dalam bidang ini akan sangat menguntungkan dalam pengembangan usaha.

Promosi tentunya harus tetap dilakukan untuk memperkenalkan dan memperluas pasar. Tetapi, kalau memang sudah terbukti hasilnya, biasanya informasi dari mulut ke mulut akan sudah bisa mendatangkan banyak pengunjung.

  • Potensi : Besar dan tidak terbatas
  • Modal : Tidak besar untuk membeli berbagai perlengkapan untuk melakukan berbagai perawatan kecantikan
  • Personil : 2-4 orang
  • Skill : Bisa memotong dan menata rambut, merawat kulit dan wajah

#037 Membuka Taman Kanak-Kanak

PELUANG USAHA RUMAHAN - MEMBUKA TAMAN KANAK KANAK

Orangtua selalu mengkhawatirkan anaknya. Bahkan, ketika mereka sudah dewasa sekalipun, tetap saja rasa cemas akan keselamatan orang-orang tersayang mereka itu akan selalu hadir.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak orangtua memilih untuk memasukkan anak-anak mereka ke TK (Taman Kanak-Kanak) terdekat dari rumahnya. Kecuali orangtua mereka punya waktu banyak dan bisa mengantar ke sekolah, TK terdekat akan menjadi pilihan utama.

Lagipula, banyak orangtua berpandangan bahwa TK sebagai sekolah belum terlalu penting. Bagi mereka yang terpenting adalah si anak bisa bermain secara terarah, belajar sedikit baca tulis, dan tentunya bersosialisasi. Anak-anak tidak diharapkan belajar terlalu serius di tingkat pendidikan yang satu ini.

Jadi, mengapa tidak Anda sediakan saja sebuah tempat seperti itu. Beli peralatan bermain, seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Kemudian, permainan untuk mengasah kecerdasan seperti lego, atau kubus, seperti yang biasa dipakai untuk bermain anak.

Pekerjakan seorang lulusan Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanan (PGTK_ dan kemudian urus izinnya. Lalu, jadikan istri Anda sebagai kepala sekolahnya untuk mengatur segala sesuatunya.

Anda sudah bisa memiliki bisnis sendiri.

Pasarannya cukup lumayan dan tergantung pada kompleks perumahan dimana Anda tinggal. Semakin padat berarti semakin banyak potensi untuk mengembangkan usaha ini.

Jangan pandang remeh peluang usaha rumahan yang satu ini. Bidang pendidikan semakin hari semakin menjadi bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan, bahkan di tingkat terbawah. Apalagi kalau kemudian promosi dilakukan atau para orangtua merasa TK yang Anda kelola membawa hasil yang bagus, jangkauan pasarnya bisa meluas.

Boleh juga kalau Anda mau menjadi guru disini, tetapi ingat yah, pasti sangat butuh kesabaran dalam menghadapi anak-anak cilik ini. Bisa sangat mengesalkan.

  • Potensi : Terbatas dan tergantung jumlah penduduk di lingkungan
  • Modal : Cukup lumayan karena selain harus merombak sebagian ruangan untuk kelas bermain, juga biaya diperlukan untuk membeli berbagai permainan untuk dipakai di halaman atau di dalam kelas
  • Lokasi : rumah dan halaman
  • Skill : paham mengenai metode pendidikan tingkat dasar/lulusan PGTK akan dibutuhkan, selain kesabaran
  • Personil : 3-4 orang termasuk guru dan kepala sekolah

#038 Mendirikan TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) / Mengajar MengajiPeluang usaha rumahan - taman pendidikan al quran

Bisa membaca Al-Quran itu penting bagi umat muslim. Di dalam Kitab Suci itu terdapat firman-firman Allah yang dapat membantu umat Islam hidup dalam cara yang Islami. Oleh karena itu, maka sudah seharusnya setiap muslim belajar tentang cara membaca dan juga memahaminya sejak usia dini.

Lalu dimana anak-anak dapat belajar membacanya? Dulu, masih banyak madrasah dimana anak-anak bisa belajar hal itu, tetapi di masa sekarang dengan jumlah madrasah berkurang, maka bisa dikata tempat pengajaran khusus tentang hal ini pun ikut berkurang.

Padahal, jumlah yang membutuhkannya semakin banyak karena kesadaran tentang hal ini dan orangtua yang menginginkan anak-anaknya belajar membaca Al-Quran sejak usia dini semakin banyak. Hal ini menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan yang cukup besar. Anda bisa mendirikan TPA atau Taman Pendidikan Al-Quran.

Persyaratannya adalah Anda memiliki kemampuan untuk mengajar mengaji atau membaca Al-Qiran dengan baik dan benar. Kalaupun tidak, tentunya bisa menyewa guru mengaji untuk melakukannya.

Yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan tempatnya sehingga layak dipergunakan untuk tempat mengajar anak-anak tersebut.

Tentunya, karena di dalamnya terdapat unsur ibadah, memandang TPA sebagai hanya sebuah bisnis adalah tidak tepat. Pandanglah juga sebagai sebuah cara untuk beribadah. Meskipun demikian, tetap juga bisa dijadikan sumber untuk mendapatkan penghasilan.

  • Potensi : sangat besar karena hampir 90% penduduk Indonesia beragama Islam. Jadi, besar kemungkinan penduduk yang berada di sekitar rumah Anda pun akan beragama Islam dalam rasio yang sama juga
  • Modal : Tidak besar karena hanya menyediakan tempat dan peralatan layaknya sebuah ruang kelas
  • Lokasi : ruang tamu yang lebar bisa dikosongkan dan dijadikan ruang tersendiri untuk mereka yang ingin belajar mengaji
  • Skill : kemampuan membaca dan mengajarkan tentang tata cara membaca Al-Quran dengan benar

#039 Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

peluang usaha rumahan - jasa antar jemput anak sekolah A

Dengan meningkatnya kebutuhan hidup, semakin hari semakin banyak juga keluarga yang kedua orangtuanya harus bekerja. Padahal, tidak sedikit dari mereka yang memilik anak usia sekolah yang masih perlu untuk diantar ke tempat mereka belajar.

Kondisi seperti itu menimbulkan sebuah peluang usaha rumahan yang sudah banyak ditekuni, yaitu jasa antar jemput anak sekolah. Pekerjaannya hanya menjemput anak dari rumah, membawanya ke sekolah, kemudian menjemput anak di sekolah dan membawanya pulang. Sederhana sekali kan?

Sebuah mobil minibus dengan 7-8 seat pun sudah bisa memberikan pemasukan tambahan. Kerjanya juga tidak terlalu rumit dan selama bisa mengemudi mobil dan punya SIM (Surat Izin Mengemudi), peluang ini bisa memberikan pemasukan tambahan.

Data saja tetangga yang butuh, atau bahkan bisa lebih luas pada kenalan di luar lingkungan tempat kita tinggal. Buat jadwal penjemputan di rumah dan di sekolah yang teratur dan pengetahuan tentang rute ke arah sekolah agar mobil bisa mengangkut semaksimal mungkin, yang berarti pemasukan akan lebih besar.

Satu-satunya hambatan adalah tentang mobilnya sendiri karena modal awalnya lumayan besar. Kalau harus menyewa, keuntungan akan sedikit, tetapi kalau membeli bekas, tetap akan butuh modal yang lumayan besar juga. Yah, mau tidak mau usaha itu selalu butuh modal.

Bisa juga memakai motor tetapi kapasitas sangat terbatas dan sulit mendapatkan pemasukan yang maksimal. Kecuali dilakukan hanya sebagai sampingan untuk menambah uang jajan saja.

  • Potensi : besar karena kecenderungan kedua orangtua bekerja semakin banyak
  • Modal : Sebuah mobil minibus/van (paling sedikit karena jasa antar jemput biasanya membutuhkan mobil), sebuah SIM
  • Personil : satu pengemudi atau lebih tergantung pada berapa mobil yang dioperasikan
  • Skill : mengemudi mobil dan sabar menghadapi anak-anak

#040 Jasa Penitipan Motor

peluang usaha rumahan jasa penitipan motor di stasiun dan terminal 4

Kredit Foto ” LOVELY BOGOR

Punya rumah dekat stasiun atau terminal? Jelilah sedikit. Itu adalah sebuah peluang usaha rumahan yang bisa membuat Anda tajir duit tanpa terlalu banyak bekerja.

Tidak percaya.

Jadikan saja sebagai tempat penitipan motor. Bukan cuma lumayan lagi, tetapi kalau dikembangkan bisa menghasilkan uang banyak sekali setiap bulannya. Kalaupun dilakukan sekedar buat cari tambahan pun, hasilnya lumayan.

Belum lagi pekerjaannya tidak seberapa sulit, yaitu hanya menunggu dan menjaga sepeda motor sampai pemiliknya datang sepulang kerja.

Bisnis ini memang menjanjikan karena konsep Park and Ride terus dikembangkan di berbagai kota untuk mendorong warganya lebih banyak menggunakan angkutan umum, seperti Commuter Line atau Bus. Cuma, biasanya para komuter butuh angkutan dari rumah ke terminal atau stasiun karena angkot terlalu mahal dan boros waktu. Kebanyakan akan menggunakan sepeda motor, dan mereka membutuhkan hal itu

Dan, itu membuka kesempatan bagi para pemilik rumah di sekitar stasiun atau terminal untuk menjadi tempat penitipan motor. Hal itu sudah dilakukan di kawasan yang berada di jalur Commuter Line (KRL) Jabodetabek.

Hasilnya, kalau coba dihitung lumayan besar.

Sebuah rumah yang memiliki halaman seluas 50 meter persegi saja, bisa menyimpan rata-rata 30-40 motor (sangat rapat). Dengan tarif 5000 rupiah per-motor, maka pemasukan sekitar 150-200 ribu perhari dan sebulan mencapai 4.5 -6 juta.

Pengeluaran sangat minimal karena yang dikerjakannya tidak banyak, hanya mengatur dan menjaga motor saja. Selebihnya hanya mengeluarkan motor saat pemiliknya mencarinya.

Salah satu jasa penitipan motor di Cilebut dapat menampung +- 1500 motor perhari, dan itu sama dengan 7,5 juta perhari. Bisa hitung sendiri kan pemasukannya perbulan?

Jasa ini juga bisa disediakan di sekitar area yang penuh dengan keramaian, seperti mall dan lain-lain, kalau mau.

  • Potensi : Besar dan banyak
  • Modal : kecil. Halaman rumah, tenaga saja sudah cukup, tetapi kalau mau dikembangkan akan butuh modal lebih besar untuk mendirikan bangunan pelindung bagi motor
  • Skill : menarik dan menggeser motor (semua orang bisa)
  • Personil : Tergantung jumlah motor yang harus ditangani, bisa 1 sampai 20 orang

#041 Jasa Cleaning Service

peluang usaha rumahan - jasa cleaning service A

Menyapu, mengepel, mengelap meja adalah pekerjaan biasa dan umum dilakukan dimanapun. Semua orang bisa melakukannya.

Benarkah?

Betul, tetapi masalahnya menggaji karyawan hanya untuk menyapu dan membersihkan ruangan perkantoran, terutama yang bertingkat adalah mahal. Selain gaji, para karyawan pun harus diberikan THR dan juga kenaikan gaji setiap tahunnya.

Oleh karena itu, banyak pengelola gedung bertingkat atau perkantoran lebih suka melakukan outsourcing dan memakai tenaga dari luar untuk melakukannya. Mereka tidak perlu membayar berbagai tunjangan.

Dan, hal ini membuka sebuah peluang usaha rumahan bagi siapapun. Dengan mengumpulkan orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan di lingkungan sekitar, kemudian membentuk tim “pembersihan”, mereka bisa menawarkan jasa cleaning service bagi siapapun yang memerlukannya.

Pasarnya tidak terbatas pada gedung perkantoran, rumah-rumah besar pun bisa dijadikan target sebagai pengguna jasanya.

Biasanya pun kontrak penggunaan jasa tidak dilakukan per-pembersihan, tetapi dilakukan terus menerus selama beberapa bulan atau beberapa tahun.

Sebuah bisnis yang banyak berkembang terutama di berbagai kota besar dimana gedung perkantoran bertingkat tinggi semakin banyak ditemukan.

  • Potensi : terbatas
  • Modal : Cukup besar untuk membeli berbagai peralatan kebersihan seperti vacuum cleaner, pengepel lantai, membayar gaji pegawai, dan membeli seragam
  • Lokasi : kantor di rumah saja tetapi pengerjaan akan dilakukan di tempat klien
  • Skill : manajemen
  • Personil : disesuaikan dengan job yang diterima

#042 Jasa Jahit

PELUANG USAHA RUMAHAN - JASA JAHIT

Pakaian, baik baju atau celana, itu suatu waktu ada saatnya mengalami masalah, seperti robek atau benang yang lepas. Tidak jarang juga, karena pakaian jadi dibuat berdasarkan sesuai ukuran standar, tidak selalu setelah dibeli enak dan pas dipakai.

Dan, tentunya memakai pakaian yang terlepas jahitannya atau tidak pas di badan akan terasa sekali tidak nyaman. Belum lagi ada resiko robek atau sambungan kainnya terlepas saat berada di tengah kerumunan orang, dan bisa membuat pemakainya berada di situasi yang memalukan.

Dibuang begitu saja sayang. Juga berarti harus mengeluarkan uang untuk membeli yang baru padahal kerusakannya tidak besar dan bisa ditangani.

Hanya, untuk membetulkannya sendiri, orang-orang di zaman sekarang tidak lagi terbiasa dengan menggunakan mesin jahit atau benang dan jarum.

Hal-hal seperti ini umu terjadi dimana-mana, dan bukankah menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan bagi yang bisa menjahit?

Dengan sebuah mesin jahit, seorang yang bisa menjahit bisa memberikan layanan penjahitan, mulai dari membetulkan pakaian yang sobek, memotong celana yang kepanjangan, atau merubah sedikit ukuran pakaian jadi dengan postur tubuh pemakainya.

Tidak butuh modal yang besar, hanya sebuah mesin jahit dan perlengkapan lainnya, seperti gunting, benang, jarum. Selebihnya adalah keterampilan saja. Tidak perlu juga membuat ruangan khusus jika tidak mau atau tidak ada dana. Cukup memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di rumah untuk mengerjakan orderan yang datang.

Pasarnya biasanya bersifat lokal, yaitu masyarakat yang berada di lingkungan, tetapi dengan promosi, jumlahnya bisa diperluas lagi.

Penambahan kemampuan menjahit baju sendiri, dengan model sendiri, atau sesuai yang diminta oleh pengguna jasa akan memberikan keuntungan lebih. Jasa yang ditawarkan bisa bertambah, dan tentunya bayarannya pun lebih mahal pula.

Kalau ditambah dengan kemampuan menjahit pakaian tradisional dan gaun pengantin, yang mulanya hanya sebuah peluang usaha rumahan kecil bisa berubah menjadi sebuah butik khusus yang menjual pakaian yang berbeda dari yang lain.

  • Potensi : terbatas
  • Modal : Tidak besar. Bagian terbesar adalah membeli mesin jahit
  • Lokasi : salah satu ruangan di rumah tanpa modifikasi pun tidak masalah
  • Personil : 1 orang
  • Skill : Keterampilan jahit menjahit

#043 Menjadi Makelar / Agen

peluang usaha rumahan - jasa agen atau makelar A

Pernahkah Anda membayangkan bekerja di dalam sebuah kamar di rumah Anda yang nyaman, kemudian mendapatkan uang dari itu? Yah, saya punya seorang kawan, kenalan selama lebih dari 20 tahun yang seperti itu.

Ia seorang agen di dunia tekstil dan mengimpor kain atau pakaian jadi dari luar negaranya untuk beberapa merk terkenal di sana. Dan, ia melakukannya dari salah satu ruangan di rumahnya di Melbourne, Australia. Penghasilannya mencapai US$ 20.000 per bulan.

Bukan bohong karena sampai saat ini pun saya masih bekerja sama dengannya.

Makelar atau agen adalah salah satu peluang usaha rumahan yang memang sudah terbukti mendatangkan uang. Seorang perantara, entah dalam bisnis apapun, memang tidak memerlukan banyak peralatan karena semuanya bergantung pada network atau jaringan yang dimilikinya.

Modal yang diperlukannya hanya berbagai peralatan komunikasi, seperti komputer dengan email atau Skype dann sebuah ruang kecil untuk menyimpan arsip.  Ditambah secara rutin berkunjung ke kantor-kantor pemakai jasanya untuk mencari orderan an kemudian menghubungi kenalannya di pabrik yang sesuai.

Sebuah bisnis rumahan yang sangat potensial untuk dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah terlalu sering.

Berminat?

Pasarnya juga sangat besar baik di dalam atau luar negeri. Tidak semua produsen memiliki channel ke pembeli. Tidak jarang mereka kebingungan untuk menemukan pihak yang mau membeli dan disinilah peran seorang agen, ia bisa menjadi orang tengah yang mempertemukan pembeli dan penjual.

Tentunya, tidak gratis.

Jasanya harus dibayar dalam bentuk komisi, yang bisa didapat dari salah satu pihak, atau bahkan kedua pihak yang bertransaksi. Besarannya rata-rata berada di antara 2,5% – 10% dari total nilai transaksi.

Tidak herankan, kenapa biong (makelar tanah) bisa langsung mendadak kaya kalau berhasil menggolkan satu saja transaksi jual beli tanah?

Mau mencoba?

  • Potensi : Besar dan tidak terbatas karena tergantung pada apa yang dijual, pengguna jasa bisa berasal dari dalam atau luar negeri
  • Modal : Selain untuk ongkos untuk mencari dan bernegosiasi, hanya perlu perangkat komunikasi, seperti komputer, internet, dan pulsa
  • Lokasi : Dimana saja, bisa di rumah atau dimanapun, selama perangkat konunikasi ada di tangan
  • Personil :1 orang cukup
  • Skill : kemampuan bernegosiasi dan jaringan kenalan bisnis yang luas

#044 Jasa Rias Pengantin

Peluang usaha rumahan - jasa rias pengantin

Setiap pengantin pasti ingin tampil sempurna. Yang wanita ingin tampil cantik, yang pria ingin terlihat ganteng saat berada di pelaminan. Semua ingin momen yang diharapkan hanya sekali seumur hidup menjadi momen yang tidak akan terlupakan dan bisa diceritakan kepada anak cucu nantinya.

Oleh karena itu, banyak pengantin yang tidak akan segan untuk mengeluarkan dana, terkadang sampai besar sekali, untuk bisa tampil seperti itu di hari H. Tentunya, karena mereka tidak bisa melakukannya sendiri, para pengantin butuh bantuan dari orang-orang yang mengerti tentang bagaimana tampil “sempurna” dan sesuai dengan adat istiadat.

Iya kan?

Bukankah sebuah peluang usaha rumahan juga. Syaratnya, Anda mengerti tentang bagaimana memulaskan make up, cara menata rambut, cara berpakaian, dan tentunya pemahaman tentang adat istiadat yang akan dipakai saat pelaksanaan upacara perkawinan.

Jasa rias pengantin biasanya terpisah dan dilakukan oleh orang khusus dalam setiap perkawinan.

Bayarannya lumayan besar ternyata. Tergantung pada kemahiran dan namanya, satu kali menata penampilan sepasang pengantin honornya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Dimana kantornya? Biasanya di rumah saja. Cuma biasanya para penata rias pengantin akan memiliki jalur koneksi ke wedding organizer yang akan menghubunginya saat ada job. Semakin terkenal, permintaan jasa akan semakin banyak dan bisa tidak tertangani dengan baik.

Pasarnya sendiri sangat besar dan selalu ada karena sudah pasti manusia akan menikah suatu saat.

Modalnya bisa besar atau tidak karena tergantung pada ceruk pengguna jasa. Kalangan menengah atas tentunya tidak ingin kosmetik dan tatanan yang dipergunakan menggunakan kosmetik murah dan sebaliknya yang tidak memiliki terlalu banyak dana tidak akan sanggup membayar kalau kosmetik yang dipergunakan terlalu mahal.

Tetapi, bisa dikata tidak akan terlalu besar karena bisnis jasa rumahan yang satu ini mengandalkan lebih kepada skill atau keahlian.

  • Potensi : besar karena pernikahan itu kodrat manusia
  • Modal : tidak besar – lumayan besar tergantung pada pengguna jasa
  • Personil : biasanya satu tim 2-3 orang untuk menata berbagai hal
  • Lokasi : kantor di rumah, pekerjaan dilakukan di luar
  • Skill : Tata rias pengantin

#045 Tour Guide / Pemandu Wisata

peluang usaha rumahan - jasa tour guide atau pemandu wisata A

Wisata atau traveling sudah menjadi salah satu hobi baru di dalam masyarakat Indonesia. Menurut data, beberapa tahun belakangan ini meningkat pesat dan bahkan ditengarai bahwa masyarakat sekarang lebih gemar mengeluarkan uang untuk berwisata dibandingkan untuk berbelanja barang.

Kehadiran media sosial pun semakin mendorong kebiasaan itu dengan fiturnya yang membuat seseorang bisa pamer pengalamannya pergi ke suatu tempat wisata.

Dan, kesemua ini mendorong perkembangan pesat dalam industri pariwisata di Indonesia.

Pernahkah Anda menyadari bahwa kecenderungan ini sebenarnya menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan yang bisa menguntungkan?

Modal yang dipergunakan tidak besar dan bahkan tidak membutuhkan banyak peralatan, selain pengetahuan.

Banyak wsaiatawan yang berkunjung sebenarnya bingung kemana mereka harus pergi. Tempat-tempat apa yang menarik dan layak untuk disinggahi. Memang banyak sekali blogger traveling yang membahas dan membantu dengan tulisan-tulisan mereka, tetapi tetap saja kebingungan akan timbul ketika berada di lapangan.

Harus pergi kemana? Caranya bagaimana? Lalu apa keistimewaan sebuah destinasi wisata? Mengapa sebuah tempat menarik?

Hal itu akan terpecahkan ketika mereka ditemani oleh seorang pemandu wisata, orang lokal yang mengerti banyak hal tentang kotanya sendiri.

Tidak perlu banyak hal untuk menjadi seorang city tour guide. Yang terpenting adalah pengetahuan dan kemampuan bercerita tentang kotanya sendiri, beserta sejarah, mitos, dan hal-hal menarik.

Cara menarik pengguna jasanya bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai agen wisata atau membuat wbsite sendiri. Hal ini sudah banyak dilakukan di luar negeri dan salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia, Bali dimana pemandu wisata biasanya bukan merupakan pegawai tetap, tetapi akan dipanggil ketika jasa mereka diperlukan.

Kemampun berbahasa asing akan memberikan peluang lebih banyak karena turis yang ditemani biasanya berasal dari luar negeri, dan tarifnya tentu berbeda dibandingkan dengan wisatawan lokal.

Tidak perlu kantor dan cukup di rumah saja. Perangkat komunikasi, seperti gadget dan internet akan diperlukan untuk berkomunikasi dan mencari job order.

Berminat?

  • Potensi : besar kecilnya tergantung pada dimana Anda tinggal, jika berada di sebuah kota yang terkenal dari pariwisatanya, maka potensi pasarnya akan besar pula.
  • Modal : tidak ada modal materi dalam jumlah besar yang diperlukan, tetapi pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi menjadi  modal utamanya
  • Lokasi : kantor di rumah, pekerjaan dilakukan di lapangan
  • Skill : pengetahuan tentang berbagai tempat wisata, rute, dan kemampuan bercerita menjadi kunci utama peluang usaha rumahan yang satu ini

#046 Jasa Penyewaan Tanaman Hias

peluang usaha rumahan - penyewaan tanaman hias

Pernah melihat pot-pot tanaman di berbagai sudut sebuah kantor atau gedung? Pastinya sudah lah. Hampir semua kantor sekarang meletakkan setidaknya beberapa pot tanaman hias yang diletakkan di beberapa sudut ruangan, terutama lobi penerimaan. Tujuannya untuk merubah kesan formal dan kaku, sekaligus juga memperindah ruangan.

Meski tidak disadari, secara berkala, bisa seminggu atau dua minggu sekali, jenis tanaman yang ada akan berganti. Kadan sri rejeki/aglaonema, kadang palem, kadang bonsai.

Nah, pernahkah Anda bertanya siapa yang menanam dan merawat pot-pot tersebut? Siapa juga yang begitu rajin mengganti jenisnya? Pegawai kantor tersebut? Office boy yang kurang kerjaan?

Yah, sebenarnya bukan.

Pot-pot tersebut bukan ditanam dan diurus oleh pegawai pengguna kantor tersebut. Ada pihak lain yang melakukannya, yaitu mereka yang menyewakan tanaman hias tersebut.

Bisnis ini memang berkembang di kawasan perkantoran yang ingin terlihat hijau dan indah, tetapi tentunya tidak punya sarana dan waktu untuk melakukannya. Untuk itu mereka akan menggunakan jasa dari pihak luar.

Hal ini menghadirkan sebuah peluang usaha rumahan yang baru, terutama yang hobi tanaman hias. Mereka bisa menyediakan berbagai tanaman dalam pot dan kemudian akan meletakkannya di kantor si penyewa. Secara rutin, sesuai perjanjian, tanaman yang lama akan ditarik untuk disegarkan lagi dan digantikan dengan yang baru. Dan, terus diulangi sampai masa kontrak berakhir.

Kok bisa dikerjakan di rumah? Ya bisa karena penanaman tanaman dan penyegaran ulang bisa dilakukan di halaman rumah, atau bagian lain rumah yang memungkinkan. Barulah kemudian dikirim ke kantor-kantor yang membutuhkan.

Selama yang mengelola paham cara untuk menangani tanaman-tanaman tersebut, maka ia bisa terus mendapatkan hasil.

  • Potensi : Lumayan dan terus berkembang seiring dengan banyaknya perkantoran yang dibangun setiap tahunnya
  • Modal : Lumayan untuk membeli tanaman, mengurusnya, dan untuk alat transportasi mengambil dan mengirim pot-pot ke pengguna jasa, tentunya untuk membayar gaji pegawai karena pasti butuh lebih dari 1 orang untuk melaksanakannya
  • Lokasi dan ruang usaha : rumah dengan halaman depan atau belakang atau lahan yang bisa dipergunakan untuk mengurus tanaman dalam pot
  • Personil : min 2 orang untuk mengurus tanaman, memasarkan, dan mengirim atau mengambil balik
  • Skill : pengetahuan tentang tanaman hias mutlak diperlukan

#047 Usaha Fotokopi

peluang usaha rumahan - jasa fotokopi A

Bukan hanya perkantoran yang butuh jasa fotokopi sehingga peluang usaha rumahan ini perlu dipertimbangkan. Pasarnya lebih luas daripada itu.

Sebuah usaha fotokopi di kawasan perumahan pun bisa sangat menguntungkan.

Tidak percaya?

Pernahkah Anda menyadari kalau anak-anak sekolah itu sebenarnya adalah pasar terbesar bagi usaha ini. Mereka selalu membutuhkan usaha membuat salinan ini untuk mengerjakan tugas mereka.

Sebut saja saat mereka mendapatkan makalah, kemudian ketika mereka malas membuat catatan sendiri, menjilid laporan karyawisata, dan masih banyak hal lainnya yang memerlukan jasa membuat salinan.

Komputer dan printer memang sudah banyak dimiliki oleh perorangan, tetapi terkadang, banyak yang berpikir bahwa membuat fotokopi akan lebih efisien dan murah dibandingkan menghabiskan tinta printer.

Belum lagi kalau usaha fotokopi itu juga menjual berbagai alat tulis, seperti ballpoint, buku tulis, pensil, dan yang lain. Kemudian menyediakan jasa penjilidan juga.

Pemasukannya per bulan bisa melebihi gaji pegawai negeri sipil (bukan eselon yah).

Hambatannya adalah pada modal usaha yang besar karena harga mesin fotokopi yang mahal dan mencapai puluhan juta. Biaya yang besar juga dikeluarkan untuk listrik setiap bulannya.

  • Potensi : besar karena semua orang butuh jasa membuat salinan, baik pegawai kantor maupun anak sekolahan
  • Modal : besar untuk membeli mesin fotokopi yang mencapai puluhan juta dan stok kertas
  • Lokasi : halaman depan rumah yang diubah menjadi toko
  • Personil : anggota keluarga (2-3 orang)
  • Skill : menangani mesin fotokopi dan melayani pembeli

D) Peluang Usaha Rumahan Bentuk Makanan dan Minuman

Setiap manusia butuh makan. Semua manusia butuh minum. Itu adalah kodrat manusia kalau mereka mau bertahan hidup.

Oleh karena itu, bisnis makanan dan minuman adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah kehabisan pembeli. Pasarnya pun selalu besar dan susah diukur.

Hal ini berarti potensi yang besar pula bagi berbagai jenis usaha, termasuk menghadirkan berbagai peluang usaha rumahan.

Meskipun demikian, persaingan di bidang usaha makanan dan minuman pun sangat ketat karena semua berpikir sama. Kejelian dalam menangkap tren dan juga kreatifitas dalam menciptakan produk-produk makanan baru akan bisa memberi keunggulan dalam bisnis ini.

Beberapa jenis usaha di bidang makanan dan minuman di bawah hanyalah secuil dari jutaan ide usaha makanan yang bisa dilakukan. Sekedar untuk memberi masukan atau ide bagi mereka yang sedang mencari ide untuk mendirikan usahanya saja.

 Daftar Peluang Usaha Rumahan Bidang Makanan dan Minuman

48. Penyedia Makanan Untuk Sarapan
49. Kue Kering
50. Catering
51. Toko Buah
52. Kafe
53. Frozen Food

#048 Menjual Nasi Uduk/Makanan Untuk Sarapan

Peluang usaha rumahan - menjual nasi uduk atau makanan untuk sarapan

Kata ahli gizi dan kesehatan sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari bagi manusia. Sarapan akan memberikan banyak energi yang bisa membuat otak bergerak lebih lincah dan membuat hari terasa menyenangkan (jelas saja mana enak bekerja atau beraktifitas dengan perut lapar).

Sayangnya, di zaman serba sibuk seperti sekarang, tidak semua keluarga bisa melakukannya di rumah. Banyak komuter Jakarta Bogor yang merasakan hal itu karena tidak jarang harus sudah meninggalkan rumah sebelum makan pagi selesai dimasak.

Repot memang. Padahal, sudah pasti perut akan berbunyi dan energi tidak berada pada level maksimum karena belum ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Biasanya mereka akan mencari penjual sarapan yang ada di sekitar tempat kerjanya. Sering bukan sebuah sarapan yang ideal, tetapi daripada perut kosong sama sekali, maka apapun akan dimakan.

Jadi, kalau memang kebetulan rumah berada di dekat perkantoran atau sekolahan, mengapa tidak menjual sesuatu yang diperlukan untuk sarapan, seperti nasi uduk atau apapun yang tidak terlalu berat tetapi tidak terlalu ringan?

Tidak masalah juga kalau peluang usaha rumahan ini dilakukan di kompleks perumahan. Pembeli akan tetap banyak karena banyaknya ibu bekerja, sibuk, atau bahkan bangun kesiangan yang membutuhkan. Apalagi kalau rasanya enak, bisa banyak sekali orang yang menjadi pelanggan.

Modalnya tidak besar. Tidak butuh penambahan peralatan dan bisa memakai peralatan dapur yang sudah ada saja. Bahan masakan pun tidaklah mahal dan bisa disesuaikan dengan jenis masakan yang disajikan.

Untuk nasi uduk saja, banyak yang bisa dijual dengan harga 5000 per bungkus dengan keuntungan 1000-2000 rupiah per bungkus. Kalau bisa menjual 100 bungkus saja setiap pagi, maka berarti ada pemasukan 100-200 ribu rupiah perharinya. Angka yang lumayan bukan?

  • Potensi : besar dan kontinyu
  • Modal : Tidak besar karena bisa memakai peralatan rumahtangga yang sudah ada tanpa penambahan apapun
  • Personil : 1-2 orang saja
  • Skill : memasak makanan sederhana seperti nasi uduk, gorengan

#049 Kue kering

peluang usaha rumahan - menjual kue kering

Bukan jenis usaha baru, tetapi tetap merupakan peluang usaha rumahan yang sangat perlu dipertimbangkan untuk dijadikan sebuah bisnis. Pasarnya terlalu besar untuk diabaikan begitu saja.

Semua orang suka ngemil, tidak semua sih, tetapi mayoritas akan melakukannya di saat ngobrol dengan teman atau keluarga, atau saat sedang bekerja memeras otak. Dan, jumlahnya tidak terkira banyaknya orang yang biasa demikian, termasuk saya.

Kue kering ini sendiri adalah istilah pengganti untuk cookie dalam bahasa Inggris. Bentuknya bisa beragam seperti biskuit, atau kastangel, atau nastar.

Keuntungan dari kue seperti ini adalah tahan lama. Berbeda dengan kue “basah” yang biasanya hanya tahan selama 2-3 hari saja, kue kering bisa disimpan sampai 1-2 bulan karena kandungan airnya sudah “habis” menguap di dalam oven.

Pembuatannya bisa dilakukan di dapur biasa dengan menggunakan oven biasa pun bisa. Kemudian dikemas dalam stoples-stopples plastik sebelum dijual.

Pembelinya tidak terbatas karena bisa disimpan lebih lama, kue kering bisa dikirim lewat jasa kurir tanpa takut akan menjadi basi dan busuk. Bisa dipasarkan ke perkantoran atau dititipkan ke berbagai toko kue.

Permintaan akan kue kering pada hari biasa saja sudah tinggi, hal itu dibuktikan bahwa beberapa nama bakery terkenal sekalipun menyediakan kue-kue jenis ini pada etalase mereka. Dan, permintaan akan mencapai puncaknya menjelang hari Raya seperti lebaran atau Natal.

Proses pengerjaannya pun bisa hanya dengan mengandalkan anggota keluarga saja untuk membuat adonan, memanggang, dan kemudian memasarkannya.

Sebuah peluang usaha rumahan yang perlu dipertimbangkan secara serius mengingat modal yang dibutuhkan tidak seberapa besar, pasar pembeli luas, dapat disimpan lama, dan keuntungannya pun lumayan.

  • Potensi : Besar dan akan semakin besar menjelang Hari raya
  • Modal : Tidak besar dan tergantung kemampuan memproduksi, modal berkisar antara 1-2 juta saja
  • Personil : 1-2 orang atau seluruh anggota keluarga
  • Skill : Mampu membuat adonan kue, memanggang, dan kemudian memasarkan

#050 Jasa Catering

peluang usaha rumahan - jasa catering A

Jangan pernah berpikir bahwa jasa catering hanya menyediakan makanan jika ada acara resepsi pernikahan saja. Memang benar, salah satu acara yang kerap menggunakan jasa penyedia makanan siap santap ini adalah pernikahan atau ulang tahun.

Tetapi, sebenarnya banyak sekali kantor atau pabrik yang memanfaatkan jasa catering untuk menyediakan makan siang kepada para karyawannya baik dalam bentuk kotak makan siang atau prasmanan. Pasarnya juga termasuk acar ulangtahun atau acara lainnya.

Proses pengerjaan order pun tidak memerlukan peralatan khusu dan bisa memakai peralatan dapur yang biasa dipakai di rumah, walau mungkin jumlahnya bisa ditambah untuk memperbesar kapasitas.

Modal termasuk “lumayan” karena biasanya pembayaran dilakukan setelah acara selesai dan besarnya akan tergantung pada berapa porsi makanan yang harus disediakan.

Untungnya termasuk lumayan besar karena biasanya makanan akan mengambil marjin bersih antara 25-30% setelah dikurangi biaya. Ditambah dengan keuntungan lain yang tidak terhitung seperti keluarga pun bisa ikut makan dari hasil masakannya.

Yang dibutuhkan adalah keuletan karena bisnis jasa catering akan membutuhkan waktu lumayan lama dari pesanan diterima hingga selesai acara.

  • Potensi : besarnya tergantung pada kota dimana Anda tinggal
  • Modal : cukup besar untuk membeli bahan masakan dan transportasi kalau makanan harus dikirim ke tempat acara diadakan
  • Lokasi : di rumah bisa atau di tempat pemesan (seperti pabrik)
  • Skill : memasak dan mengkoordinasi
  • Personil 3-4 orang minimum

#051 Buka Toko Buah

peluang usaha rumahan - toko buah A

Semua orang tahu bahwa buah-buahan adalah sumber vitamin bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, konsumsi buah nasional Indonesia terus mengalami peningkatan karena mengkonsumsi buah memang dianjurkan oleh banyak pakar gizi dan kesehatan.

Sayangnya, banyak orang malas untuk pergi ke luar dari lingkungannya hanya untuk membeli sekilo jeruk atau apel.

Bagaimanapun kemacetan memang sangat menyebalkan dimanapun.

Bisa melihat peluangnya? Hal itu sudah dilakukan oleh salah seorang warga di perumahan dimana saya tinggal, Bukit Cimanggu City, Bogor. Ia merubah rumahnya menjadi sebuah toko buah.

Dan sebagai hasilnya, tokonya tidak pernah berhenti kedatangan pembeli bahkan hingga malam hari. Pemiliknya sibuk melayani sejak toko buka hingga malam. Tidak jarang stok buahnya pun dengan cepat habis.

Konsepnya sama dengan warung sayuran dimana salah satu bagian rumah dialihfungsikan menjadi toko dengan memasang rak-rak untuk menampilkan berbagai jenis buah.

Modalnya bisa besar atau kecil tergantung kemauan. Kalau memang dana terbatas, bisa saja membuat toko tanpa merubah bangunan dan meletakkan rak-rak kayu.

  • Potensi : besar
  • Modal : cukup besar untuk merubah sebagian rumah menjadi toko dan membeli barang dagangan
  • Lokasi : halaman depan rumah
  • Personil : anggota keluarga
  • Skill :  tawar menawar dan mengerti tentang buah-buahan

#052 Buka Kafe

peluang usaha rumahan - buka kafe A

Peluang usaha rumahan yang satu ini membutuhkan dana yang lumayan besar karena konsep yang ditawarkan oleh sebuah kafe berbeda dengan apa yang diberikan oleh sekedar warung kopi.

Pada warung kopi, penekanan utama untuk menarik pengunjung berada pada produknya, sedangkan pada konsep kafe, tempatnya lah yang justru menjadi daya tarik utama.

Kenyamanan dan keunikan adalah daya tarik sebuah kafe, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama duduk disana, dan kemudian membeli makanan atau minuman yang disediakan disana.

Intinya bisa dikata menjual gaya hidup dan bukan sekedar makanan atau minuman saja.

Sebuah kafe selayaknya harus nyaman dan unik.

Oleh karena itu, meski termasuk sebuah peluang usaha rumahan, modal yang harus dikeluarkan cukup besar agar bisa menciptakan nuansa tertentu yang menarik. Juga, karena menekankan pada kenyamanan, meskipun bisa memakai rumah, tetapi biasanya bukan hanya satu dua ruangan saja yang perlu diubah, tetapi rumah itu sendiri harus dipakai dan ditata ulang agar memberikan ruang yang cukup bagi pengunjung.

Tidak bisa hanya sekedar memakai halaman depan rumah karena hasilnya akan sempit dan membuat pengunjung kurang nyaman.

Penghasilannya sendiri tetap berasal dari makanan dan minuman yang dijual disana dengan harga lebih tinggi dari biasanya.

Perputarannya sendiri agak lambat karena kebanyakan pengunjung kalau betah, bisa berlama-lama disana untuk ngobrol dan bersosialisasi. Untuk itulah lahan yang disediakan harus luas agar bisa menampung banyak orang.

Sebuah kafe yang unik akan mengundang banyak sekali pengunjung dan tidak jarang rela mengantri, seperti Death by Chocolate di Bogor yang memakai konsep “Coklat dan Horor”.

Target pasarnya pun adalah kalangan menengah  atas, yang mampu membayar harga tinggi. Oleh karenanya, biasanya kafe akan berada di tepi jalan dengan lalu lintas yang ramai atau di dalam kompleks perumahan kalangan menengah atas.

Bukan berarti rumah biasa tidak bisa dipergunakan tetapi hasilnya tidak atau kurang maksimal dari segi keuntungan.

Pasar ini sedang berkembang karena banyak orang yang membutuhkan tempat untuk melepaskan lelah sambil berkongkow ria di sebuah tempat yang nyaman.

  • Potensi : Lumayan karena bisnis gaya hidup memang sedang berkembang pesat di Indonesia
  • Modal : Besar untuk menyediakan kenyamanan dan keunikan
  • Lokasi : Rumah di tempat yang ramai dan besar
  • Personil : 5-10 orang
  • Skill : Menciptakan sesuatu yang unik, baik dari segi desain atau makanan

#053 Menjual Frozen Food/Makanan Beku

peluang usaha rumahan - menjual makanan beku A

Masyarakat sibuk biasanya akan membutuhkan sesuatu yang juga tidak terlalu merepotkan dan bisa mengganggu kesibukannya itu. Termasuk, dalam hal makanan.

Banyak keluarga dewasa ini yang ingin makanan yang mudah dimasak, tersaji dengan cepat dan tidak repot saat membuatnya.

Itulah alasan mengapa makanan beku atau frozen food menjadi sangat populer dewasa ini. Nama-nama seperti SO NICE, FIESTA, dan lain sebagainya semakin berkibar dan meraup untung karena mereka menyediakan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan apa yang diperlukan masyarakat dalam hal makanan yang tidak merepotkan.

Dan, kenapa Anda tidak memanfaatkannya juga? Peluangnya sangat besar dan akan terus membesar karena karakter masyarakat yang menyukai sisi praktis dari makanan olahan beku seperti ini.

Siapkan saja beberapa “etalase berpendingin” seperti yang biasa dipakai untuk es krim. Letakkan di salah satu bagian ruangan di rumah. Isi dengan berbagai merk makanan siap saji beku yang sudah terkenal, atau produksi Anda sendiri.

Pasang reklame dan promosikan kepada para tetangga bahwa Anda menyediakan nugget, chicken wing, dan sejenisnya. Berikan diskon agar harganya sedikit di bawah harga supermarket.

Dan, percayalah ibu-ibu akan rajin datang ke toko makanan beku Anda.

Modalnya tidak seberapa besar. Bagian terbesar akan dipergunakan untuk membeli etalase berpendingin tadi dan makanan beku kemasan. Tidak perlu keahlian khusus, selain menemukan suplier yang bisa menyediakan makanan beku dengan harga bersaing.

Sisanya, hanya promosi saja.

Lumayan kok untungnya.

  • Potensi : besar dan akan membesar
  • Modal : Lumayan untuk membeli perangkat dan stok makanan beku
  • Skill : tidak ada keahlian khusus yang diperlukan
  • Personil : 1-2 orang
  • Lokasi : toko di depan rumah

E) Peluang Usaha Rumahan Produksi dan Distribusi (Non Makanan & Minuman)

Bisnis adalah tentang kreatifitas. Apapun sebenarnya bisa dijalani dan dijadikan sebuah bisnis.

Hobi bisa menjadi landasan sebuah bisnis yang baik. Ketiadaan sesuatu yang seharusnya ada pun bisa menjadi sebuah peluang bagi yang bisa menangkap kekosongan itu. Kebiasaan orang lain pun bisa mengilhami lahirnya sebuah bisnis.

Di bawah ini ada beberapa contoh dari hal-hal tersebut dan dimana terkadang sebuah hal yang terkesan remeh bisa menjadi peluang usaha rumahan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi yang menjalaninya.

#054 Usaha Sablon

peluang usaha rumahan - usaha sablon

Tahun ini, 2018, saat tulisan ini dibuat, di Indonesia akan ada Pemilihan Kepala Daerah serentak di berbagai kota, kabupaten, dan propinsi di seluruh Indonesia.

Panen untuk usaha sablon di daerah-daerah yang melaksanakannya.

Tahun depan, 2019,  masa panen besar untuk usaha yang sama akan lebih besar. Pada tahun itu Indonesia akan melaksanakan Pemilu Legislatif dan Presiden. Skalanya lebih besar dibandingkan Pilkada.

Panen kata yang tepat karena sudah pasti para calon kepala daerah, anggota legislatif, dan calon presiden akan menggelontorkan uang dalam jumlah besar sekali dalam berbagai bentuk yang memerlukan jasa ribuan tukang sablon, seperti bendera partai, kaos, dan berbagai atribut kampanye lainnya.

Nilainya mencapai trilyunan rupiah secara total.

Betulkan?

Tentu usaha sablon akan mengeruk keuntungan dari even-even seperti ini karena atribut partai tidak dijual di mall atau supermarket. Barang-barang ini dibuat secara khusus dengan desain khusus pula. Tidak akan ditemukan umum bahkan di berbagai toko yang menjual seragam.

Lambang-lambang partai yang ada di kaus atau bendera itu dicetak degan cara disablon oleh ribuan usaha sablon kecil yang berada di rumah-rumah pribadi.

Sebuah peluang usaha rumahan yang bagus, bukan begitu?

Masa panen itu tidak diiringi dengan masa paceklik karena permintaan terhadap jasa sablon ada hampir setiap hari. Sekolah yang membutuhkan kaus olahraga dengan nama dan lambang sekolahan di bagian dada atau punggung akan membutuhkan jasa penyablon. Begitu juga, klub sepakbola lokal dan di kampung ingin terlihat gagah dengan kaus tim yang menampilkan logo dan nama kesebelasan mereka.

Semua membutuhkan jasa dari pengusaha sablon.

Pasarnya besar dan tersedia dimanapun. Volumenya pun tidak kalah besarnya.

Padahal, modalnya tidak terlalu besar untuk membeli peralatan sablon dan catnya. Menyablon lebih mengandalkan keterampilan dalam proses produksinya.

Lokasi pengerjaannya pun bisa dimana saja. Di dalam rumah, atau di salah satu ruangan di rumah pun bisa. Yang terpenting adalah ada tempat untuk menjemur hasil sablonan agar cepat kering.

Usaha sablon pun membuka banyak lapangan pekerjaan karena butuh lumayan banyak tenaga untuk menjalankan proses produksinya.

Keuntungannya pun lumayan. Walau kalau dihitung per-buah nilainya kecil, tetapi karena biasanya jumlahnya besar, maka keuntungan yang didapat pun menjadi besar pula.

Menarik kan? Berminat? Mumpung belum tahun 2019 saat orderan melimpah ruah.

  • Potensi : pangsa pasar besar dan rutin
  • Modal : Lumayan saja untuk membeli peralatan sablon dan cat, serta membayar upah pekerja
  • Skill : butuh kemampuan untuk mendesain dan juga paham teknik sablon
  • Lokasi : di rumah pun bisa dilakukan
  • Personil : tergantung orderan yang diterima, tetapi untuk awal mulanya 4-6 orang

#055 Menjual Tanaman Hias

Pengertian Usaha Rumahan dan 200++ Ide Peluang Usaha Rumahan 5

Coba Anda perhatikan rumah tetangga, rumah saudara, yang Anda kunjungi, atau bahkan rumah Anda sendiri. Dugaan saya, paling tidak ada satu dua pot tanaman hias disana.

Betul kan?

Tanaman hias tidak terasa memang sudah merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah. Kehadirannya memberikan sedikit perasaan sejuk dan hijau. Ketiadaannya membuat rumah terkesan kaku dan tidak ramah.

Belum ditambah dengan semakin berkembangnya gaya hidup hijau, alias ramah lingkungan. Semakin banyak orang yang membutuhan ornamen hidup, bukan hanya sekedar sebagai hiasan tetapi juga untuk memperlihatkan bahwa mereka termasuk kategori orang yang bergaya hidup hijau.

Nah, bukankah hal itu menghadirkan sebuah “demand” atau permintaan terhadap ketersediaan tanaman hias?

Selama ini menjual tanaman hias dianggap harus dilakukan di sebuah lahan yang luas dan ramai, seperti di pinggir jalan. Pemandangan itu banyak terlihat di berbagai kota pedagang tanaman hias berjejer di pinggir jalan menarik pembeli.

Padahal, sebenarnya tidak demikian. Hal itu bisa dilakukan di rumah, apalagi kalau Anda hobi. Pengalaman saya sendiri, tidak membutuhkan lahan terlalu luas. Selain membiakkan sendiri, saya juga bisa mendapatkan suplai langsung dari petani atau distributor tanaman hias.

Pengirimannya pun bisa dilakukan melalui internet dengan memakai kemasan paralon.

Keuntungannya ternyata lumayan juga. Pernah dalam sehari saya menjual barang dengan keuntungan 500-1 juta rupiah. Hanya karena keterbatasan waktu dan tenaga, serta kekurangtelitian saja, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti.

Padahal peluangnya lumayan dan bisa melebihi gaji yang saya dapat dari kantor.

  • Potensi : Besar, apalagi kalau dibantu promosi via internet dan pasar akan selalu ada
  • Biaya : Lumayan karena harus membeli tanaman hiasnya, kemudian biaya untuk merawat
  • Lokasi dan ruang yang dibutuhkan : halaman depan atau belakang rumah bisa dipergunakan. Penjualan bisa dilakukan di tempat atau via internet
  • Personil : harus melibatkan semua anggota keluarga, setidaknya untuk memastikan tanaman hias tidak rusak

#056 Membuat dan Menjual Media Tanam

Peluang usaha rumahan - membuat dan menjual media tanam 2

Apa yang dipakai oleh Anda untuk menanam Anthurium atau Aglaonema kesayangan di rumah? Tanah? Percayalah hal itu sangat tidak disarankan karena rentan membuat akar membusuk dan pertumbuhan kerap terganggung.

Pakis, atau cacahan batang pakis akan merupakan salah satu media tanam yang disarankan, tetapi Bokashi atau media tanam khusus berbagai merk adalah sesuatu yang disarankan.

Terdengar keren, khusus dan unik yah, dan harganya ternyata lumayan mahal.

Padahal, kalau Anda tahu sebenarnya “media tanam” seperti itu adalah sejenis kompos, alias bahan organik yang “khusus” diolah hingga menjadi kaya akan unsur hara yang berasal dari pelapukan. Hanya dengan bantuan larutan EM-4 (yang mengandung bakteri), semua bahan organik bisa menjadi sebuah media taman yang memiliki unsur hara banyak.

Cukup bermodalkan tong untuk melakukan proses dan sedikit lahan, maka Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Silakan saja cari cara membuat “bokashi” via internet, dan Anda akan bisa menjadi produsen media tanam yang bisa membuat tanaman subur.

Lalu, hanya perlu membuat plastik kemasan yang diberi label. Dan, Anda sudah langsung bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan megingat para pembeli tanaman hias pada masa kini cenderung lebih suka menanam di “media tanam khusus” seperti ini dibandingkan menggunakan tanah.

Proses produksinya juga cepat dan tidak makan waktu lama. Untuk menjadikan bahan organik kering, seperti sekam (kulit padi) menjadi sebuah media tanam, hanya dibutuhkan waktu dua minggu.

Satu-satunya hambatan adalah kadang dalam prosesnya, tersebar bau “busuk” karena gas metana yang dihasilkan dari sampah organik yang sedang mengalami proses pembusukan. Hal ini terjadi, karena pada dasarnya memang terjadi proses pembusukan yang dipercepat.

Bau ini kalau lokasi terlalu rapat bisa mengganggu tetangga dan orang lain di sekitar. Kalau, lahan yang tersedia di rumah lumayan lebar, maka bisnis media tanam ini bisa menjadi peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan.

(Percayalah saya pernah mencoba membuatnya sendiri dan ternyata hasilnya memang bagus dan prosesnya sendiri mudah)

  • Potensi : Lumayan besar mengingat semakin banyaknya pengguna media tanam seperti ini untuk menggantikan tanah karena produktifitasnya memang lebih baik dibandingkan tanah biasa
  • Modal : Kecil, untuk membeli beberapa tong plastik untuk pengolahan. Untuk material media tanam sangat murah karena dengan Rp. 4000-5000 saja bisa dapat satu karung sekam padi, dan bahan lainnya bisa diambil dari sampah organik saja. Harga plastik yang sudah diberi labelpun tidak seberapa mahal, apalagi kalau dipesan dalam jumlah banyak
  • Lokasi : halaman rumah bisa dipergunakan
  • Skill : tidak butuh skill khusus , hanya butuh ketelitian dan kemauan untuk mengaduk bahan selama proses

#057 Depo Air Isi Ulang

Peluang usaha rumahan - bisnis air isi ulang 2

Sadarkah Anda kalau orang di masa sekarang sudah semakin jarang memasak air dengan air yang berasal dari ledeng atau sumur. Terutama di perkotaan peran air mentah seperti itu sudah digantikan dengan air kemasan, seperti Aqua, Vit, dan lainnya.

Sayangnya harga air “mineral” bermerk seperti itu lumayan tinggi dan akan terus naik. Akibatnya banyak orang yang merasa terlalu mahal untuk menggunakannya.

Mereka beralih pada alternatif yang lebih murah, yaitu air isi ulang non merk. Harganya lebih murah dan bisa mencapai 1/4 dari yang bermerk.

Tidak kah Anda pikir ini adalah salah satu peluang usaha rumahan yang bisa ditekuni?

Biaya awalnya agak lumayan untuk membeli peralatannya dan juga stok galon plastik yang biasa dipakai. Untungnya juga tidak besar karena harganya yang rendah.

Tetapi, dalam volume penjualan, angkanya luar biasa banyak. Apalagi di dalam sebuah komplek perumahan dengan ribuan orang di dalamnya.

Prinsip sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit berlaku disini.

Oleh karena itu, dimana-mana sekarang semakin banyak bermunculan Depo Air Isi Ulang non merk. Investasi tidak seberapa besar, sementara pasar pembeli akan selalu ada dan tidak akan pernah habis dan berhenti.

Bagaimanapun, manusia akan selalu butuh minum air untuk kelangsungan hidupnya.

  • Potensi : Besar dan tergantung pada jumlah penduduk di lingkungan yang dekat dengan depo
  • Modal : modal awal cukup besar untuk membeli peralatan dan stok galon air
  • Personil : 2-3 orang untuk merawat dan mengoperasikan peralatan
  • Skill : tidak sulit dan bisa dilakukan siapa saja. Tidak ada keahlian khusus yang diperlukan.

#058 Menjual Aksesoris Wanita

Wanita itu, besar kecil, tua muda, suka pada segala hal yang berbau pernak-pernik. Benda-benda kecil yang terkadang tidak terpikirkan kerap dibelinya berulangkali, seperti bros, gelang, kalung, gelang rambut, jepit rambut, dan benda-benda kecil lainnya.

Jumlahnya memang tidak banyak setiap pembelian, begitu juga untungnya. Tetapi, karena jumlah wanita itu banyak dan punya kebiasaan yang mirip, maka pasarnya membesar.

Kunci dari bisnis ini adalah stok barang yang banyak dengan jumlah yang banyak pula. Selain itu, kepekaan terhadap tren yang sedang ngehit sangat diperlukan, seperti contoh, Syahrini memakai jepit rambut kupu-kupu berwarna pink, maka sebisa mungkin dalam barang yang kita tawarkan ada yang mirip seperti itu. Hal ini akan membantu sekali menarik minat pembeli.

Dalam hal modal, besar kecil akan tergantung seberapa banyak aksesoris yang ingin kita stok. Memiliki toko sendiri bukan keharusan karena penjualan asesori bisa dilakukan dari rumah ke rumah, tetapi kalau memang ada modal, memiliki toko sendiri akan lebih baik karena kita menghemat tenaga untuk memasarkan. Dan juga, kita bisa melakukan branding sendiri.

Darimana suplai barang? Apakah harus membuat sendiri? Tidak juga. Malah tidak efisien kalau hal itu dilakukan. Cukup pergi saja ke sentra-sentra dimana aksesoris dijual grosiran, salah satu contoh di Jakarta ada Tanah Abang. Pasti ada sentra penjualan asesori di kota Anda.

Sebuah peluang usaha rumahan yang menarik bukan?

Tambahkan internet ke dalamnya, dan Anda bisa akan punya bisnis rumahan yang berpotensi menjadi besar karena pasarnya menjadi tidak terbatas.

  • Potensi : besar dan selalu ada
  • Modal : bisa besar bisa kecil tergantung Anda sendiri
  • Skill : tidak perlu keahlian khusus, selain mampu memasarkan barang
  • Personil : 1 orang
  • Lokasi : rumah bisa dijadikan toko dan sekaligus tempat penyimpanan stok barang

#059 Berdagang Pakaian

Pergi ke Tanah Abang yang merupakan pusat tekstil Asia Tenggara atau hubungi produsen pakaian jadi untuk wanita. Kemudian, pajang di rak-rak gantung di halaman deoan yang dusetting menjadi sebuah toko kecil.

Dan, Anda akan punya sebuah bisnis rumahan yang bisa menghasilkan.

Tambah dengan kunjungan ke kenalan-kenalan, atau tetangga untuk mempromosikan tren pakaian wanita terbaru, sekaligus mencari informasi tentang pakaian jenis apa yang diinginkan.

Jangan berhenti sampai disitu saja, buat sendiri toko online untuk memasarkan produk yang Anda jual, atau bisa juga melalui Tokopedia atau Lazada.

Peluang usaha rumahan yang satu ini sudah banyak ditekuni dan dijalani banyak orang. Biasanya mereka memasarkan produk pakaan jadi di pasar-pasar, tetapi sebenarnya di zaman sekarang bisa dilakukan dimana saja karena ketersediaan internet akan mempermudah menjangkau pembeli.

Pasarnya sangat luas karena semua orang memerlukan pakaian. Yang perlu dilakukan hanyalah memilih target pasar untuk menentukan jenis pakaian yang harus dibeli dan dipasarkan. Lagipula, banyak orang yang terkadang tidak merasa perlu pergi ke mall atau toko dan mereka akan mencari toko pakaian yang terletak dekat dengan dimana mereka tinggal.

Apalagi jika Anda memiliki saluran ke produsen pakaian jadi untuk ekspor untuk mendapatkan pakaian sisa eskpor berharga murah. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli. Murah tapi bermerek. Lebih menarik lagi kalau ada fasilitas cicilan, tentunya akan semakin banyak orang yang tertarik.

Tidak terlalu banyak biaya yang diperlukan dan sebagian besar adalah untuk berbelanja barang dagangan saja.

Jadi, kenapa tidak? Iya kan?

  • Potensi : besar dan rutin
  • Modal : Cukup besar untuk membeli barang dagangan dan jika perlu membuat toko sendiri di rumah. Tetapi, kalau menjual via internet, maka kebutuhan modal untuk mendirikan toko akan tidak ada lagi
  • Lokasi : rumah
  • Skill : kemampuan memasarkan dan bernegosiasi, serta menemukan sumber pakaian murah

#060 Memproduksi Kerajinan Tangan

Peluang usaha rumahan yang satu ini membutuhkan keterampilan, tetapi kalau dijalankan dengan serius bisa menjadi brand tersendiri karena biasanya unik.

Memproduksi kerajinan tangan (dan menjualnya tentunya) namanya.

Seorang ibu rumah tangga asal Amerika Serikat, memiliki hobi membuat bantalan untuk microwave dari kain-kain sisa. Biasanya ia membagikannya secara gratsi kepada teman, tetangga, dan guru-guru anaknya.

Tetapi, ketika suaminya terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), ia kemudian banting setir dan kemudian memasarkan hasil kerajinan tangan tersebut, mula-mula secara eceran dan dilakukan sendiri dengan menggunakan kendaraannya.

Hasil kerja kerasnya berujung manis ketika ternyata bantalan microwave yang dia produksi menarik minat banyak orang. Akhirnya, ia membuat brand sendiri dan meraup keuntungan jutaan dollar dari hasil karyanya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang menekuni usaha kerajinan tangan dengan berbagai model dan bahan. Ada yang membuat sepeda dari kaleng bekas, ada yang memanfaatkan sisa-sisa kain untuk membuat selimut atau seprai, dan masih banyak lagi lainnya.

Modalnya biasanya tidak besar dan bisa memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai. Pengerjaannya bisa di rumah bersama dengan anggota keluarga. Pemasarannya sendiri bisa dilakukan dengan cara menjualnya via internet, hadir di berbagai acara yang ramai dikunjungi orang, seperti Car Free Day, atau sebagai cendera mata resepsi pernikahan.

Pasarnya sulit diprediksi karena sifatnya yang unik, tetapi semakin unik dan menarik hasil karyanya, peluang untuk terjual dalam jumlah banyak akan semakin besar pula.

  • Potensi : sulit diprediksi karena bukanlah barang umum
  • Modal : tidak besar karena produksi mengandalkan pada keterampilan tangan dan bahan yang dipergunakan bisa berbagai macam, termasuk dari bahan tak terpakai
  • Lokasi : di rumah
  • Personil : anggota keluarga
  • Skill : tanyakan kepada diri Anda sendiri, keterampilan membuat kerajinan apa yang dimiliki

#061 Membuka Konter HP dan Pulsa

peluang usaha rumahan konter hp dan pulsa A

Kredit Foto : Poskotanews.com

Siapa yang tidak punya HP/Smartphone? Silakan angkat tangan!

Saya cukup yakin dari 1000 orang, hampir pasti tidak ada yang mengangkat tangan, kecuali mungkin anak-anak.

HP atau smartphone sudah menjadi bagian hidup manusia dan setiap orang biasanya akan punya paling tidak satu buah perangkat komunikasi itu. Fungsinya ya untuk berkomunikasi lah.

Dan, agar sebuah HP atau smartphone bisa beroperasi dengan baik, selain baterai, ada satu lagi yang diperlukan, namanya Pulsa. Tanpa kehadirannya, sebuah smartphone secanggih apapun tidak akan bisa dipakai berkomunikasi dengan smartphone lain.

Oleh karena itu, setiap orang pasti akan mencari mereka yang bisa menyediakan pulsa, dan tentunya yang berpeluang paling besar adalah yang terdekat dengan mereka.

Iya kan?

Jadi, kenapa tidak buka sebuah konter kecil untuk menjual pulsa untuk para tetangga? Sudah pasti mereka akan memerlukan jasa pengisian ulang pulsa untuk gadget mereka. Bisa setiap bulan, bisa setiap minggu. Pasti akan selalu ada mereka yang membutuhkan.

Cukup sebuah HP saja, tidak perlu konter atau apapun sebenarnya, yang dikhususkan untuk mentransefr saldo pulsa ke pembeli.

Kalau mau diluaskan lagi, buka saja sebuah konter yang menjual HP dan Pulsa, sekaligus jasa servicenya. Sudah pasti, namanya barang suatu waktu gadget apapun akan mengalami kerusakan dan harus diperbaiki, dan kalau tidak bisa diperbaiki, ya berarti harus beli lagi.

Sebuah peluang usaha rumahan yang sudah banyak dilakukan orang, terutama oleh mereka yang tinggal di jalur lalu lintas yang ramai.

Perlu dimasukkan dalam salah satu jenis bisnis yang perlu dipertimbangkan karena bisa menjadi sumber penghasilan, baik sampingan atau utama.

  • Potensi : Bisa besar bisa kecil tergantung pada lokasi, tetapi secara keseluruhan mengingat jumlah penggunanya yang sangat besar, maka potensinya besar juga
  • Modal : Kecil kalau hanya sekedar menjual pulsa, masih tidak besar kalau jasa service ditambahkan, tetapi bisa menjadi besar kalau konter juga menjual HP untuk membeli stok barangnya
  • Lokasi : Halaman rumah saja, tidak perlu sewa
  • Personil : 1 cukup, 2 bersama istri bisa supaya bisa bergantian menjaga konter
  • Skill : tidak ada, tetapi harus bisa memperhatikan tren gadget

#062 MLM (Multi Level Marketing)

Tianshi, Amways, Propolis, Oriflame dan Tupperware adalah beberapa nama dari produk yang dipasarkan tidak melalui jalur pemasaran konvensional. Penjualan produk-produk mereka justru tergantung pada cerita dari mulut ke mulut versi modern, alias Multi Level Marketing.

Sistem ini sudah dikenal sejak lama dan jika ditekuni secara serius dan gigih bisa membuat orang yang menggelutinya menjadi kaya dan banyak uang.

Cara untuk mendapatkan uang dari sistem ini ada dua, yaitu

  1. Keuntungan dari penjualan produknya
  2. Keuntungan dari merekrut anggota baru

Keuntungan ganda. Apalagi kalau anggota baru yang berada di bawah kita (downline) ternyata orang yang gigih dan pemasar yang baik, setiap ia menjual produk, akan ada sebagian komisi yang diberikan kepada kita yang berada di atasnya. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang berhasil dalam dunia bisnis MLM biasanya memiliki banyak downline yang mampu berjualan dengan baik pula.

Menjadi anggota sebuah MLM bisa menjadi peluang usaha rumahan karena pada dasarnya memang tidak membutuhkan lokasi tertentu. Dimanapun bisa saja dilakukan dan bahkan justru pergerakannya kebanyakan dilakukan di lapangan. Rumah, seringkali, hanya menjadi tempat penyimpanan produk yang dibeli saja.

Meskipun demikian, belakangan ini, dengan berkembangnya internet, banyak member MLM yang benar-benar tidak beranjak dari rumahnya yang nyaman. Mereka tetap bisa mencari anggota baru atau menjual melalui internet saja. Biasanya mereka berdagang di marketplace atau di blog mereka sendiri. Jadi, benar-benar menjadi usaha rumahan saja.

Pasarnya sendiri pun semakin meluas karena tidak lagi dibatasi oleh wilayah.

Modal pun tidak terlalu besar. Hanya perlu membeli beberapa produk yang ditetapkan dalam nilai tertentu dan uang pendaftaran. Setelah itu, anggota hanya perlu memilih apakah mau memfokuskan mencari keuntungan dari penjualan produk atau mencari anggota baru. Tentunya, akan lebih menguntungkan kalau bisa mendapat dari keduanya.
pro
Mau coba? Banyak loh yang pada akhirnya memilih meninggalkan pekerjaan di kantor dan beralih menekuni bisnis MLM. Tidak mudah memang, tetapi hasilnya bisa membuat ngiler siapapun kalau sudah berhasil.

  • Potensi : Besar dan semakin besar karena pangsa pasarnya meluas jika digabungkan dengan pemanfaatan blog dan media sosial.
  • Modal : Tidak besar untuk membeli keanggotaan dan produk dalam jumlah tertentu. Secara berkala juga ada nilai tertentu yang harus dicapai untuk bisa naik level
  • Personil : Satu saja
  • Lokasi : Rumah pun sudah cukup , tidak perlu dirubah menjadi toko atau apapun
  • Skill : kemampuan memasarkan, membujuk orang untuk membeli atau bergabung dalam bisnis akan menjadi krusial

#063 Menjadi agen kurir

Peluang usaha rumahan - menjadi agen kurir

Punya rumah di pinggir jalan yang ramai? Punya ruangan dengan luas 30 Meter persegi? Punya sepeda motor atau mobil?

Lalu, mengapa tidak mencoba peluang usaha rumahan yang satu ini, yaitu menjadi agen jasa pengiriman atau kurir?

Banyak loh perusahaan kurir nasional, seperti TIKI dan JNE yang menyediakan program kemitraan. Mereka membutuhkan titik-titik pengumpulan barang dan untuk itu memberikan peluang kepada siapa saja untuk ikut menjadi agen kurir mereka.

Tugasnya hanya menerima barang dari pengirim, menimbangnya, dan menerima uang. Kemudian, barang tersebut harus disetor ke titik pengumpulan utama di kota yang bersangkutan.

Syaratnya tidak rumit dan bisa dipenuhi oleh semua orang. Silakan saja ketik “Cara menjadi mitra TIKI” dan akan keluar prosedur menjadi mitra mereka.

Modalnya tidak terlalu besar, kalau sudah punya rumah sendiri. Hanya butuh komputer, internet atau fax, printer dan timbangan saja. Kemudian, tentunya butuh sepeda motor atau mobil untuk mengantarkan barang ke titik distribusi jasa kurir itu.

Sederhana saja.

Pasarnya besar mengingat perkembangan jual beli secara online dewasa ini yang semakin hari semakin menjadi budaya baru dalam berjual beli.

Cuma memang, lokasi yang berada di tempat strategis dan ramai dilalui orang akan memberikan peluang besar bagi berkembangnya bisnis ini.

Potensi : besar, mengingat semakin maraknya bisnis online yang akan membutuhkan jasa pengiriman

  • Modal : Lumayan besar – besar kalau harus menyewa kios. Berbagai peralatan yang diperlukan tidaklah terlalu mahal, modal 10 juta saja sudah cukup untuk membelinya (asalkan rumah dan kendaraan sudah ada)
  • Lokasi : rumah sendiri atau rumah saudara yang letaknya strategis
  • Personil : 2 orang agar konter jasa kurir bisa selalu siap sedia menerima barang
  • Skill : Tidak ada yang khusus dan bisa dilakukan semua orang yang bisa mengoperasikan kompuer dan mengisi data

#064 Ternak Lele

Peluang usaha rumahan - ternak lele A

Ide peluang usaha rumahan yang satu ini akan terdengar sebagai sesuatu yang bodoh bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Biasanya rumah-rumah di kota itu kecil dan sempit dan hampir tidak ada lahan kosong.

Berbeda dengan di desa, dimana sebuah rumah biasanya memiliki halaman di depan dan belakang sehingga usaha ternak lele jelas sangat dimungkinan.

Tetapi, sebenarnya tidak begitu juga kenyataannya.

Ternak lele sekarang bisa juga dilakukan di rumah dengan lahan sempit sekalipun.  Metode ternak lele dengan terpal membuat hal itu menjadi sangat mungkin.

Jika di rumah masih ada lahan kosong sekitar 3M x 4 M, buat saja sebuah kolam dengan kedalaman 30 cm sampai 50 cm. Pasang terpal menutupi kolam tersebut dan biarkan sampai lumut tumbuh dengan subur.

Kemudian, masukkan beberapa puluh bibit lele dan biarkan. Berikan makanan secara rutin (apa saja karena lele terkenal pemakan segalanya). Dan dalam waktu 45-60 hari saja.

Tentunya, hasil tidak akan sebesar kalau ternaknya di atas lahan 1 hektar, tetapi puluhan lele dari kolam sekecil itu kalau dijual tetap memberikan hasil yang lumayan karena harga perkilo lele yang mencapai 25-30 ribu rupiah (tergantung pasar).

Padahal, yang dikerjakan tidak banyak.

Modalnya pun tidak besar hanya untuk membeli terpal dan membuat kolam saja.

Pembeli akan selalu ada karena di kota manapun yang namanya pecel lele itu adalah makanan yang bisa ditemukan di berbagai sudut kota.

  • Potensi : besar karena merupakan ikan yang umum dikonsumsi
  • Modal : Tidak besar hanya untuk membuat kolam dan membeli terpal saja
  • Skill : tidak ada yang khusus
  • Lokasi : di halaman depan atau belakang rumah
  • Personil : 1-2 orang saja

#065 Toko Ikan Hias

peluang usaha rumahan - toko ikan hias

Pasang beberapa rak akuarium di garasi, masukkan selang udara, letakkan karang kecil, pasir, dan beberapa hiasan lainnya, lalu masukkan beberapa ikan mas koki ke dalamnya. Percayalah, beberapa saat kemudian beberapa anak kecil dan orangtua akan datang untuk melihat-lihat.

Entah kenapa akuarium itu tidak pernah gagal menarik perhatian.

Beberapa orang berkata melihat ikan di dalam akuarium itu menenangkan, apalagi kalau kemudian dibuat seperti air mengalir di dalamnya.

Yah, apalah alasannya, tetapi ikan hias adalah salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya. Penggemarnya bukan hanya anak-anak saja, tetapi juga ayah dan ibu mereka pun banyak yang suka memeliharanya.

Dan, berjualan ikan hias seharusnya merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang bisa menguntungkan (kalau dikelola dengan benar).

Dengan merubah salah satu ruangan di rumah dan kemudian mengisinya dengan beberapa rak berisi akuarium, maka Anda sudah akan punya bisnis sendiri.

Jenis ikan yang dijual terserah Anda, dan tergantung pasar yang tersedia. Apakah yang murah tapi banyak, atau mahal? Sekedar ikan cupang berharga ribuan atau Arwana berharga jutaan.

Tambahkan dengan menjual berbagai makanan dan peralatan untuk memelihara ikan hias agar keuntungan bisa didapat dari ikan hiasnya saja.

Sebuah bisnis yang juga tidak pernah sepi dari para penghobi ikan hias.

  • Potensi : terbatas tetapi besar
  • Modal : Lumayan untuk menyediakan fasilitas, peralatan, dan barang dagangannya sendiri
  • Personil : 1-2 orang
  • Lokasi : salah satu bagian rumah perlu diubah menjadi semacam toko
  • Skill : merawat ikan dan memilih jenis yang sedang tren

#066 Bisnis Burung

peluang usaha rumahan - jual beli burung A

Sebenarnya bisnis berdasarkan hobi adalah sesuatu yang sangat potensial untuk menghasilkan keuntungan. Banyak orang bila sudah senang dan kecanduan terhadap sesuatu sering tidak merasa segan untuk merogoh koceknya dalam-dalam supaya dirinya merasa puas dan senang.

Seperti contohnya, penghobi burung. Meskipun saya sendiri tidak melihat bahwa hobi memelihara burung itu menarik, tetapi saya melihatnya sebagai sebuah peluang usaha rumahan yang sangat potensial.

Apalagi, kebetulan beberapa tetangga di lingkungan dimana saya tinggal, terlihat bahkan lebih khawatir kalau burungnya sakit daripada ketika istrinya sakit.

Jangan ditanya soal uang yang dikeluarkan karena ada yang pernah membeli burung merpati seharag 10-30 juta, sepasang.

Bingung.

Tetapi, itulah bisnis berbasis hobi.

Dan, tentunya jika Anda adalah seorang penghobi juga, atau setidaknya mengerti tentang dunia perburungan, seharusnya bisa menangkap sisi bisnis dari hobi yang satu ini.

Anda bisa merubah halaman depan menjadi toko yang menjual berbagai peralatan dan hal terkait pemeliharaan burung, seperti kandang dan pakan. Bahkan, Anda juga bisa menjual berbagai jenis burung. Tidak memerlukan lahan yang besar karena sangkar-sangkar burung itu bisa digantung tanpa memerlukan rak khusus.

Kemudian, Anda bisa juga memasarkan berbagai pakan, vitamin, dan obat untuk burung peliharaan via internet, seperti yang dilakukan sebuah website bernama OM KICAU, yang khusus membahas tentang burung.

Pemasukannya jelas lumayan.

Soal modal, akan tergantung pada kelas burung yang hendak dijual. Bisa besar, bisa juga tidak.

  • Potensi : lingkungan terbatas, pecinta burung, tetapi fanatik
  • Modal : besar kecilnya Anda yang menentukan
  • Lokasi : halaman rumah saja
  • Skill : Tentunya mampu menjelaskan tentang cara memelihara burung dengan baik dan benar
  • Personil : satu orang

#067 Jual Perlengkapan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Tahukah Anda bahwa kucing itu harus dan dibersihkan kukunya supaya tidak kotor? Hewan ini juga harus dimandikan dan dikeramas agar bulunya terlihat tampil bagus dan tidak kusam. Anjing pun begitu juga halnya.

Itu adalah sebuah kebiasaan baru terutama di kalangan pecinta hewan yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Kucing dan anjing bukan lagi sekedar dianggap binatang saja, tetapi juga dianggap kawan dan anggota sebuah keluarga. Oleh karena itu, kalangan seperti ini tidak akan ragu untuk mengeluarkan banyak uang agar hewan-hewan kesayangannya itu tampil cantik dan rapi seperti pemiliknya.

Dan, semua itu menghadirkan sebuah kesempatan usaha, peluang usaha rumahan yang bisa menguntungkan. Caranya yaitu dengan menyediakan jasa perawatan kucing atau anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Biasanya digabungkan dengan toko yang menjual makanan hewan karena para pecinta kucing atau anjing akan mencari makanan khusus untuk kesayangan mereka itu. Jarang pecinta kucing yang mau sekedar memberikan tulang ayam kepada kucing Angora atau Persia kesayangannya.

Satu ruangan di rumah bisa dijadikan semacam toko penjualan makanan sekaligus penyimpanan hewan yang akan dimandikan atau dipotong kukunya. Kemudian, cari dokter hewan terdekat untuk bisa tetap memastikan bahwa hewan-hewan itu tetap sehat, atau kalau sakit pun bisa segera diobati.

Dan, soal harga atau tarif, percayalah, lebih mahal daripada berobat di klinik manusia. Saya pernah merasakannya sendiri saat kucing di rumah sakit.

  • Potensi : Tidak besar tetapi pengguna jasa berani membayar premium
  • Modal : Cukup besar untuk merubah satu ruang rumah menjadi toko penuh dengan rak dan ruang perawatan hewan
  • Personil : 2-3 orang, baik untuk mengurus hewan dan mengurus toko/stok
  • Lokasi : rumah yang salah satu ruangnya diubah fungsinya dan lokasi rumah yang berada di perumahan kelas menengah ke atas menguntungkan karena biasanya banyak pemilik hewan peliharaan di dalamnya
  • Skill : tahu tata cara perawatan hewan dan bisa mengenali gejala-gejala penyakit hewan

#068 Toko Bunga

peluang usaha rumahan - toko bunga A

Say it with flowers“, Katakan dengan bunga. Itu pepatah orang Barat dan memang setiap bunga sekarang memang melambangkan sesuatu, gembira, sedih, duka cita, dan sebagainya.

Tradisi baru ini juga mulai berkembang di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Ada yang meninggal maka karangan bunga bertuliskan “Turut Berduka Cita” akan dikirima. Pada saat pembukaan toko atau sesuatu, maka buket bunga bertuliskan “Selamat dan Sukses atas Pembukaan ini dan itu”.

Jadi, permintaan terhadap “bunga”, yang benar-benar bunga dan bukan bunga bank memang sedang meningkat dan akan terus meningkat di masa depan. Bisa diharapkan pasarnya akan selalu ada setiap tahunnya.

Tidak heran di Bogor sendiri, banyak kios-kios kecil yang menjual bunga dalam berbagai bentuk berjejer di pinggir jalan.

Lalu, kenapa tidak menjadikan rumah sebagai toko bunga saja? Pasar pembeli ada dan akan selalu ada. Berarti tinggal mempersiapkan segala sesuatunya agar bisa merubah peluang usaha rumahan ini menjadi bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan.

Tidak butuh banyak tempat untuk melakukannya. Sedikit merubah halaman depan rumah menjadi kios bunga kecil dan kemudian memasarkannya via mulut ke mulut atau melalui internet.

Modal awalnya pun tidak seberapa besar karena tidak terlalu banyak perlengkapan yang dibutuhkan, selain ketrampilan merangkai bunga di vas atau dalam bentuk karangan.

Selain menjual, toko Anda bisa juga menyewakan bunga dalam bentuk vas untuk perkantoran. Bisnis ini sudah banyak dilakukan di kota besar seperti Jakarta, lalu kenapa tidak bisa dilakukan di kota Anda?

  • Potensi : tidak besar tetapi rutin dan bersifat insidentil
  • Modal : Tidak besar karena usaha rumahan ini lebih mengandalkan pada keahlian merangkai bunga dibandingkan memproduksi
  • Lokasi : di halaman rumah yang dirubah sehingga menjadi toko
  • Personil : 2-3 orang
  • Skill : kemampuan merangkai bunga dan paham tentang berbagai makna bunga. Jangan sampai mengirimkan bunga yang bermakna duka cita untuk acara perkawinan

# 069 Toko Cendera Mata

peluang usaha rumahan - toko cendera mata 2 A

Jika Anda pergi kondangan ke acara pernikahan, dimanapun, biasanya setelah membubuhkan nama dan alamat di buku tamu, para penerima tamu akan memberikan entah gantungan kunci, kipas, atau sejenisnya sebagai cendera mata.

Iya kan? Hal ini sudah menjadi tradisi dalam setiap resepsi pernikahan. Baik dilakukan di gedung-gedung atau di rumah, tetap saja cendera mata akan diberikan kepada para tamu.

Tidak kah terpikirkan oleh Anda untuk memanfaatrkan kebiasaan ini untuk menjadi suplier cendera mata.

Tidak perlu menjadi produsennya karena akan membutuhkan tenaga yang banyak untuk memproduksi secara massal dan murah. Cukup pergi ke distributor cendera mata yang banyak di Tanah Abang. Kemudian membuat stok dan koleksi untuk dipajang.

Buat toko kecil di depan rumah dan pajang semua jenis cendera mata yang terpikirkan. Lalu promosikan via internet atau lewat kenalan Anda. Bekerja samalah dengan wedding organizer atau penata rias agar jika ada kebutuhan akan cendera mata, silakan hubungi Anda.

Bukankah ini sebuah peluang usaha rumahan yang bagus? Bisa dilakukan full tima atau paruh waktu juga.

  • Potensi : rutin dan pasar akan selalu ada
  • Modal : Tidak seberapa besar. Bagian terbesar adalah untuk membuat semacam toko dan mebangun koleksi jenis cendera mata yang dijual
  • Lokasi : di halaman rumah depan juga bisa
  • Personil : 1-2 orang cukup
  • Skill : Tidak ada skill khusus selain harus mau dan rajin mempromosikan usaha ini

# 070Jualan Bensin Eceran

Peluang usaha rumahan - menjual bensin eceran pertamini A

Kredit Foto : cnnindonesia.com

Jangan salah. Bisnis yang satu ini kerap dianggap recehan saja, tetapi bahkan pemerintah Indonesia sendiri mengakui bahwa penjualan bensin secara eceran ini sangat membantu dalam mendistribusikan bensin terutama pada daerah-daerah yang belum terjangkau oleh penyalur resmi.

SPBU sebagai penyalur bensin resmi, terdaftar, dan diakui oleh pertamina memang banyak ditemukan di jalan-jalan utama kota manapun.

Tetapi, coba saja perhatikan sendiri di jalan-jalan perkampungan yang kecil, hampir tidak ada SPBU yang dibangun karena memang investasinya akan sangat besar dan butuh volume kendaraan yang tinggi untuk bisa kembali modal. Bisa dimaklum keberadaannya hanya di jalan-jalan besar saja.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang punya kendaraan dan tinggal jauh dari penyalur resmi? Haruskah mereka pergi jauh hanya untuk mengisis 2-3 liter saja? Tentunya tidak efisien.

Dan, kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan penjual bensin eceran yang biasa membuka kios di jalan-jalan perkampungan, perumahan, dimana tidak ada SPBU.

Biaya terbesarnya adalah untuk operasional, yaitu membeli bensinnya sendiri dan ditambah ongkos angkutnya. Keuntungan sendiri antara 1000-1500 per liter Premium, Pertalite, atau Pertamax.

Untuk peralatan sendiri kalau memang modal terbatas bisa dimulai dengan memakai botol bekas air mineral ukuran 1 liter, ember, atau bahkan botol kaca bekas minuman bersoda. Pajang di rak-rak kayu yang bisa dibuat sendiri dan kemudian pasang papan pengumuman bahwa disana menjual bensin eceran.

Kalau memang dana modal cukup besar, bisa membeli pompa bensin Pertamini sehingga lebih keren dan juga ada gelas pengukurnya. Bahkan, ada yang versi digital, walau harganya lebih mahal.

Sebelumnya, pastikan juga tidak ada SPBU di dekat rumah Anda. Kalau ada percuma karena akan kalah bersaing dalam hal harga.

Dimana rak ditaruh? Ya di depan rumah atau halaman pun bisa. Tidak masalah kan?

Cuma ya itu butuh kehati-hatian dalam menangani bensin karena ada resiko yang berbahaya kalau uapnya terkena percikan api.

  • Potensi : Lumayan, tergantung pada lokasi apakah di jalan yang ramai atau tidak
  • Modal : Tidak besar, tetapi bisa menjadi besar kalau mau memakai pompa bensin dan bukan yang tradisional dengan memakai botol bekas air mineral
  • Lokasi : Berada di pinggir jalan yang ramai adalah yang terbaik, rumah yang berada dalam cluster yang terburuk karena pangsa pasarnya menjadi kecil sekali
  • Personil : Anggota keluarga
  • Skill : Tidak ada yang spesifik

PENUTUP :

Kira-kira sudah adakah ide yang bisa mendorong Anda memilih bisnis atau usaha apa yang cocok untuk Anda? Ada 70 buah ide peluang usaha rumahan yang bisa terpikirkan oleh saya dan semua sudah diuraikan di atas.

Hanya 70? Bukankah janjinya 70++?

Betul sekali! Saya berjanji 70++ yang berarti seharusnya lebih. Tetapi, saya pikir yang ++ itu adalah tugas Anda untuk menambahkannya.

Bagaimanapun bisnis adalah tentang kreatifitas dan bagaimana memanfaatkan kreatifitas itu untuk keuntungan kita. Tanpa itu tidak akan ada bisnis yang sukses karena tanpa kreatifitas Anda tidak akan bisa menemukan solusi dan jalan keluar bagi berbagai permasalahan dalam dunia bisnis yang sudah pasti akan hadir.

Jadi, kalau Anda hanya bergantung pada saya atau siapapun penulis di internet yang menulis tentang berbagai ide peluang usaha rumahan, kemungkinan besar Anda akan bergantung terus pada pendapat orang lain. Kreatifitas Anda tidak akan terasah sejak awal.

Mengapa Anda tidak mencoba menemukan jalan sendiri, dan kira-kira usaha bisnis apa yang hendak dijalani. Tambahkan sebanyak mungkin ide peluang usaha yang mungkin dijalani berdasarkan apa yang Anda ketahui, apa yang Anda punya, dan tentunya apa yang Anda inginkan.

Setelah itu pilih salah satu dan tekuni sampai memberikan hasil yang Anda inginkan.

Jadi, selamat berpikir dan berusaha. Anggaplah sebagai latihan awal sebelum mulai nyemplung ke dunia bisnis.

Good Luck!

 

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
author

Author: